Sukses

6 Cara Membuat Undangan Pernikahan Sendiri, Perhatikan Desain dan Jenis Kertasnya

Cara membuat undangan pernikahan sendiri tanpa ribet dan mudah dipraktikkan.

Liputan6.com, Jakarta Memahami cara membuat undangan pernikahan sendiri, akan membuat acara pernikahanmu lebih mudah dipersiapkan. Sebelum masuk bagian proses, simak baik-baik cara menentukan latar belakang, gambar, tulisan, warna, dan jenis kertasnya.

Cara membuat undangan pernikahan sendiri sebetulnya bisa dengan Microsoft Word, tetapi hasilnya akan sangat sederhana dan membutuhkan waktu lama. Solusi praktisnya adalah cara membuat undangan pernikahan sendiri secara online. 

Memanfaatkan aplikasi desain digital seperti Canva, Wedding Invitation Card Maker, Invitation Maker by Greetings Island, dan masih banyak lagi. Selain itu, simak contoh isi undangan pernikahan, agar cara membuat undangan pernikahan sendiri bisa lebih cepat diselesaikan.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat undangan pernikahan sendiri dari berbagai sumber, Selasa (13/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Membuat Undangan Pernikahan Sendiri Secara Online

1. Canva

Aplikasi desain yang telah digunakan banyak orang ini memiliki beragam template desain mulai dari undangan pernikahan, acara ulang tahun, wisuda, dan lain sebagainya. Kamu bisa menggunakan template cara membuat undangan pernikahan sendiri ini dengan gratis.

Buka aplikasi dan ketik di kolom pencarian "invitation wedding". Setelahnya kamu bisa mengedit dan mengganti template, jenis font, ukuran, lokasi, dan tanggal sesuai keinginan. Jika telah selesai tinggal pilih opsi save.

2. Wedding Invitation Card Maker

Aplikasi desain cara membuat undangan pernikahan sendiri ini telah diunduh lebih dari 500.000 kali di Google PlayStore. Kamu bisa dengan mudah mengubah nama, tanggal, tempat, dan informasi seputar pernikahanmu. Bahkan, kamu juga dapat memberi bingkai lho. Tetapi jangan terlalu berlebihan agar desain undangan kamu tidak norak ya.

3. Invitation Maker by Greetings Island

Melalui aplikasi cara membuat undangan pernikahan sendiri ini kamu tidak perlu bingung lagi mencari desain undangan sesuai keinginan. Kamu bisa menambahkan teks dan bingkai pada desainnya.

Namun, aplikasi cara membuat undangan pernikahan sendiri ini tidak bisa menggunakan gambar atau foto kepunyaan kamu sendiri ya. Jadi, kamu hanya bisa memilih gambar yang telah disediakan.

4. PicsArt

Tidak hanya untuk mengedit foto, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk cara membuat undangan pernikahan sendiri. Adanya fitur opsi pada aplikasi, kamu bisa memilih effect, draw, filter, artistic dengan mudah. Picsart ini memiliki nilai plus dengan kemampuannya menggabungkan tipografi dan foto. Jadi, undangan pernikahan kamu akan semakin keren.

5. Wedding Cards Invitation

Aplikasi cara membuat undangan pernikahan sendiri ini bisa kamu gunakan untuk mendesain sesuai keinginan dengan bingkai, latar belakang, dan stiker. Kamu juga bisa mengedit foto bersama pasangan untuk dijadikan background undangan agar makin keren.

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Undangan Pernikahan Sendiri bagian Menentukan Latar Belakang

Lengkapi cara membuat undangan pernikahan sendiri dengan merancang latar belakang. Setelah memberikan warna untuk undangan pernikahan, selanjutnya bisa merancang bagian latar belakang undangan pernikahan.

Sebelum menambahkan tulisan dan gambar ke dalam desain undangan, perlu memutuskan latar belakang terlebih dahulu. Apabila tulisan dalam undangan yang dibuat resmi, maka bisa mempertimbangkan untuk menggunakan latar belakang netral yang klasik. Tulisan undangan yang lebih santai bisa diimbangi dengan warna atau gambar yang cerah dan ceria.

Jika hanya menggunakan satu warna saja pada latar belakang, tentukan pola yang cocok untuk diterapkan. Apakah hanya menggunakan satu warna atau membuatnya tampak memudar, atau mungkin juga menggunakan dua warna bahkan lebih.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pola atau gambar sebagai latar belakang. Meskipun penggunaan pola dan gambar ini dapat mengubah posisi tulisan yang ada dalam undangan, cara membuat undangan pernikahan sendiri ini akan membuat tampilannya menjadi lebih cantik.

Tips, cara membuat undangan pernikahan sendiri bisa menggunakan kertas print bergambar. Bila begitu, cukup merancang tulisan dan menempatkannya dalam undangan pernikahan. Bisa juga menggunakan ilusi gambar latar belakang dengan menggunakan kertas bertekstur.

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Undangan Pernikahan Sendiri bagian Gambar dan Tulisan

Menentukan gambar dan tulisan adalah cara membuat undangan pernikahan sendiri selanjutnya. Apabila ingin memasukkan gambar dalam undangan, pertimbangkan beberapa pilihan yang sekiranya cocok dengan undangan.

Jika tidak yakin pada kemampuan sendiri untuk hal ini, bisa meminta bantuan kepada teman dekat atau keluarga untuk membantu merancangnya. Berikut beberapa cara membuat undangan pernikahan sendiri bagian gambar dan tulisan:

1. Jangan terlalu banyak menambahkan gambar pada undangan. Apabila sudah menggunakan latar belakang bertekstur, jangan tambahkan terlalu banyak gambar ke dalamnya. Hindari juga menggunakan lebih dari dua gambar dalam undangan, dan pastikan bahwa tulisan adalah fokus dari undangan pernikahan.

2. Pilih jenis huruf tulisan. Sama halnya dengan gambar, jenis huruf juga harus dipikirkan baik-baik. Pilih jenis huruf yang indah namun tetap bisa dibaca dengan jelas. Jenis huruf sangat penting dalam menentukan mood suatu undangan.

3. Batasi pilihan jenis huruf, usahakan paling banyak dua saja. Apabila banyak menggunakan jenis huruf alias lebih dari dua, maka akan membuat mata pembaca menjadi lelah.

5 dari 7 halaman

Cara Membuat Undangan Pernikahan Sendiri bagian Menentukan Warna

Cara membuat undangan pernikahan sendiri setelah gambar dan tulisan adalah memilih warna undangan. Ketika merancang sendiri undangan pernikahan, segala sesuatu yang ada di dalamnya harus benar-benar diperhatikan dan dibuat dengan baik. Termasuk warna undangan.

Jangan menerapkan banyak warna dalam rancangan cara membuat undangan pernikahan sendiri. Batasi warna undangan pernikahan agar tidak lebih dari tiga warna. Warna undangan ini mencakup keseluruhan warna pada undangan, dan warna utama ini tentu akan memberikan kesan terlebih dahulu kepada si penerima.

Banyak menggunakan warna akan membuat undangan pernikahan menjadi tampak berlebihan. Cukup gunakan warna dasar atau warna netral. Untuk menciptakan kesan mewah, elegan, dan sederhana, bisa memilih warna krem atau putih untuk desain dasar undangan pernikahan.

Setelah cara membuat undangan pernikahan sendiri ini selesai, pilih satu atau dua warna cerah lain untuk melengkapinya. Pastikan untuk memilih warna tulisan yang kontras dengan warna latar belakang undangan, sehingga undangan mudah dibaca.

6 dari 7 halaman

Cara Membuat Undangan Pernikahan Sendiri bagian Menentukan Kertas

1. Kertas Conrode

Jenis kertas undangan cara membuat undangan pernikahan sendiri yang pertama adalah kertas conrode. Kertas conrode mempunyai ciri khas berupa serat garis yang tidak beraturan pada permukaan kertasnya.

Umumnya jenis kertas ini digunakan kop surat atau amplop (connrode jenis tipis) dan untuk kartu nama atau sertifikat (conrode jenis tebal). Serat garis yang terdapat pada permukaan kertasnya mampu memberikan kesan elegan dan menarik.

2. Kertas Jasmine

Jenis kertas yang satu ini memang paling umum dan sering digunakan untuk keperluan undangan. Kertas ini memiliki ciri khas gliter berwarna pada permukaannya sehingga dapat memberikan kesan yang lebih mewah. Meskipun begitu, jenis kertas ini mempunyai harga yang terbilang murah, sehingga ini menjadi keuntungan tersendiri untuk mendapatkan undangan yang terlihat eksklusif namun harganya masih terjangkau.

3. Kertas Samson Kraft

Jenis kertas yang satu ini merupakan hasil daur ulang yang masih dapat dimanfaatkan dengan baik. Kertas Samson kraft biasanya mempunyai warna cokelat kusam dengan tekstur yang kasar. Tekstur kasar ini terasa seperti butiran pasir ketika diusap. Warnanya yang cokelat kusam dapat memberikan kesan klasik dan menarik.

4. Kertas Linen

Jenis kertas yang satu ini biasanya digunakan untuk mencetak kartu nama, foto, maupun sertifikat. Namun, kertas jenis linen ini juga cocok digunakan untuk undangan pernikahan. Jenis kertas linen mempunyai tekstur yang kasar, di mana permukaannya terdapat garis-garis halus yang timbul.

5. Kertas Aster

Dapat dikatakan kertas aster merupakan jenis kertas yang mahal. Sebanding dengan harganya yang tidak murah, kualitas kertas ini memang sangat baik dan cocok digunakan untuk undangan pernikahan. Kertas aster ini mempunyai tekstur permukaan yang halus dan terlihat eksklusif. Bagi Anda yang menginginkan konsep undangan berkelas, jenis kertas aster ini bisa menjadi pilihan.

6. Kertas Akasia

Jenis kertas yang satu ini mempunyai tekstur mirip dengan kain, yaitu berupa garis-garis halus seperti membentuk kain tenun. Biasanya jenis kertas ini digunakan untuk mencetak sertifikat, piagam, hingga foto. Namun dengan ciri khasnya yang menarik, kertas akasia ini juga sangat pas digunakan untuk mencetak undangan pernikahan yang terlihat elegan.

7. Kertas Art Paper

Jenis kertas ini mempunyai tekstur permukaan yang halus dengan efek mengkilap atau glossy. Biasanya kertas jenis ini digunakan untuk membuat cetakan kalender gantung. Namun jika digunakan untuk undangan pernikahan akan berbeda.

Di mana kertas art paper ini akan dijadikan lapisan luar atau hard cover maupun lapisan isi untuk tulisan undangan. Hasil undangan pun akan terlihat semakin mewah dengan tambahan laminasi doff, glossy, atau UV.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Undangan Pernikahan Sendiri Sentuhan Akhir

Undangan pernikahan saat ini biasa dilengkapi dengan berbagai elemen yang membuat tampilan undangan menjadi terlihat lebih manis dan cantik di bagian luarnya. Jika suka dengan hal-hal yang indah dan unik, bisa mempertimbangkan untuk menggunakan emboss, pita, atau glitter pada undangan.

Setelah seluruh cara membuat undangan pernikahan sendiri selesai. Seperti tulisan, latar belakang, gambar, dan mungkin beberapa detail sudah ditentukan, cara membuat undangan pernikahan sendiri mengecek dan membuat contoh undangan.

Buatlah contoh kasar undangan dengan penempatan gambar dan tulisan yang ideal. Setelah semua cara membuat undangan pernikahan sendiri selesai sampai pada tahap mencetaknya, susun undangan pernikahan menjadi satu keseluruhan bagian undangan yang telah dirangkai. Undangan siap dibagikan.

Contoh isi undangan pernikahan:

Halaman 1

“Jika ada manusia belum hidup bersama pasangannya, berarti hidupnya akan timpang dan tidak berjalan sesuai dengan ketetapan Allah SWT dan orang yang menikah berarti melengkapi agamanya, sabda Rasulullah SAW: "Barangsiapa diberi Allah seorang istri yang sholihah, sesungguhnya telah ditolong separoh agamanya. Dan hendaklah bertaqwa kepada Allah separoh lainnya.” (HR. Baihaqi).

Ya Allah, dengan Rahmat dan Ridho-Mu perkenankanlah tautan cinta buah hati kami :

(Nama Mempelai Laki-laki)

Putra dari Bpk. (Nama Bapak Mempelai Laki-lki) & Ibu (Nama Ibu Mempelai Laki-laki) Dengan

(Nama Mempelai Perempuan)

Putri Bpk. (Nama Bapak Mempelai Perempuan) & Ibu (Nama Ibu Mempelai Perempuan)

Akad nikah Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari :

Waktu :

Tempat :

Halaman 2

Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Dengan memohon rahmat dan ridho-Mu Ya Allah, Kami bermaksud mengadakan acara resepsi pernikahan putra dan putri kami Yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari :

Waktu :

Tempat :

Ungkapan terima kasih yang tulus dari kami apabila Bapak/Ibu/Sdr/i berkenan hadir dan memberikan do’a restu kepada kedua mempelai. Jazakumullah Khairan Katsira Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kami yang berbahagia

Keluarga Bpk. (Nama Ayah Mempelai Perempuan)

Keluarga Bpk. (Nama Ayah Mempelai Laki-laki)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini