Sukses

Artistik, Ini 7 Masjid Rancangan Ridwan Kamil yang Memukau

Masjid rancangan Ridwan Kamil yang bernilai artistik tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya dikenal sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga dikenal sebagai seorang arsitek. Sebelum menjadi pejabat, pria yang akrab disapa Kang Emil ini merupakan seorang arsitek yang merangkap sebagai dosen tidak tetap di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Berlatar belakang pendidikan Teknik Arsitektur, menjadikan Kang Emil berpengalaman dalam menciptakan desain bangunan yang bernilai seni tinggi. Salah satu bangunan rancangannya yang menjadi perhatian adalah masjid. 

Dengan tangan emasnya, pria yang melanjutkan pendidikan master di University of California, Berkeley ini berhasil merancang sejumlah masjid di Indonesia. Dengan konsep yang unik, Kang Emil dan tim Urbane Indonesia berhasil membangun masjid dengan desain yang bernilai tinggi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas beberapa masjid rancangan Ridwan Kamil dengan desain yang artistik, Selasa (13/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Masjid Al Safar, yang dibangun di kawasan Rest Area Tol Cipularang KM 88.

3 dari 8 halaman

2. Masjid Al Irsyad, terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 2010.

4 dari 8 halaman

3. Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi. Masjid ini di desain tanpa kubah dan berbentuk kubus seperti Ka'bah.

5 dari 8 halaman

4. Masjid 99 Kubah, Makassar. Masjid megah dan indah ini berada di Kota Makassar. Inspirasi 99 Kubah diambil dari jumlah Asmaul Husna.

6 dari 8 halaman

5. Masjid Jami'e Darussalam, terletak di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Masjid yang diresmikan pada Juni 2015 ini memiliki bentuk segi tiga.

7 dari 8 halaman

6. Masjid Raya Asmaul Husna, terletak di Serpong Tangerang. Dinding masjid berwarna hijau ini dihiasi oleh ornamen kaligrafi 99 nama Allah (Asmaul Husna).

8 dari 8 halaman

7. Masjid Syeikh Ajlin di Gaza, Palestina. Masjid ini ramai di media sosial karena desainnya yang mirip bentuk PlayStation 5 (PS5).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini