Sukses

Anggota Keluarga Ussy Sulistiawaty Positif Covid-19, Ini 8 Faktanya

Semua bermula sejak tanggal 24 Maret 2021.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia sejak awal tahun 2020 hingga kini masih terus mengantui. Virus Covid-19 menginfeksi siapa saja dan tak pandang bulu. Tak hanya masyarakat awam, sederet rekan artis pun ada yang sudah terinfeksi virus tersebut.

Melalui laman media sosial pribadinya, artis Tanah Air yang dinyatakan positif Covid-19 membagikan tentang perjuangannya untuk sembuh. Hal tersebut tentunya menjadi pelajaran untuk masayarakat, agar lebih mematuhi protocol kesehatan agar terhindar dari virus tersebut.

Salah satu artis yang baru-baru ini membagikan cerita perjuangannya melawan Covid-19 adalah Ussy Sulistiawaty. Melalui kanal YouTube pribadinya, istri Andhika Pratama ini menuturkan bahwa ada 8 anggota keluarganya yang positif Covid-19 dan semua bermula pada tanggal 24 Maret 2021.

Setelah lebih 2 minggu, Ussy Sulistiawaty memberanikan diri untuk berbagi kisah tersebut kepada publik pada kanal YouTube keluarga Ussy bertajuk ‘BADAI ITU AKHIRNYA MENGHANTAM KELUARGA KU, 8 ORANG POSITIF’ diunggah pada 14 April 2021.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta keluarga Ussy Sulistiawaty positif Covid-19, Kamis (15/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Bermula Sejak 24 Maret 2020

Hari Selasa (23/3/2021) malam, Ussy Sulistiawaty sudah merasakan gejala-gejala yang memang identik dengan virus Covid-19. Namun saat itu Ussy masih berpikir jika gejala ringan yang dialaminya bukan karena virus melainkan dirinya hanya kelelahan dan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan ringan.

"Semua ini bermula di tanggal 24 Maret 2021, itu hari Rabu. Pada hari Selasa malam tiba-tiba aku ngerasa leher aku itu kaya gatel, tapi bukan batuk. Kaya gatal aja gitu. Aku awalnya santai gitu karena awalnya aku pikir yaudahlah aku abis makan snack-snack kali.," tutur Ussy.

Dalam video tersebut Ussy menceritakan secara jelas awal mulanya ia merasakan gejala Covid-19. Setelah malam harinya merasakan gejala batuk ringan, pada pagi harinya, Sheva anak kedua Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama batuk tiba-tiba dan membuat Ussy saat itu mulai menjadi panik. Artis berusia 39 tahun ini pun membatalkan janjinya pada hari Rabu tersebut lantaran batuk dan harus segera periksa ke dokter.

“Pas bangun paginya Rabu itu Sheva pun sama, Sheva juga batuk. Sheva batuk nah aku langsung tu deg-degan.” tambah Ussy.

3 dari 9 halaman

2. Batuk Biasa

Setelah mengetahui sang buah hati, Sheva juga batuk, Ussy Sulistiawaty dan buah hatinya langsung pergi periksa ke dokter umum. Sang dokter menuturkan bahwa Ussy hanya menderita radang sementara Sheva hanya batuk biasa.

“Waktu ke dokter, dokter bilang aku ke radang, radang tenggorokan. Terus aku tanya harus PCR gak dok, terus dokternya bilang gak perlu, minum obat aja karena tenggorokan aku emang merah. Sheva pun di dokter anak yang lain dikasih obat flu, batuk, dan lain-lain tapi enggak perlu pakai antibiotik katanya gitu karena ini batuk biasalah, batuk normal.” kata Ussy Sulistiawaty.

4 dari 9 halaman

3. Malam Harinya Sudah Tidur Terpisah

Sejak pulang dari rumah sakit, dan hanya menderita radang tenggorokan, Ussy tetap memakai masker dan pada malam harinya Ia tidur terpisah dengan Andhika, Sheva, dan Elea namun tetap berada di satu kamar.

“Malemnya itu kita udah mulai tidur pisah. Jadi bukan di tempat tidur rame-rame, jadi aku di bawah sama Saka. Sheva di atas sama Andhika sama Elea. Nah mulai malam aku mulai batuk, aku berpikir obat yang dikasih paginya itu untuk memacing batuk agar keluar” tutur Ussy.

Pada hari Kamis malam, Ussy menjelaskan bahwa Ia menderita batuk yang tak kunjung berhenti saat dirinya sedang tidur, begitu juga dengan Sheva. Pada hari Jumat paginya, Ussy kembali khawatir dan memilih untuk pergi ke dokter untuk memerika kondisi terbarunya.

5 dari 9 halaman

4. Jumat (26/3/2021) Siang Ussy Dinyatakan Positif Covid-19

Saat pergi ke dokter untuk kedua kalinya, Ussy Sulistiawaty memilih untuk melakukan PCR. Pada siang harinya tepatnya pukul 2 siang Ussy kembali menghubungi pihak rumah sakit untuk menanyakan hasil PCR.

“Tiba-tiba aku telfon dulu, aku telfon Sus sudah belum ya ini hasilnya, hasil swab PCR tadi pagi. Tiba-tiba maaf bu positif. CT nya aku waktu itu 20. Ketika aku tahu aku positif itu badan aku kaya di tarik ke bawah, kaya berat gitu badan aku.” kata Ussy.

6 dari 9 halaman

5. Ussy dan Andhika Positif Covid Setelah Tes di Lab lain

Setelah itu, Ussy memutuskan untuk melakukan tes PCR lagi di laboratorium lainnya untuk melakukan tes PCR bareng Andhika. Pada malam harinya, semua orang yang berada di rumah Ussy melakukan tes PCR termasuk anak-anak Ussy Sulistiawaty.

“Jam 2 pagi Andhika ketok-ketok, masuk bilang kita positif, di Lab yang satunya lagi.” tutur Ussy.

Tes PCR yang dilakukan pada malam harinya, yakni untuk semua anggota di rumah Ussy terdapat satu orang yang positif yang bernama Mbak

“Yang PCR malamnya itu anak-anak, mbak-mbak semuanya keluar. Satu positif namanya Mbak Nisa yang biasa megang Saka. Mbak Nisa positif, yang lainnya negatif Alhamdulillah." tambahnya.

7 dari 9 halaman

6. Hari Minggu 1 Orang Anggota Rumah Positif

Sejak Ussy dan Andhika dinyatakan positif, seluruh anggota keluarga langsung melakukan tes PCR. Namun tidak semua anggota hasilnya langsung positif karena masa inkubasi Corona Covid-19 sampai 10 hari. Pada hari minggu, tepatnya 28 Maret 2021, salah satu anggota di rumah Ussy positif Covid-19.

“Tiba-tiba si Diky gini, Mbak saya batuk, oke PCR. Jadi Diky Jumat PCR hari Minggu dia PCR lagi, dan keluar positif. Akhirnya Diky isolasi sendiri di kamar atas.” Kata Ussy.

Pada hari Senin, dua anggota di rumah Ussy positif Covid-19.

“Hari senin, tiba-riba dua orang lagi Mbak Julia sama Mbak Hani, Mbak saya batuk. Paginya antigen dulu di Lab yang sama, siangnya PCR karena aku gak yakin dan positif, dua orang lagi.” Tambah Ussy.

Pada hari Minggu tersebut, Andhika dan Sheva melakukan PCR lagi. Saat melakukan PCR pada hari Minggu tersebut, Sheva negative dan Andhika juga negatif. Pada hari Senin, Andhika melakukan tes PCR lagi dan hasilnya negatif.

“Pada hari Minggu, Sheva sama Andhika PCR dan hasilnya keluar Andhika negatif, Sheva negatif." tutupnya.

8 dari 9 halaman

7. Hari Kamis Penciuman Ussy Sudah Kembali

Ussy terus memantau kesehatannya dan perkembangannya dengan berkonsultasi ke dokter. Seminggu setelah dinyatakan positif, hari Kamis tepatnya tanggal 1 April 2021, penciuman dan indra perasa Ussy sudah kembali normal.

“Hari Senin itu aku cek paru-paru lagi dan cek darah. Darah ku udah negatif. Paru ku yang ada flek kemarin juga aman. Dokter hanya suggest beberapa bulan lagi CT Scan, dan lain-lainnya. General check up. Waktu itu aku langsung PCR. CT aku udah dari 19 apa 20, lupa udah di 28 dalam waktu 3 hari." jelas istri Andhika Pratama tersebut.

“Kamis, you know what penciuman aku kembali. Aku udah bisa nyium-nyium. Penciuman aku sudah kembali." tambahnya.

Pada hari Jumat, Ussy melakukan tes PCR lagi dan CT nya sudah 34.

“Hari Jumat aku PCR lagi, jadi 3 kali PCR. Aku PCR lagi itu CT aku udah 34. Jadi udah mau sembuh sebenarnya kan." jelas Ussy pada kanal YouTube nya.

9 dari 9 halaman

8. Hari Senin (5/4/2021) Tes PCR Seluruh Anggota Keluarga

Pada hari Senin, Ussy Sulistiawaty melakukan tes PCR seluruh anggota keluarga dan semua orang negatif, kecuali satu orang yakni Mbak Ike. Mbak Ike merupakan penjaga Saka selama Ussy dalam masa isolasi.

“Hari senin aku mau PCR. Tapi sebelum aku PCR, aku mau PCR lagi nih semua mbak-mbak di rumah lagi, dan inilah dia gaes semua negatif kecuali 1 Mbak positif, itu Mbak Ike. Mbak Ike itu yang megang Saka.” Ucap Ussy.

“Ike positif, aku negatif. Jadi aku langsung PCR aku udah keluar, senin Ike Positif, aku hari Selasanya PCR aku negatif di hari Selasa.” Kata Ussy.

Setelah Ike, Mbak yang jaga Saka positif, Saka juga dinyatakan positif Covid-19.

“Hari Senin nya, ketika Ike positif, anak-anak semua di PCR kembali, dan Saka positif." kata Ussy khawatir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.