Sukses

16 Wisata Jawa Tengah Terpopuler yang Wajib Dikunjungi, dari Alam Hingga Budaya

Liputan6.com, Jakarta Wisata Jawa Tengah bisa menjadi tujuan utama liburan seru. Destinasi yang ditawatkan provinsi yang dikenal sebagai jantung budaya Jawa ini beragam, mulai dari alam yang indah hingga budaya yang unik.

Wisata di Jawa Tengah punya banyak pilihan, mulai dari pantai, pegunungan, hingga wisata budaya dan sejarah. Tempat wisata di Jawa Tengah ini tersebar di berbagai kota dan kabupaten yang cukup mudah dijangkau. 

Wisata Jawa Tengah terkenal dengan kekayaan alam dan budayanya. Provinsi Jawa Tengah merupakan alternatif yang sangat bagus sebagai destinasi liburan. Baik libur akhir pekan maupun libur panjang, kamu bisa mengunjungi wisata alam hingga budaya Jawa Tengah yang penuh dengan keunikan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/4/2021) tentang wisata Jawa Tengah.

2 dari 6 halaman

Wisata Jawa Tengah Terkenal

Karimunjawa, Jepara

Karimunjawa merupakan destinasi bahari terkenal di Jawa Tengah. Di sini terdapat Taman Nasional Karimunjawa yang merupakan gugusan kepulauan berjumlah 22 pulau yang terletak di Laut Jawa.

Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Wisata Jawa Tengah ini menawarkan pesona wisata laut yang amat indah. Hal ini yang membuat wisata Karimunjawa memiliki beberapa julukan dari masyarakat seperti Pulau Liburan, The Paradise of Java, dan Caribbean van Java.

Candi Borobudur, Magelang

Borobudur merupakan ikon wisata Jawa Tengah yang mendunia. Candi peninggalan Dinasti Syailendra ini sudah dikenal keeksotisannya di mata dunia. Di dalam Candi Borobudur ini kamu tak hanya menyusuri peninggalan sejarah tapi juga keindahan alam yang memesona. Tak jauh dari Borobudur dan masih berada dalam satu garis lurus, kamu juga bisa mengunjungi Candi Mendut dan Candi Pawon yang juga peninggalan Dinasti Syailendra.

Kota Lama, Semarang

Wisata Kota Lama Semarang bisa menjadi pilihan destinasi wisata di ibu kota Jawa Tengah ini. Kawasan Kota Lama Semarang merupalkan pusat perdagangan pada abad 19-20. Di tempat ini ada sekitar 50 bangunan kuno yang masih berdiri dengan kukuh dan mempunyai sejarah Kolonialisme di Semarang.

Kota Lama kini menjadi destinasi wisata Jawa Tengah yang menarik. Bangunan-bangunan khas Eropa di kawasan wisata Kota Lama Semarang masih terawat dengan baik. Kawasan seluas 31 hektare ini menjadi daya tarik wisatawan yang ingin menyusuri sejarah Semarang di masa kolonial.

3 dari 6 halaman

Wisata Jawa Tengah Terpopuler

Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

Wisata Jawa Tengah yang cukup populer selanjutnya adalah Dataran Tinggi Dieng. Tempat wisata ini menawarkan pesona alam yang sukses bikin berdecak kagum. Dieng Plateu merupakan sebuah daerah sejuk yang berada di ketinggian 2.000 mdpl.

Ada beberapa destinasi wisata di Dieng yang terkenal seperti Telaga Warna, Bukit Sikunir, dan Sumur Jalatunda. Masing-masing tempat wisata tersebut memiliki legenda yang sangat menarik.

Dataran Tinggi Dieng terletak di Wonosobo, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Wonosobo, berada di antara perbatasan kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo.

Candi Prambanan, Klaten

Candi Prambanan berada tepat di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah. Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta dan kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi ini merupakan destinasi yang populer setelah Borobudur. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti atau tiga dewa utama Hindu.

Keraton Surakarta Hadiningrat, Surakarta

Pergi ke Jawa Tengah tak lengkap jika tidak menyusuri kebudayaan Jawanya. Satu destinasi budaya dan sejarah yang tak boleh dilewatkan di Jawa Tengah adalah Keraton Surakarta Hadiningrat. Di kompleks Keraton Surakarta Hadiningrat kamu bisa menemukan bangunan-bangunan keraton berarsitektur Jawa yang masih terawat dengan baik.

Di Keraton Surakarta Hadiningrat juga terdapat museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kasunanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

4 dari 6 halaman

Wisata Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Ketep Pass, Magelang

Ketep Pass merupakan wisata Jawa Tengah yang menawarkan keindahan alam menakjubkan, karena menjadikan gunung Merapi sebagai latar belakang utamanya. Di sini kamu bisa menikmati Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Bioskop Mini yang merupakan fasilitas wisata di Ketep Pass.

Di Pelataran Panca Arga kamu bisa menyaksikan lima gunung (Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Merapi) menggunakan teropong. Ada lagi teropong lainnya, yang difungsikan untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.

Pemandangan alamnya yang memukau, menjadikan Ketep Pass sebagai destinasi yang sangat diminati. Habiskan waktu libur akhir pekanmu ke Ketep Pass yang terletak di Jalan Blabak – Boyolali, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. 

Gunung Merbabu, Boyolali

Gunung Merbabu menjadi salah satu wisata Jawa Tengah favorit para pendaki, bahkan untuk pemula. Puncak tertingginya berada di ketinggian 3.142 mdpl, yakni Puncak Kenteng Songo. Pemandangan alam di sini tentu tak perlu diragukan lagi.

Merbabu juga terkenal dengan padang sabana luas dan indah yang biasa dijadikan spot beristirahat para pengunjung. Dengan begitu, kamu bisa menikmati suasana pegunungan sekaligus berfoto di berbagai area sabana.

Puri Maerokoco, Semarang

Bagi kamu yang masih ingin mengulik budaya Jawa Tengah, kamu bisa pergi ke Puri Maerokoco. Puri Maerokoco sering disebut Taman Mini Jawa Tengah Indah. Tempat ini merupakan sebuah taman wisata yang memiliki semua rumah adat di Jawa Tengah. Di tiap rumah adat ini kamu bisa belajar masing-masing budaya yang ada di tiap aderah. Terdapat pula miniatur ikon Jawa Tengah seperti Candi Borobudur, Masjid Agung Demak, Masjid Mantingan, dan Masjid Menara Kudus.

5 dari 6 halaman

Wisata Jawa Tengah yang Unik

Kawasan Wisata Baturaden, Banyumas

Dari area Baturaden kamu bisa melihat kota Purwokerto dan juga pantai-pantai yang berada di Cilacap. Pancuran Pitu merupakan salah satu tempat favorit para pengunjung, karena ada pemandian air panas.

Tidak jauh dari situ, tepatnya di lereng gunung Slamet, tepatnya arah selatan, ada tempat wisata yang namanya Wana Wisata Baturaden. Wisata alam Jawa Tengah ini cocok buat kamu yang suka berkemah. Jarak tempat wisata ini dari Baturaden sekitar 2 kilometer saja.

Kawasan Wisata Baturaden di Banyumas ini menawarkan hutan alam berwarna hijau dengan hawa udara yang sejuk.

Gua Petruk Kebumen

Gua Petruk merupakan wisata Jawa Tengah yang tak kalah terkenalnya. Gua ini digadang-gadang sebagai salah satu gua terindah di Indonesia. Gua yang terdapat di atas bukit kapur setinggi 75 meter ini berada di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Gua Petruk memiliki panjang kurang lebih 2.000 meter, tetapi hanya bisa dijelajahi sampai batas maksimal 350 meter saja. Di tempat wisata ini kamu akan disuguhkan dengan ornamen asli pahatan alam berupa stalaktit dan stalagmite yang tersebar di sepanjang badan gua.

Stalaktit tersebut akan menjatuhkan tetesan kapur. Di gua ini juga terdapat sebuah sendang atau kolam pemandian dan air terjun.

Pantai Banyutowo, Wonogiri

Selain Karimunjawa, Jawa Tengah juga punya jajaran pantai indah di Wonogiri. Salah satu pantainya yang unik adalah Pantai Banyutowo. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yaitu airnya tidak asin. Ini karena Pantai Banyuwoto merupakan muara atau tempat pertemuan antara air tawar sungai dan air laut. Air tawar yang bersumber dari air bawah tanah ini bermuara di tepi pantai.

6 dari 6 halaman

Wisata Jawa Tengah Lainnya

Brown Canyon, Semarang

Wisata Jawa Tengah yang satu ini lokasinya di daerah Rowosari, Semarang. Brown Canyon ini dulunya merupakan tempat proyek penggalian yang sudah berumur 10 tahun lebih.

Bentuknya seperti perbukitan namun sedikit gersang, sehingga menonjolkan permukaan bebatuannya. Lokasi ini tidak disarankan bagi anak-anak, namun cocok untuk teman-teman yang berjiwa petualang dan pemburu foto alam yang menakjubkan.

Sungai Progo Atas, Magelang

Pencinta olahraga arung jeram bisa mencoba wisata Jawa Tengah ini, yaitu Sungai Progo Atas. Tempat wisata ini memiliki aliran sungai mencapai 12 kilometer. Sungai Progo Atas merupakan lokasi arung jeram yang terkenal di Jawa Tengah.

Terdapat beberapa rute arung jeram di Sungai Progo, yaitu arung jeram Sungai Progo Atas, arung jeram Sungai Progo Hulu, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Ketiga lokasi arung jeram ini ketinggiannya menawarkan sensasi yang berbeda-beda.

Pantai Pulau Panjang, Jepara

Pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Pulau Panjang. Pulau Panjang ini memiliki pasir pantai putih dan laut dangkal dengan dasar terumbu karang. Untuk mencapai pantai ini kamu perlu naik kapal dari Pantai Kartini.

Di bagian tengah pulau adalah struktur hutan tropis dengan pohon-pohon besar dan tinggi menjulang diselengi perdu dan semak yang dijadikan tempat bagi burung laut bermalam dan berkembang biak.

Buat kamu yang tertarik mengunjungi Pantai Pulau Panjang ini, bersiap untuk menikmati keindahan hutan bakau, pasir putih, dan trekking keliling pulau.

Gunung Merapi, Boyolali

Gunung Merapi merupakan gunung berapi paling aktif yang ada di Indonesia. Gunung ini berada dalam wilayah administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Gunung Merapi merupakan objek pendakian yang populer di Jawa Tengah. Jalur pendakian yang paling umum dan dekat adalah melalui sisi utara dari Sélo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.