Sukses

Pengertian Sistem Informasi, Komponen, dan Manfaatnya di Berbagai Bidang

Liputan6.com, Jakarta Pengertian sistem informasi berkaitan dengan sistem manajerial atau pengelolaan. Menurut para ahli, pengertian sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang terorganisir.

Internet memiliki pengaruh cukup besar terhadap perkembangan dari pengertian sistem informasi. Peranannya adalah mampu menyediakan, menyimpan, hingga memberikan akses informasi yang memudahkan masyarakat luas. 

Sistem informasi memiliki beberapa komponen pendukung. Berdasarkan pengertian sistem informasi, komponennya tediri dari hardware, software, telekomunikasi, database dan data warehouses, serta sumber daya manusia dan prosedur.

Berikut Liputan6.com ulas lebih jauh tentang pengertian sistem informasi dari berbagai sumber, Rabu (14/4/2021).

2 dari 5 halaman

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Mc Leod

Pengertian sistem informasi adalah suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi.

Tata Sutabri, Kom., MM

Pengertian sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi manajerial organisasi dalam kegiatan strategis dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Erwan Arbie

Pengertian sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan dan dukungan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.

Tafri D. Muhyuzir

Pengertian sistem informasi adalah data yang dikumpulkan, diklasifikasikan, dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi entitas terkait tunggal dan mendukung satu sama lain sehingga menjadi informasi berharga bagi mereka yang menerimanya.

O’Brien

Pengertian sistem informasi adalah kombinasi dari setiap unit dikelola orang (orang), hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer dan jaringan komunikasi data (komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang yang bentuk organisasi.

Lani Sidharta

Pengertian sistem informasi adalah suatu sistem buatan manusia yang berisi serangkaian terpadu komponen – komponen dan manual bagian – komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi bagi pengguna.

Alter

Pengertian sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah perusahaan.

3 dari 5 halaman

Pengertian Sistem Informasi

Pengertian sistem informasi dapat dikatakan sebagai seperangkat komponen teknologi. Komponen dari pengertian sistem informasi ini saling terhubung untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses data, serta menyediakan informasi, pengetahuan, dan produk digital.

Kinerja berdasarkan pengertian sistem informasi, kini digunakan oleh hampir semua sektor kegiatan dalam kehidupan masyarakat. Mulai dari kegiatan perusahaan bisnis untuk menghimpun data produk dan mengelola sumber daya.

Kegiatan pengelolaan keuangan perbankan, kegiatan pemerintah untuk menyediakan akses layanan masyarakat, hingga kegiatan pendidikan dengan menyediakan berbagai informasi dan pengetahuan dalam berbagai format.

Pengertian sistem informasi biasanya mengandalkan koneksi internet. Baik untuk menyediakan, menyimpan, hingga akses informasi yang akhirnya bisa dapatkan dengan mudah oleh masyarakat. Melalui pengertian sistem informasi ini, berbagai produk digital seperti buku elektronik, produk video, permainan online hingga media sosial dapat diakses dengan mudah.

Internet mempunyai peranan penting untuk ketersediaan dan kemudahan akses informasi dari pengertian sistem informasi di masyarakat saat ini. Meskipun begitu, internet tidak berdiri sendiri melainkan didukung oleh komponen-komponen lain yang membentuk sistem informasi.

Hingga pada akhirnya berdasarkan pengertian sistem informasi ini, dapat memberikan kemudahan aktivitas sehari-hari masyarakat. Tentu saja dalam hal pengelolaan data dan informasi. Baik data dan informasi yang digunakan secara individu maupun untuk khalayak umum.

4 dari 5 halaman

Komponen Sistem Informasi

Hardware Komputer

Komponen pendukung sistem informasi pertama tidak lain adalah perangkat hardware. Hardware di sini merupakan perangkat keras yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengakses informasi. Perangkat keras ini dapat berupa komputer, tablet, hingga smartphone.

Software Komputer

Komponen pendukung sistem informasi kedua adalah software komputer. Software komputer ini juga disebut sebagai perangkat lunak, yang masih dibagi menjadi dua yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

Perangkat lunak sistem biasanya digunakan untuk mengelola perangkat keras, data, file program serta sumber daya lainnya yang dilakukan oleh pengguna untuk mendapatkan akses informasi.

Telekomunikasi

Komponen pendukung yang digunakan dalam sistem informasi berikutnya adalah telekomunikasi. Telekomunikasi di sini bertugas untuk menghubungkan sistem komputer dengan perangkat lunak atau portabel lainnya untuk mengirimkan informasi.

Telekomunikasi ini dapat berupa jaringan koneksi kabel maupun nirkabel atau tanpa kabel. Teknologi jaringan kabel biasanya berupa kabel koaksial, sedangkan koneksi nirkabel bisa didapatkan melalui transmisi gelombang mikro dan gelombang radio.

Database dan Data Warehouses

Komponen pendukung sistem informasi keempat dapat database dan data warehouses. Database ini merupakan kumpulan data yang saling terhubung sehingga dapat memberikan informasi secara lengkap dan menyeluruh. Contohnya seperti catatan karyawan atau katalog produk.

Sumber Daya Manusia dan Prosedur

Komponen pendukung sistem informasi yang terakhir adalah sumber daya manusia dan prosedur. Dalam hal ini, sumber daya manusia dapat dikatakan sebagai komponen paling penting dalam sistem informasi.

Sebab, manusia lah yang menjadi penggerak utama dalam akses sistem infomasi. Tanpa sumber daya manusia yang mumpuni akses sistem informasi tidak dapat berjalan dengan baik.

5 dari 5 halaman

Manfaat Sistem Informasi

Bidang Telekomunikasi

Jika dulunya kamu hanya bisa berkomunikasi dari mulut ke mulut, yang kadang membuat informasi yang disampaikan dari orang ke orang bisa berbeda. Kini, kamu sudah bisa menggunakan berbagai macam teknologi.

Saat orang-orang mulai mengenal surat menyurat, informasi yang didapat mungkin akurat akan tetapi membutuhkan waktu yang lama dalam penyampaiannya. Selanjutnya penemuan telegraf lalu telepon menjadi cikal bakal majunya teknologi informasi.

Bidang Bisnis

Orang-orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis tentunya sangat merasakan manfaat teknologi informasi yang terus berkembang. Kemudahan dalam berjualan bisa dirasakan pada media sosial seperti Facebook dan Instagram. Apalagi dengan banyaknya aplikasi online atau marketplace yang menawarkan berbagai fasilitas menguntungkan baik bagi penjual dan pembeli.

Bidang Kesehatan

Jika dulu pencatatan riwayat kesehatan pasien hanya ditulis dalam sebuah berkas, sekarang pencatatan juga dilakukan dan diarsipkan di komputer. Hal ini akan sangat memudahkan petugas untuk mengetahui rekam medis pasien dengan cepat. Rekam medis berbasis komputer ini meliputi data klinis pasien dari hasil pemeriksaan dokter ataupun hasil laboratorium.

Bidang Perbankan

Dulu kamu mungkin menggunakan celengan saat ingin menyimpan uang untuk menabung. Lama kelamaan banyak bermunculan perusahaan-perusahaan perbankan baik milik pemerintah maupun swasta yang menawarkan keamanan dan keuntungan dalam menabung atau menyimpan uang. Banyak sekali ATM dan mesin setor tunai yang bisa kamu jumpai di setiap sudut kota dengan layanan 24 jam nonstop.