Sukses

Internet adalah Jaringan Komunikasi Elektronik, Kenali Manfaat dan Fungsinya

Internet adalah sebuah jaringan komunikasi yang global dan terbuka.

Liputan6.com, Jakarta Internet adalah salah satu kebutuhan penting bagi manusia zaman sekarang. Penggunaan internet memudahkan banyak sektor kehidupan, terutama dalam bidang komunikasi. Dengan internet, kamu bisa berkomunikasi tanpa batas ruang dan waktu.

Pentingnya peran internet dalam kegiatan sehari-hari setiap orang tentunya memberikan berbagai dampak, baik positif maupun negatif. Hal ini bahkan memengaruhi cara berpikir, menjalankan bisnis, berkomunikasi, dan cara menghibur diri. Oleh karena itu, penggunaannya harus dipertimbangkan dengan bijak.

Internet adalah sebuah jaringan komunikasi yang global dan terbuka. Jaringan komunikasi tersebut akan menghubungkan jaringan komputer ke beragam tipe serta jenis. Sulit sekali dibayangkan bagaimana dunia tanpa internet sekarang ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/4/2021) tentang internet adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Internet adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Internet identik dengan penggunaannya pada smartphone ataupun di komputer dan laptop untuk bekerja, mencari informasi, mendapatkan hiburan, dan lain-lain. Internet adalah teknologi yang perkembangannya patut untuk kamu pahami.

Sejarah internet, pada awalnya internet diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tepatnya pada tahun 1969. Internet dikerjakan pada proyek ARPA. Kemudian, dengan adanya proyek tersebut ARPA sering disebut ARPANET. ARPANET sendiri awalnya digunakan dengan tujuan kepentingan militer. Tujuannya adalah untuk upaya komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga.

Pada akhirnya internet dikembangkan secara meluas hingga seperti saat ini. Bahkan, dengan internet sudah dapat menghubungkan dunia secara global. Bayangkan saja jika dunia tanpa internet, sudah pasti komunikasi global akan terputus.

3 dari 5 halaman

Pengertian Internet Menurut Ahli

O’Brien. Menurut O’Brien, internet adalah suatu jaringan komputer yang berkembang sangat pesat serta memberikan manfaat untuk berbagai macam kepentingan, mulai dari pendidikan, bisnis, hingga jaringan pemerintah yang saling berhubungan antara yang satu dengan lainnya.

Berners Lee. Kemudian, menurut Berners Lee internet adalah suatu jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Pengertian ini memiliki konsep dimana suatu jaringan komputer tertentu, atau jaringan lokal juga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lain.

Ned Snell. Sedangkan menurut Ned Snell, pengertian internet adalah suatu koridor bagi berbagai jenis sumber daya yang ada padanya, dan setiap sumber daya tersebut diakses melalui piranti yang berbeda-beda.

Sibero. Sibero menyatakan jika pengertian internet adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global. Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa internet dapat juga disebut sebagai jaringan alam, yaitu suatu jaringan yang sangat luas.

Sarwono. Pengertian internet adalah kumpulan jaringan dengan skala global, di mana tidak seorang pun mampu bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri

Lani Sidharta. Pengertian internet adalah suatu bentuk interkoneksi antara jaringan komputer yang kemudian dapat memberikan pelayanan dalam bentuk informasi yang disajikan secara lengkap.  Lebih lanjut Lani mengatakan bahwa internet juga merupakan rekan maya atau virtual yang ampuh, yang memberikan berbagai manfaat dalam di bidang bisnis, politik, bahkan hingga untuk hiburan semata.

4 dari 5 halaman

Manfaat Internet

Internet adalah suatu teknologi yang sekarang ini berperan penting dalam berbagai sektor kehidupan. Berikut beberapa manfaat internet dalam kehidupan:

Sumber Informasi

Manfaat internet tersebut selain menghubungkan komunikasi global, juga berguna sebagai media informasi dan hiburan. Internet dapat menjadi sebuah media penyimpan segala informasi yang baik dan bisa ditelusuri oleh mesin telusur yang sudah banyak tersedia di internet, sebut saja Google, Ducduckgo, serta masih banyak jenis lainnya. Beragam informasi yang ada di internet juga akan mempermudah manusia dalam menjalani kehidupan.

Hiburan

Selanjutnya, selain informasi juga ada hiburan yang tersedia di internet. Pada zaman modern ini kerap muncul pada platform media sosial. Platform media sosial sendiri sangat terbukti efektif membuat kreasi yang inovatif serta ampuh menghibur pengguna internet.

Pendidikan

Kemudian manfaat internet yang lain adalah sebagai sarana pendukung kegiatan pendidikan. Seperti diketahui bahwa internet adalah media termudah untuk mendapatkan informasi. Informasi tersebut bisa berbentuk bahan materi untuk pendidikan. Banyak bahan materi belajar ataupun buku online yang tersebar di internet.

Mendukung Kegiatan Ekonomi

Manfaat internet adalah dapat digunakan untuk sarana pendukung kegiatan ekonomi. Hal ini sudah jadi hal lumrah, bahwa dengan internet, bisa menghasilkan uang melalui pemasukan iklan. Selain itu media youtube bahkan terbukti efektif menghasilkan banyak pemasukan.

Di mana manfaat internet bisa membantu untuk menghasilkan pendapatan. Internet mendorong pengguna berpikir kreatif, kritis dan inovatif yang membuat semakin pesatnya kemajuan serta perkembangan teknologi. Situs jual beli kini juga sudah banyak diinternet.

Maka dari itu muncul istilah jual beli online. Jual beli online ini akan membuat pengguna internet termanjakan, karena tidak perlu pergi ke supermarket, barang sudah sampai dirumah. Bahkan jasa seperti ojek pun juga sudah ada di zaman sekarang, seperti Go-Jek ataupun Grab. Dengan keberadaan internet, kehidupan kini semakin praktis.

5 dari 5 halaman

Fungsi Internet dan Dampaknya

Fungsi internet akan membantu manusia lebih efektif dalam bekerja. Ujung-ujungnya akan menghasilkan produktifitas kerja. Selain itu kemudahan berkomunikasi, bisa membuat manusia semakin berkehidupan sosial. Tahu perkembangan zaman dan apa yang sedang berkembang menjadi nilai plus keberadaan internet.

Hal ini akan berdampak pada meningkatnya relasi kerjasama. Apabila relasi kerjasama meningkat maka akan membuat manusianya akan lebih mudah bergaul ataupun menjalankan suatu bisnis atau usaha tanpa harus alasan jarak yang jauh.

Sudah banyak sekali fasilitas internet yang tersedia dan bisa dimanfaatkan oleh penggunanya, seperti world wide web atau www, di mana halaman web tersebut dapat berisi informasi yang bermanfaat bagi pengguna. Lalu ada E-Mail yang berguna untuk kirim pesan, lalu Telnet untuk mengakses remote komputer yang terletak ditempat berbeda.

Kemudian, terdapat juga File Transfer Protocol (FTP) yakni untuk transfer file atau data. Fasilitas lain yakni chatting lewat berbagai aplikasi seperti Whatsapp ataupun Line.

Dampak Buruk Internet

Kendati internet punya banyak manfaat, namun pada kenyataannya internet juga punya beberapa dampak buruk. Ada pun dampak tersebut adalah dari sisi pengguna yang terkadang tidak beretika. Sangat banyak sekali informasi salah yang menggemparkan. Kemudian, banyak juga bertebaran situs pornografi, di mana hal itu tidak baik untuk perkembangan anak dibawah umur. Mengingat internet memberi kemudahan bagi kehidupan manusia, tentunya dalam penggunaannya perlu lebih berhati-hati. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.