Sukses

Benarkah Kucing Kena Asma karena Hairball?

Liputan6.com, Jakarta Mungkin selama ini kamu berpikir bahwa asma hanya mungkin dialami oleh manusia saja. Asma ternyata juga bisa diderita oleh kucing lho, hanya saja kita sebagai manusia nggak memperhatikan detail gejalanya.

Sama seperti manusia, kucing yang terkena asma juga mengalami gangguan pada saluran udara bagian bawah yang ditandai dengan batuk, mengi, dan sesak napas berulang. Meski prevalensi kucing hanya 1% yang menderita asma, namun kondisi ini jangan diabaikan.

Laman Catster menjelaskan bahwa selama ini, para adopter melihat batuk kucing hanya reaksi biasanya. Salah satunya, banyak yang mengira bahwa kucing batuk karena hairball atau bola bulu kucing.

Jadi, bola bulu kucing terbentuk dari bulu-bulu kucing yang tertelan dan bercampur dengan cairan yang ada di dalam perut. Ya, lidah kucing terdapat duri-duri kecil yang akan menarik bulu yang rontok. Dari sinilah terjadi bola bulu kucing, disebabkan oleh bulu kucing yang sudah mati dan tertelan masuk ke dalam perut, hingga menyebabkan kucing mengalami batuk hingga gangguan sesak napas.

Padahal hal ini nggak sepenuhnya benar lho! Kucing dengan asma sering kali mengalami peningkatkan kadar eosinofil--sejenis sel darah putih yang terkait dengan kondisi alergi dan parasit. Selain itu, kucing yang asma juga bisa disebabkan karena stres, gangguan jantung, dan obesitas.

Lalu jika hal ini terjadi, apa yang harus dilakukan? Ya, pengobatan asma kucing memang menjadi tantangan tersendiri. Nah ketika kamu sudah melihat gejala asma pada kucing, segera bawa kucingmu ke dokter hewan untuk diberikan perawatan cepat dan akurat, seperti oksigen.

Biasanya dokter akan memberikan obat anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan pada saluran napas kucing dan inheler. Kemudian untuk menghindari gejala sesak napas yang mungkin muncul dikemudian hri, pastikan kucing kesayanganmu mendapatkan cairan yang cukup.

Jangan lupa untuk memberikan asupan makanan yang bergizi seimbang untuk kucingmu. Salah satu makanan dengan gizi seimbang yang direkomendasikan adalah Muezza.

Muezza merupakan brand makanan kucing yang terserifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand yang mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, taurin, dan ekstrak Yucca Schidigera yang dibutuhkan kucing untuk menjaga kesehatannya. 

Menariknya, selain halal, kandungan ekstrak Yucca Schidigera dalam Muezza aampuh mengurangi bau dan membantu kotoran kucing terbentuk menjadi gumpalan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin. 

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan. Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong

Ada beberapa pilihan bundling hemat. Mulai dari beli dua, tiga, atau empat sekaligus biar lebih hemat. Kamu juga bisa bebas pilih varian lho! Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(*)