Sukses

13 Wisata Bromo Terbaru dan Wajib Dikunjungi, Alamnya Selalu Mempesona

Wisata Bromo yang cocok dijadikan inspirasi travelling bareng keluarga, pasangan, dan teman-teman.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi, cocok dijadikan inspirasi travelling di provinsi Jawa Timur. Eloknya panorama dari keindahan alam dan sejuknya udara pegunungan, bikin ingin selalu berkunjung.

Tak hanya mendaki untuk menikmati keindahan kawah dan pasir berbisik di gunung Bromo. Wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi pun menyuguhkan wisata religi berupa Pura Luhur Poten. Tempat ini selalu ramai dikunjungan warga lokal yang ingin melakukan ibadah, terutama di hari Nyepi.

Di wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi pun ada air terjun tertinggi sekaligus terindah di pulau Jawa. Namanya adalah Air Terjun Madakaripura. Air terjun di kawasan wisata Bromo ini dikenal memiliki tinggi pancur mencapai 170 meter.

Berikut Liputan6.com ulas wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi dari berbagai sumber, Selasa (13/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata Bromo Terbaru dan Wajib Dikunjungi

Air Terjun Madakaripura

Madakaripura adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi. Secara harfiah mengandung makna 'tempat terakhir Sang Patih Gajah Mada'. Wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini dahulu digunakan oleh Patih Gajah Mada sebagai tempat menyepi dan memperdalam ilmu.  

Untuk sampai ke lokasi utama wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini, tiap pengunjung harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak, dan terkadang harus membelah sungai. Ada trek yang basah, disarankan bagi para pengunjung menyiapkan pakaian ganti, atau jas hujan. Penggunaan sepatu sandal lebih disarankan ketimbang memakai sepatu biasa.

Keistimewaan dari air terjun yang masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini terletak pada dindingnya yang melengkung sempurna. Dengan tinggi pancur mencapai 170 meter, Air Terjun Madakaripura didaulat sebagai air terjun tertinggi sekaligus terindah di pulau Jawa.

Bukit Teletubbies Bromo

Bukit teletubbies adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi. Selain bisa menikmati kecantikan gunung Bromo dengan deretan bukit hijau, wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini menjadi spot foto terbaik.

Bukit wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini dipenuhi dengan rerumputan hijau yang sangat cantik. Rumput di sini sangat terjaga sehingga nampak begitu rapi. Jadi, saat berkunjung ke kawasan Bromo Tengger, maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke sini.

3 dari 7 halaman

Wisata Bromo Terbaru dan Wajib Dikunjungi

Gunung Widodaren

Gunung Widodaren adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi. Gunung ini berlokasi masih bersebelahan dengan Gunung Batok dan berada di satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini memiliki puncak ketinggian 2.614 meter diatas permukaan laut. Beberapa masyarakat lokal mengatakan bahwa Puncak Gunung Widodaren sering dijadikan tempat bertapa beberapa penduduk asli suku Tengger.

Padang Rumput Savana

Padang rumput savana bromo adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi, letaknya di selatan timur Gunung Bromo. Pada sebuah lembah hijau yang di kelilingi tebing-tebing menjulang tinggi dan beberapa punggungan gunung kecil.

Di wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini ada jalur mencapai savana adalah Lautan Pasir yang gersang. Namun, saat memasuki padang rumput ini kamu akan disuguhi oleh pemandangan yang benar-benar hijau di kelilingi bukit-bukit yang menambah indahnya tempat wisata ini.

Terletak di lembah jemplang, akses termudah untuk kesini jika memakai kendaraan biasa atau sepeda motor adalah via Malang atau via lumajang. Wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini cocok buat melepas penat untuk berakhir pekan.

4 dari 7 halaman

Wisata Bromo Terbaru dan Wajib Dikunjungi

Bukit Cinta

Bukit Cinta adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi. Di sini, selain bisa menyaksikan keindahan sunrise, kamu juga dapat memanjakan mata dengan deretan bukit yang mengelilinginya.

Pada pagi hari, kamu bisa menyaksikan keindahan lembah dan bukit yang masih tertutup awan kabut. Dijamin, wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini akan membuatmu ketagihan mengujungi.

Sedangkan, pada siang hari meskipun sedikit panas, kamu bisa menyaksikan hijaunya pegunungan dengan deretan bukit-bukit yang nampak cantik dan mempesona. Lokasi bukit cinta ini masih bersebelahan dengan bukit kingkong.

Kawah Bromo

Kawah bromo adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi. Kamu dapat melihat langsung kecantikan kawah Bromo yang begitu memesona. Untuk mencapai wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 2 km dari area parkir.

Jika kamu malas berjalan kaki, bisa menyewa kuda. Setelah itu, kamu tinggal menaiki anak tangga yang mencapai puncak kawah bromo. Bagaimana? Bikin semakin tertarik datang ke wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi bukan?

Pasir Berbisik

Pasir berbisik adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi. Sebelum sampai ke kawah Gunung Bromo, kamu akan disambut dengan hamparan pasir yang cukup luas. Hamparan pasir wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini diberi nama dengan sebutan pasir berbisik.

Area wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini cukup luas, pengunjung bisa dengan mudah mengambil spot terbaik untuk berfoto. Selain itu, di pasir berbisik ini kamu juga dapat menikmati kegiatan lain, seperti mengendarai motor trail, menunggangi kuda, dan lain sebagainya. Lokasinya berada di sebelah timur puncak Bromo.

5 dari 7 halaman

Wisata Bromo Terbaru dan Wajib Dikunjungi

Pura Luhur Poten

Wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini memang cukup unik. Jika sebelumnya wisata Gunung Bromo dipenuhi dengan keindahan alam, sekarang kamu juga bisa menemui tempat ibadah, yaitu Pura Luhur Poten. Pura di wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi merupakan tempat ibadah warga sekitar yang memeluk agama Hindu.

Tidak heran saat perayaan Nyepi tiba, kawasan wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini selalu diramaikan dengan kunjungan warga lokal yang ingin melakukan ibadah di sana. Biasanya kawasan Taman Nasional Bromo Tengger pun juga ikut ditutup demi kenyamanan warga yang ingin melaksanakan ibadahnya di Pura ini.

B 29 Argosari

B 29 Argosari adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi dengan spot camping favorit di Bromo. Destinasi wisata yang satu ini memang cukup asing bagi pengunjung Bromo. Tempat ini merupakan puncak yang paling tinggi di kawasan wisata Gunung Bromo, lebih tinggi dari penanjakan 1.

Sehingga udara dingin dengan pemandangan yang sangat indah serta ditambah hamparan tumbuhan khas dari dataran tinggi membuat kawasan wisata ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Letak dari wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini berada di daerah desa Argosari, kec. Senduro kira – kira 40 Km dari kota Lumajang. Untuk menuju ke B 29 ini akses termudah adalah melalui Senduro Lumajang, jalur selatan.

6 dari 7 halaman

Wisata Bromo Terbaru dan Wajib Dikunjungi

Bukit Mentigen

Bukit mentigen adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi dengan spot view sunrise terbaik. Di sini, pengunjung cukup jalan kaki saja dari area penginapan atau hotel di daerah cemara lawang probolinggo.

Walaupun wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini bukitnya tidak terlalu tinggi, tetapi bisa menjadi alternatif terbaik kalau berangkat ke Bromo ala backpacker. Tidak membawa kendaraan sendiri baik roda 4 maupun roda 2. Jalan kaki pun tidak jauh dari cemara lawang.

Bukit Kingkong

Bukit Kingkong adalah wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi. Bukit Kingkong menjadi salah satu tempat yang sering digunakan untuk melihat kecantikan sunrise di Bromo. Tempat wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini tidak jauh dari penanjakan 1, jaraknya sekitar 2,5 km saja.

Meskipun menjadi alternatif untuk melihat sunrise, tempat wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini begitu populer di kalangan wisatawan. Sehingga untuk bisa menyaksikan keindahan sunrise pun kamu harus rela berdesakan dengan wisatawan lain yang sama-sama ingin menyaksikan keindahan sunrise dari bukit ini.

7 dari 7 halaman

Wisata Bromo Terbaru dan Wajib Dikunjungi

Penanjakan 1

Penanjakan 1 merupakan lokasi terbaik untuk menyaksikan matahari terbit. Lokasi wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini merupakan yang paling tinggi di antara bukit lainnya. Di sini kamu bisa langsung menyaksikan kecantikan sunrise di pagi buta dengan keindahan lembah yang masih tertutup kabut.

Untuk bisa mencapai wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini, kamu bisa menggunakan kendaraan seperti jeep dan sepeda motor. Namun untuk keamanan yang lebih tinggi, sebaiknya hindari menggunakan sepeda motor jenis matic karena medannya cukup berat.

Penanjakan 2

Selain penanjakan 1, ada penanjakan 2. Meskipun lokasi wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi ini masih kalah tinggi dengan penanjakan 1, akses menuju ke tempat ini jauh lebih mudah dengan tantangan yang lebih ringan.

Untuk bisa sampai ke wisata Bromo terbaru dan wajib dikunjungi, kamu bisa mengaksesnya dari Kabupaten Probolinggo. Dijamin meskipun menjadi alternatif kedua, namun tempat ini menawarkan keindahan yang tak kalah dari lokasi penanjakan 1 Bromo.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini