Sukses

11 Cara Bermain Saham untuk Pemula, Pahami Sebelum Investasi

Cara bermain saham penting diketahui untuk pemula.

Liputan6.com, Jakarta Cara bermain saham akan membantu pemula untuk memulai investasi. Berinvestasi di pasar saham adalah cara paling umum bagi pemula untuk mendapatkan pengalaman investasi. Cara bermain saham penting diketahui untuk pemula.

Ada sejumlah cara bermain saham yang perlu dipahami, sebelum benar-benar menyelam ke pasar saham. Cara bermain saham yang baik adalah salah satu cara paling efektif untuk membangun investasi jangka panjang. 

Mempelajari cara bermain saham dengan bijak dan dengan kesabaran dapat menghasilkan keuntungan yang jauh melebihi pendapatan yang paling sederhana.

Dengan cara bermain saham, kamu akan belajar membaca peluang dan berpikir jangka panjang. Berikut cara bermain saham, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(13/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara bermain saham untuk pemula

Pahami ilmu saham

Cara bermain saham untuk pemula yang wajib dilakukan adalah memahami apa itu saham. Saham adalah investasi ekuitas yang mewakili kepemilikan hukum dalam suatu perusahaan. Memahami apa itu saham akan memberimu gambaran bagaimana mekanisme saham tersebut dapat dijalankan.

Kamu juga sangat perlu memahami keuntungan dan risiko yang biasa terjadi di dalam investasi saham. Berinvestasi, bagaimanapun, juga disertai dengan risiko kerugian. Dengan mengetahui risiko ini kamu lebih siap menghadapi apapun yang akan terjadi ke depannya. Sebab, semakin besar keuntungan maka akan semakin besar pula risiko yang mungkin terjadi.

Siapkan dana minimal

Cara bermain saham untuk pemula yang penting selanjutnya adalah menyiapkan dana minimal. Memisahkan dana investasi dengan dana sehari-hari menjadi salah satu pengaturan keuangan yang penting. Usahakan dana yang digunakan adalah dana yang diniatkan untuk diinvestasikan.

3 dari 6 halaman

Cara bermain saham untuk pemula

Tentukan perusahaan sekuritas

Cara bermain saham selanjutnya, yaitu dengan menentukan mana perusahaan sekuritas. Perusahaan Sekuritas adalah perusahaan yang telah mendapat izin usaha dari OJK untuk dapat melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek, Penjamin Emisi Efek, atau kegiatan lain yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pengawas Pasar Modal.

Untuk pemula, kamu bisa memilih perusahaan sekutitas yang memperbolehkan setorang awal paling tidak di bawah Rp 5 juta. Kamu juga perlu mempertimbangkan biaya transaksi yang ditawarkan. Biaya ini meliputi biaya pembelian dan penjualan saham. Misal, ada perusahaan sekuritas yang mematok biaya 0,20 persen untuk pembelian dan 0,25 persen untuk pembelian. Di sini kamu bisa mulai memilih perusahaan sekuritas yang menawarkan biaya transaksi paling rendah.

Buka rekening efek di perusahaan sekuritas pilihan

Cara bermain saham selanjutnya adalah membuka rekening efek di perusahaan sekuritas yang sudah kamu pilih. Di rekening ini nantinya kamu akan menyetor uang. Dengan uang ini kamu bisa membeli saham yang kamu inginkan.

Jangan lupa untuk meminta pengurusan kartu KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia). Ini merupakan bukti kamu adalah salah satu investor yang dilindungi di Indonesia.

4 dari 6 halaman

Cara bermain saham untuk pemula

Manfaatkan aplikasi trading

Kini kamu bisa berinvestasi saham dengan mudah melalui smartphone. Sudah banyak aplikasi trading saham yang bisa diunduh gratis di Play Store dan AppStore. Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan online trading kapan pun dan di mana pun. Aplikasi ini biasanya disediakan oleh perusahaan sekuritas tempat kamu membuka rekening efek. Pastikan kamu memilih perusahaan sekuritas yang sudah menyediakan aplikasi online trading.

Pilih perusahaan publik yang tepat

Pastikan kamu berinvestasi saham pada perusahaan publik yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kamu bisa mengunjungi laman BEI untuk mengetahui perusahaan mana saja yang membuka sahamnya pada publik. Kamu bisa memilih perusahaan BUMN yang menawarkan saham modal kecil.

Perusahaan seperti BUMN ini memiliki reputasi baik dan risko rendah untuk mengalami penurunan. Jangan memilih saham perusahaan yang nilainya naik turun. Jenis saham seperti ini bisa mudah dimanipulasi investor dengan modal besar.

Mulai memilih saham

Setelah memiliki rekening efek, kamu bisa mulai memilih saham. Sebelum membeli saham tersebut, jangan lupa untuk memilih jenis saham yang paling menguntungkan. Selain menguntungkan, saham tersebut juga harus memiliki risiko yang rendah. Kondisi mengenai risiko saham tersebut bisa kamu lihat dari kondisi perusahaannya, grafik harga saham perusahaan tersebut, serta juga bisa meminta masukan dari perusahaan sekuritas yang kamu percaya untuk memilih saham terbaik.

5 dari 6 halaman

Cara bermain saham untuk pemula

Pilih satu atau dua perusahaan publik

Cara bermain saham selanjutnya adalah memilih saham dari perusahaan besar yang sudah dikenal publik. Kamu bisa mencari saham dengan harga di bawah Rp 1000 perlembarnya. Sebagai pemulaan, satu atau dua saham perusahaan saja sudah cukup. Cara bermain saham dengan modal kecil ini berguna untuk memperkecil risiko kegagalan.

Kamu bisa membuka laman Bursa Efek Indonesia ydang menyeleksi perusahaan yang telah terdaftar. Kamu bisa memilih perusahaan mana yang bagus kinerjanya dan cocok dengan modal yang kamu punya. Jika kamu sudah cukup berpengalaman kamu bisa mulai memberi beberapa saham lainnya.

Lakukan pembelian saham

Selanjutnya, ketika kamu sudah menentukan mana saham yang akan dibeli, maka kamu bisa mulai untuk membeli saham yang sudah dipilih tersebut. Untuk membeli saham tersebut, kamu bisa membeli melalui broker untuk membeli saham yang diinginkan atau juga bisa membelinya sendiri melalui aplikasi trading saham online.

Umumnya, perusahaan sekuritas yang memiliki reputasi baik dan dipercaya sudah memiliki sistem trading sendiri yang bisa diunduh dan pasang di ponsel pintar. Biasanya aplikasi tersebut juga mencangkup berbagai informasi seperti pergerakan saham dari perusahaan peserta.

6 dari 6 halaman

Cara bermain saham untuk pemula

Pantau pergerakan ekonomi

Cara bermain saham untuk pemula yang cukup penting adalah memantau pergerakan ekonomi dalam dan luar negeri. Dengan mengetahui situasi pasar saham, kamu akan bisa memprediksikan pergerakan saham yang kamu miliki.

Jika kondisi pasar sedang normal, kamu bisa mulai untuk berinvestasi saham baru. Sebaliknya, jika kondisi pasar sedang memburuk kamu bisa menahan diri untuk membeli atau menjual saham. Memahami sentimen pasar juga penting dilakukan. Sentimen pasar juga bisa menjadi faktor naik turunnya saham.

Pilih indeks saham yang tepat

Indeks saham merupakan portofolio imaginer yang mengukur perubahan harga dari suatu pasar atau sebagian dari pasar tersebut. Pada saat indeks saham bergerak naik, berarti harga sebagian besar saham-saham yang diukur oleh indeks tersebut bergerak naik. Sebaliknya, apabila indeks saham bergerak turun, maka sebagian besar saham-saham konstituen indeks bergerak turun.

Bagi pemula, kamu bisa memilih saham-saham yang tergabung dalam pada indeks LQ45 atau IDX30. Indeks LQ45 merupakan indeks yang mengukur performa harga dari 45 saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Sementara Indeks IDX30 merupakan indeks yang mengukur performa harga dari 80 saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini