Sukses

5 Cara Membuat Laporan pada Microsoft Word yang Baik dan Benar

Ada beberapa cara membuat laporan yang baik dan benar yang bisa Anda aplikasikan agar laporan menjadi rapi.

Liputan6.com, Jakarta Laporan adalah sebuah karya tulis yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan sebagai bukti pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas yang diberikan. Fungsi dari laporan ini bermacam-macam diantaranya sebagai bahan pertimbangan atau pengambilan keputusan. Oleh karena itu, sebuah laporan harus memuat data yang benar, objektif, dan sistematis.

Supaya mendapatkan laporan yang rapi, sebaiknya menggunakan microsoft word dalam penulisannya. Bukan hanya membuat laporan tersebut menjadi rapi, Anda juga akan dimudahkan dalam membuat laporan dengan menggunakan micorosoft word.

Dengan pembuatan laporan yang sistematis dan runtun, laporan menjadi mudah dipahami dan dibaca. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara membuat laporan di word yang tepat. Berikut ini penjelasan mengenai cara membuat laporan yang baik dan benar yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (15/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Struktur Laporan

Dalam membuat laporan pertanggungjawaban berbagai kegiatan, buatlah dengan baik dan benar. Berikut ini ialah struktur laporan yang runtut di microsoft word. 

1.  Membuat Cover

Pada bagian awal laporan buatlah cover yang menunjukan nama pembuat laporan, judul laporan dan keterangan singkat lainnya. Sehingga penerima laporan bisa mengetahui apa gambaran laporan tersebut. Berikut ini ialah struktur laporan di word yang bisa Anda ikuti.

  1. Buka file microsoft word dari laporan yang akan atau sudah dibuat.
  2. Klik menu Tab Insert dan klik cover page.
  3. Pilih tampilan cover yang sesuai dengan kebutuhan, untuk makalah formal biasanya menggunakan tampilan konservatif.
  4. Setelah itu, edit sesuai dengan judul, nama dan informasi yang dimiliki

2.  Kata Pengantar

Bagi mahasiswa maupun siswa yang membuat laporan, buatlah kata pengantar singkat sebelum masuk ke pembahasan. Kata pengantar ini akan membuat pembaca memahami laporan apa yang Anda buat.

3.  Daftar Isi

Hal yang cukup penting dalam membuat laporan ialah membuat daftar isi. Dengan adanya daftar isi, pencarian isi laporan yang penting akan mudah dilakukan. Berikut cara membuat daftar isi di word.

  1. Buka menu references dan pilih table of contents, pilih format yang sesuai dengan kebutuhan.
  2. Atur style tulisan pada setiap judul bab menjadi heading 1 dan subbab menjadi heading 2 dengan cara memblok tulisan dan pada menu styles dan pilih heading.
  3. Setelah diberi heading kemudian beri nomor halaman yakin pilih menu insert klik header & footer kemudian pilih page number.
  4. Setelah itu kembali ke halaman daftar isi lalu klik update table.
  5. Selesai, jika nanti ada perubahan yang terjadi pada halaman Anda hanya perlu melakukan update table.

4.  Pendahuluan

Kini saatnya Anda masuk ke bab pendahuluan yang menjelaskan apa tujuan dan juga latar belakang dari laporan yang dibuat. Pada bagian pendahuluan terdapat beberapa sub bab yang harus dibuat. Untuk membuat laporan semakin rapi menggunakan fasilitas break yang memudahkan Anda. Dengan fasilitas ini, ketika ada perubahan isi laporan maka bab selanjutnya berada pada halaman yang benar dan tidak bergeser.

Caranya ialah dengan klik menu insert - break pada bagian dokumen yang ingin diberi section baru. Kemudian pada pilihan section break type pilih jenis section yang diinginkan.

5.  Pembahasan

Pembahasan atau juga bisa disebut sebagai isi, merupakan bagian inti dari laporan yang Anda buat. Di bagian ini, sebisa mungkin jelaskan secara detail dan mencakup unsur 5W + 1H.

6.  Penutup

Penutup biasanya berisi kesimpulan tentang kegiatan dan laporan yang telah Anda buat. Anda bisa menuliskan ringkasan tentang hal-hal yang telah Anda paparkan sebelumnya pada bagian ini. Selain kesimpulan, Anda juga bisa menambahkan saran untuk para pihak terkait atau kendala yang Anda alami selama kegiatan berlangsung.

7.  Lampiran

Bagian terakhir merupakan lampiran. Lampiran adalah halaman yang memuat berbagai dokumentasi tentang kegiatan yang telah Anda lakukan. Dokumentasi tersebut dapat berupa foto atau gambar, tabel, surat, dan sebagainya. Lampiran tersebut nantinya akan mewakili kelengkapan laporan yang Anda buat.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Laporan yang Baik dan Benar

1.  Memilih topik

Cara membuat laporan yang pertama adalah memilih topik. Topik dalam hal ini bisa ditentukan oleh guru, dosen atau pihak lainnya, bisa juga merupakan topik yang Anda pilih sendiri untuk melakukan sebuah penelitian atau kegiatan. Jika Anda memilih topik secara sendiri, usahakan untuk memilih topik yang Anda kuasai. Jika topik sudah ditentukan oleh guru atau dosen, pastikan untuk memahami syarat dan ketentuan yang telah diberikan.

2.  Melakukan penelitian atau kegiatan

Cara membuat laporan yang selanjutnya dalah melakukan penelitian atau kegiatan. Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya adalah melakukan sebuah penelitian atau kegiatan yang sesuai dengan topik tersebut. Selain melakukan penelitian atau kegiatan, Anda juga harus mencari berbagai referensi yang berhubungan dengan topik yang Anda pilih. Hal tersebut nantinya akan membantu dalam menulis dan melengkapi isi dari laporan yang akan Anda buat.

3.  Buat kerangka laporan

Cara membuat laporan yang selanjutnya adalah membuat kerangka laporan. Setelah kedua hal di atas telah dilakukan, sekarang saatnya untuk membuat kerangka laporan. Kerangka laporan berisi sekumpulan gagasan utama yang menggambarkan inti dari laporan yang telah Anda buat. Pembuatan kerangka ini bertujuan untuk mempermudah pengaturan dan penyusunan laporan yang akan Anda buat.

4.  Mulai menulis laporan

Cara membuat laporan yang selanjutnya adalah mulai menulis laporan. Ketika menulis laporan, terapkan struktur laporan yang baik dan benar. Mulailah menulis dari bagian pendahuluan sampai dengan penutup. Untuk menulis laporan, gunakanlah kalimat yang jelas serta berdasarkan data dan fakta yang ada. Perhatikan juga format laporan jika sebelumnya telah ditentukan oleh guru atau dosen Anda.

5.  Menyunting Laporan

Cara membuat laporan yang berikutnya adalah menyunting laporan. Setelah selesai menulis laporan, jangan lupa untuk mengeceknya terlebih dahulu. Perhatikan setiap kalimat dan kata. Perhatikan apakah terdapat kesalahan penulisan atau kesalahan ejaan. Jika terdapat kesalahan, segera sunting bagian tersebut agar laporan bisa segera Anda publikasikan, baik itu dikumpulkan dalam bentuk cetak (hardcopy) atau file (softcopy).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini