Sukses

5 Penyanyi Ini Pernah Lupa Lirik saat di Atas Panggung, Terbaru Iis Dahlia

Liputan6.com, Jakarta Sebelum tampil di atas panggung, biasanya seorang penyanyi telah melakukan banyak persiapan sebelumnya agar dapat tampil dengan paripurna. Namun, sebagai manusia, tentu saja para penyanyi tetaplah manusia dan kadang-kadang melakukan beberapa kesalahan di atas panggung.

Beberapa kesalahan penyanyi saat di atas panggung yakni mulai dari salah lirik, salah nada, hingga kesalahan teknis seperti terpeleset dan terjatuh dari atas panggung. Kendati demikian, biasanya para penyanyi sudah memiliki caranya tersendiri untuk berimprovisasi dan menutupi kesalahan tersebut.

Baru-baru ini, pedangdut senior Iis Dahlia tengah menjadi sorotan warganet. Pasalnya, ibu dari Devano Danendra ini mengalami salah lirik saat membawakan lagu 'Ramadhan Tiba'.

Selain Iis Dahlia, berikut ini merupakan beberapa penyanyi yang pernah mengalami salah lirik, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (15/4/2021).

2 dari 6 halaman

1. Judika

Salah satu penyanyi yang mengakui bahwa ia pernah lupa lirik di atas panggung adalah Judika. Pria kelahiran 31 Agustus 1978 ini mengakui bahwa saat itu ia masih menjadi peserta di Indonesian Idol dan sedang berada di babak 125 besar.

“Ini bersejarah, tapi sejarahnya lucu. Jadi dulu dari provinsi, dari kota kita itu ada 50 besar digabung. Aku bawain dua lagu, di spektakuler aku bawain lagu 'Hampa', di 125 besar aku nyanyi satu lagu yang aku ingat banget karena aku salah-salah nyanyinya,” kata Judika dikutip dari kanal Judika Official, 13 Juli 2020.

 

3 dari 6 halaman

2. Tiara Andini

Penyanyi jebolan Indonesian Idol musim kesepuluh, yakni Tiara Andini mengaku bahwa ia pernah mengalami salah lirik ketika bernyanyi di atas panggung Indonesian Idol. Saat itu, ia membawakan lagu bertajuk 'Pamer Bojo Cendol Dawet'.

“Di Idol aku salah lirik, ‘Cendol Dawet’ itu kalian ngira enggak? ‘Cendol Dawet’ itu dari perform yang lain, itu orang paling tahu dan lagu Jawa. Aku pasti fasih kan, tapi aku salah lirik lho." Ungkap Tiara melalui kanal YouTubenya pada 28 November 2020.

Meski ia telah melakukan improvisasi, namun ia juga mengatakan bahwa ada orang-orang yang menyadari kegugupannya saat bernyanyi waktu itu.

"Tapi ada yang notice. Karena waktu itu grogi dan terlalu hype jadi tiba-tiba kayak nge-blank liriknya. Tapi sebagai penyanyi harus profesional terserah harus pakai lirik yang setelah atau sebelumnya, atau pakai bahasa sendiri,” ujar Tiara.

 

4 dari 6 halaman

3. Rossa

Dalam acara debat Calon Presiden RI keempat yang diselenggarakan di Hotel Shangrila, Jakarta Pusat pada 31 Maret 2019 lalu, Rossa berkesempatan untuk memimpin menyanyikan lagu 'Indonesia Raya'. Kendati demikian, ia mengaku begitu gugup hingga mengalami salah lirik.

Akibat kejadian tersebut, pelantun tembang 'Terlalu Cinta' ini pun langsung menyampaikan permintaan maafnya melalui akun Instagram pribadinya.

"Hari ini saya diberikan tugas besar untuk menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' dan 'Bagimu Negeri' dalam debat capres yang keempat. Tentunya itu merupakan kehormatan besar untuk saya. Namun sayangnya karena gugup, saya membuat kesalahan dalam menyanyikan satu kata dalam lagu 'Indonesia Raya' yang pastinya saya hafal di luar kepala," tulis Rossa di akun Instagramnya pada Minggu 31 Maret 2019.

5 dari 6 halaman

4. Nada Fitri

Pada saat berada di kompetisi D'Academy Asia Musim ketiga, Nada Fitri juga pernah mengalami insiden lupa lirik. Saat itu ia tengah menyanyikan lagu Sambalado milik Ayu Ting Ting bersama dengan Farez Adnan dan Putri DA 4. 

Ketika memasuki bagian reff, penyanyi asal Singapore ini sempat tak sadar apabila ia mengganti lirik lagu tersebut. Seharusnya, liriknya adalah "Sambala, sambala, bala sambalado" namun, saat itu Nada Fitri salah menyanyikan dengan, "Sambala, sambala, bala bodo,"

Kemudian setelah menyadari kesalahannya, ia pun tak dapat berkonsentrasi selama menyanyikan lagu tersebut dan menahan tertawa hingga akhir lagu.

6 dari 6 halaman

5. Iis Dahlia

Baru-baru ini, pedangdut senior Iis Dahlia tengah menjadi sorotan warganet. Pasalnya, ibu dua anak ini diketahui mengalami salah lirik ketika tampil di sebuah acara Ramadhan di televisi swasta. 

Iis Dahlia membawakan lagu bertajuk "Ramadhan Tiba" yang dipopulerkan oleh penyanyi religi Opick. Namun, ketika harusnya melantunkan lirik, "Ramadhan Tiba", Iis malah salah lirik menjadi "Marhaban Tiba." Sontak kesalahan Iis ini pun menjadi sorotan dan menuai beragam komentar dari warganet.