Sukses

35 Wisata Gunung Kidul Eksotis Memesona, Bak Surga Tersembunyi

Wisata Gunung Kidul menawarkan pesona tersendiri di Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Gunung Kidul menawarkan pesona tersendiri di Yogyakarta. Wilayah Gunung Kidul dikenal sebagai daerah tandus namun kaya akan potensi wisata, budaya, hingga kuliner. Sebagian besar wilayah ini berupa perbukitan dan pegunungan kapur. Gunung Kidul juga berbatasan langsung dengan Pantai Selatan. 

Wisata Gunung Kidul dikenal sebagai surga tersembunyi yang dimiliki Yogyakarta. Di sini terdapat kurang lebih 130 pantai berpasir putih. Wisata Gunung Kidul berupa pantai ini sebagian bahkan belum banyak terjamah wisatawan.

Selain pantai, wisata Gunung Kidul juga makin menarik dengan adanya gua dan air terjun. Wisata Gunung Kidul bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 47 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Wisata Gunung Kidul menawarkan keindahan pegunungan karst sekaligus pantai yang asih alami.

Berikut 35 wisata Gunung Kidul eksotis dan memesona, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(13/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Wisata Gunung Kidul: air terjun

Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang terletak di Jalan Juminahan, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul. Karakteristik batuan yang tersusun di air terjun ini membuat Air Terjun Luweng Sampang nampak seperti Grand Canyon mini.

Air Terjun Sri Gethuk

Wisata Gunung Kidul selanjutnya adalah Sri Gethuk. Tak cuma air terjun, kamu juga bisa menikmati keindahan sungai hijau, hamparan sawah, dan hutan sepanjang perjalanan menuju air terjun utama. Bagi yang ingin menyusuri sungai dengan berperahu ada perahu mesin yang bisa digunakan dengan membayar Rp 5.000,00 saja.

Air Terjun Kedung Kandang

Air terjun Kedung Kandang memiliki keistimewaan karena karakternya yang berundak-undak. Air Terjun Kedung Kandang berada di Desa Wisata Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul. Lokasi wisata Gunung Kidul ini berada dipematang sawah yang bertingkat. Air terjun ini bersusun atau bertingkat dengan susunan batuan vulkanik dan terjadi secara alamiah.

Air Terjun Pantai Jogan

Gunung Kidul juga punya air terjun unik. Jika biasanya air terjun berada di pegunungan atau hutan, air terjun satu ini berada di pinggir pantai. Di Gunung Kidul, tepatnya di pantai Jogan kamu bisa menikmati lanskap pantai dan air terjun sekaligus. Di sini kamu dapat menemukan air terjun yang jatuh dari atas tebing pantai ini.

3 dari 9 halaman

Wisata Gunung Kidul: embung dan gunung purba

Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten merupakan telaga buatan yang dibangun di puncak tertinggi Bukit Batur Agung, Gunung Kidul. Tempat wisata ini masih tergolong baru. Wisata Gunung Kidul ini juga merupakan sarana pengairan bagi agrowisata manggis dan kelengkeng yang berada di kawasan ini. Di sini pengunjung bisa bersantai, menyakiskan matahari terbenam, hingga berkemah.

Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran adalah telaga buatan yang berfungsi untuk menampung air hujan dan dimanfaatkan untuk mengairi perkebunan petani pada saat musim kemarau. Wisata Gunung Kidul ini berada di Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, DIY. Embung Nglanggeran dijadikan objek wisata karena lokasinya yang berada di gunung api purba Nglanggeran. Lokawisata ini dikelilingi pula oleh perkebunan buah yang ditanam oleh penduduk sekitar.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung yang berada di Pathuk, Wonosari ini adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise di antara bukit-bukit indah yang diselimuti kabut. Di sini wisatawan juga bisa berkemah. Disarankan berkunjung saat cuaca cerah, karena tanah merah di kawasan gunung akan terasa licin jika hujan mengguyur.

Gunung Ireng Srumbung

Gunung Ireng merupakan gunung api purba yang berada di Dusun Srumbung Desa Pengkok Kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Gunung Ireng adalah gunung api purba berumur tersier. Seperti gunung api lainnya yang berada dalam struktur cincin api, Gunung Ireng juga pernah melakukan aktivitas erupsinya. Wisata Gunung Kidul satu ini kerap jadi lokasi untuk mencari sunset di sore hari.

4 dari 9 halaman

Wisata Gunung Kidul: gua

Gua Rancang Kencono

Gua Rancang Kencono merupakan sebuah gua yang menyimpan cerita dari masa prasejarah hingga perjuangan rakyat Mataram. Di tengah gua ini terdapat pohon klumpit (Terminalia edulis) yang diperkirakan berusia sekitar 200 tahun. Gua ini dulunya menjadi tempat orang Mataram dan tentara membuat strategi mengusir Belanda dari Yogyakarta.

Gua Pindul

Wisata gua pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dulunya Gua Pindul dimanfaatkan warga sekitar untuk aktivitas sehari-hari seperti mencuci dan mandi. Kini Gua Pindul menjadi potensi wisata di Gunung Kidul yang makin hits. Di wisata Gunung Kidul ini pengunjung bisa menyusuri gua Pindul dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah.

Gua Gelatik Lorong Sewu

Gua Gelatik berada tak jauh dari Gua Pindul. Gua ini sangat eksotis dengan gugusan stalaktit dan stalakmit. Dulunya, gua ini digunakan sebagai tempat pertapaan. Gua ini merupakan goa yang rendah, sehingga ketika memasukinya pengunjung harus ekstra menundukkan kepala.

Gua Kalisuci

Gua Kalisuci cocok untuk kegiatan cave tubing. Gua ini berada di kawasan Karst Gunungsewu. Wisata alam seperti Kalisuci hanya ada tiga di dunia, yaitu di Meksiko, Selandia Baru, dan Indonesia. Di sini wisatawan bisa berpetualang menyusuri gua dengan keindahan ornamen stalaktit dan stalakmit yang alami.

Gua Langse

Gua Langse berlokasi di Desa Giri Cahyo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul. Gua ini terkenal sebagai tempat ziarah. Terutama malam Jumat Kliwon dan malam Selasa Kliwon. Kebanyakan para peziarah melakukan tirakat untuk bisa menemuk Ratu Kidul.

Gua Jomblang

Gua Jomblang berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul. Gua ini terbentuk akibat proses geologi amblasnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Saat ini Gua Jomblang merupakan tempat konservasi tumbuhan purba dan dikembangkan menjadi tempat wisata minat khusus. Di sini sudah tersedia alat-alat keselamatan untuk menuruni dasar gua lengkap dengan pemandu profesional.

5 dari 9 halaman

Wisata Gunung Kidul: bukit dan tahura

Bukit Pengilon

Wisata Gunung Kidul ini berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Dulunya bukit Pengilon merupakan bagian dari Gunung Api Purba Batur. Kini Bukit Pengilon sebagai lokasi rekreasi untuk menikmati hijaunya bukit serta cantiknya jajaran pantai selatan dari ketinggian. Keindahan Bukit Pengilon dijamin bakal bikin kamu enggak mau pulang.

Tahura Bunder

Taman hutan raya atau tahura Bunder terletak di Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Tahura Bunder menawarkan berbagai wahana yang dapat digunakan oleh wisatawan, seperti spot foto payung yang di gantung, bola bola, ayunan (handmok), spot matahari terbenam (sunset), dan angkringan. Di sini juga terdapat pabrik penyulingan Minyak Kayu Putih Sendang Mole yang berdiri sejak 1980-an.

Watu Giring

Watu Giring merupakan sekumpulan bebatuan alam yang diambil dengan dipotong-potong di suatu tempat oleh para penambang batu alam hingga akhirnya membentuk seperti anak tangga yang memberi kesan mirip sepeeti heritage megalitikum. Tempat wisata ini masih tergolong baru dan diperkenalkan oleh masyarakat Semanu, Gunung Kidul.

6 dari 9 halaman

Wisata Gunung Kidul: situs bersejarah

Situs Megalitik Sokoliman

Situs Sokoliman merupakan situs kepurbakalaan yang terletak di Dusun Sokoliman II, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, DIY. Situs ini berada tak jauh dari Gua Pindul. Beberapa benda yang ada di sana, antara lain menhir (batu tegak yang merupakan objek pemujaan), waruga (kubur batu), dan papan kubur batu. Uniknya, semua peninggalan tersebut berasal dari bongkahan batu kapur dan memiliki ornamen khas.

Candi Plembutan

Wisata Gunung Kidul adalah Candi Plembutan. Candi ini adalah sebuah candi Hindu yang berada di Dusun Plembutan Timur, Desa Plembutan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Candi Plembutan berada di ketinggian 185 mdpl dan merupakan candi bertipe tunggal (single temple). Saat ini Candi Plembutan terlihat seperti gundukan rendah. Berdasarkan temuan fragmen arca Ganesha dari batu putih, dapat diketahui bahwa latar belakang keagamaan Candi Plembutan adalah Hindu.

Candi Risan

Candi Risan adalah situs yang berada di Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Candi ini termasuk situs purbakala terbesar dan terlengkap yang ditemukan di Gunung Kidul. Diperkirakan candi tersebut merupakan candi Budha karena ditemukannya stupa. Usia candi ini diperkirakan lebih tua dibandingkan dengan Candi Prambanan. Lokasi ini berada di tengah pemukiman penduduk. Meski masih belum lengkap fasilitasnya, candi ini tetap mengagumkan untuk dikunjungi.

7 dari 9 halaman

Wisata Gunung Kidul: pantai

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor itu tempatnya snorkeling. Di sini kamu berkesempatan untuk berenang dengan ikan beraneka warna. Kalau sedang beruntung bahkan bisa bertemu dengan kura-kura laut berukuran besar. Bagi yang malas snorkeling pun, Nglambor tetap memesona dengan airnya yang biru jernih dan berombak kecil. Bikin betah selonjoran di tepian sampai sore. Tarif masuknya hanya Rp 5.000 saja.

Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal merupakan salah satu tempat wisata Gunung Kidul. Pantai cantik yang dikelilingi batu karang ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati keindahan sunset.

Pantai Jogan

Pantai Jogan merupakan jajaran pantai wisata Gunung Kidul yang memiliki kesan eksotis. Di sini kamu dapat menemukan air terjun yang jatuh dari atas tebing pantai ini. Air Terjun Inilah yang membuat pantai Jogan memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini juga belum banyak dikenal wisatawan sehingga suasananya masih terbilang tenang dan asri.

Pantai Jungwok

Gunung Kidul dikenal dengan pantai berpasir putih yang belum banyak terjamah wisatawan. Salah satu pantai di Gunung Kidul yang memiliki pemandangan indah adalah pantai Jungwok. Pantai ini memiliki batu karang besar yang menambah keeksotisan pantai ini. Pantai Jungwok juga cocok bagi Anda yang ingin camping di pinggir pantai.

Pantai Ngetun

Pantai Ngetun berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Pantai Ngetun berbentuk mirip teluk mungil yang eksotis. Pantai ini tergolong pantai kecil yang masih sangat alami. Di dekat pantai ini terdapat tebing yang bisa dijelajahi. Dari tebing ini pengunjung bisa menyaksikan pantai Ngetun dari ketinggian dan pemandangan lepas pantai selatan yang memesona.

8 dari 9 halaman

Wisata Gunung Kidul: pantai

Pantai Kayu Arum

Pantai tersembunyi selanjutnya adalah Pantai Kayu Arum. Pantai ini belum terlalu populer di telinga wisatawan. Pantai ini berada tak jauh dari Pantai Baron, tepatnya di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul. Pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putih khas pantai Gunung Kidul. Pantai Kayu Arum cocok digunakan untuk berkemah dan menikmati suasana tenang dan alami.

Pantai butuh

Pantai butuh berada di Krambilsawit, Saptosari, Gunung Kidul. Wisata Gunung Kidul ini cukup mungil diapit oleh bukit karst dan pepohonan rumbun. Pantai ini cukup tersembunyi dan cocok jadi alternatif pantai di Gunung Kidul.

Pantai Sanglen

Pantai Sanglen memiliki bentangan pasir pantai yang cukup panjang, ini cocok bagi kamu untuk bersantai menikmati keindahan pantai. Ada pula beberapa pohon cemara yang bisa menjadi tempat untuk kamu berteduh. Dan juga area pohon cemara ini biasanya dijadikan sebagai tempat tenda untuk camping.

Pantai Sedahan

Pantai Sedahan biasanya juga menjadi langganan untuk camping hingga aktivitas memancing. Namun untuk datang ke pantai ini kamu perlu berjuang dengan berjalan kaki, karena kendaraanmu harus parkir di Wediombo. Tapi nggak perlu khawatir karena rasa lelahmu bakal terbayar lunas dengan pemandangan pantai yang benar-benar memesona.

Pantai Sadeng

Salah satu pantai unik di Gunung Kidul adalah pantai Sadeng. Nah, dulunya pantai ini merupakan muara sungai Bengawan Solo purba. Namun karena terjadi pergerakan lempeng bumi, aliran sungai Bengawan Solo Purba berbalik arah menuju Laut Jawa. Hingga saat ini, sisa-sisa aliran sungai tersebut masih bisa kita lihat. Wisata Gunung Kidul ini menjadi spot menarik karena bekas aliran sungai tersebut diapit oleh dua lembah dengan pepohona yang terhampar hijau.

9 dari 9 halaman

Wisata Gunung Kidul: pantai

Pantai Ngandong

Ada satu lagi pantai eksotis di Desa Sidoharjo yaitu pantai Ngandong. Ombak di pantai Ngandong begitu tenang sehingga aman untuk mandi dan bermain air. Wisata Gunung Kidul ini menghadap langsung ke Samudera Hindia sehingga sangat strategis untuk menikmati sunrise maupun sunset.

Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput terbilang masih sepi dari pengunjung, dan tentu saja cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan untuk melepas kepenatan. Pantai ini cukup eksotis dengan pasir putih berpadu dengan rumput nan hijau. Ada pula lubang yang menjadi daya tarik tempat ini ketika air surut, bahkan kamu bisa masuk ke dalamnya. Lokasinya ada di Ngrumput, Desa Ngestirejo, Tanjungsari.

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu diapit dua bukit yang membuat air cukup tenang. Namun tetap hati-hati jika kamu ingin berenang, karena ombak cukup keras. Lokasi pantai ini ada di Desa Girikarto, Panggang, Gunung Kidul.

Pantai Nguyahan

Menurut cerita nama nguyahan diambil dari kata ‘uyah’ yang dalam bahasa Jawa artinya garam. Dulunya pantai ini merupakan tempat pembuatan garam. Pantai Nguyahan adalah pantai dengan pasir dengan garis pantai yang tidak terlalu panjang dan memiliki pasir berwarna putih. Pantai ini diapit bukit karang baik di sisi kanan maupun kirinya.

Pantai Ngerenehan

Pantai Ngerenehan sebenarnya merupakan teluk yang diapit dua tebing. Airnya jernih dan pasirnya berwarna putih tipikal pantai Gunung Kidul. Di tepi pantai berjejer kapal-kapal nelayan berwarna biru yang matching dengan warna airnya. Di pantai ini para nelayan juga menjual ikan-ikan hasil tangkapannya. Kamu juga bisa menikmati sajian seafood yang segar karena baru ditangkap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.