Sukses

6 Cara Membungkus Kado Simpel dan Mudah, Ada yang Pakai Kain

Liputan6.com, Jakarta Cara membungkus kado pasti dibutuhkan siapa saja. Semua orang suka hadiah. Kado yang dibungkus dengan rapi dan cantik akan membuatnya makin istimewa.

Cara membungkus kado juga bisa memberi kesan pertama yang baik untuk penerimanya. Cara membungkus kado tak perlu menggunakan metode rumit yang malah membuat bungkusan terlihat berlebihan. Dengan cara membungkus kado simpel, hadiah akan terliihat cantik.

Cara membungkus kado simpel ini sangat mudah dilakukan dan tak akan merepotkanmu. Kamu bisa menggunakan cara membungkus kado ini untuk berbagai keperluan acara. Berikut 6 cara membungkus kado simpel, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (16/4/2021).

2 dari 7 halaman

Cara membungkus kado simpel tanpa selotip

Kebanyakan tip dan teknik membungkus kado membutuhkan satu alat serbaguna, selotip. Tetapi apa yang harus kamu lakukan jika tidak memiliki selotip atau lem untuk merekatkan kertas? Kamu masih bisa membungkus kado tanpa bantuan selotip. Cara membungkus kado simpel tanpa selotip ini menggunakan teknik melipat sederhana.

Berikut cara membungkus kado simpel tanpa selotip, dirangkum dari Martha Stewart:

1. Ukur seluruh lebar kotak, tambahkan sekitar dua inci; tandai dengan pensil. Potong kelebihan kertas.

2. Letakkan kertas pembungkus secara diagonal dalam bentuk belah ketupat; pusatkan kotak di tengah. Untuk memastikan kotak berada pada posisi yang benar, ambil sudut atas kertas pembungkus dan geser perlahan ke atas kotak. Sesuaikan posisi kotak untuk memastikan bahwa bagian atas tertutup seluruhnya oleh kertas.

3. Ambil sudut bawah kertas kado dan letakkan di atas kotak. Gerakkan jari di sepanjang lipatan kanan bawah untuk membuat lipatan yang halus.

4. Dengan tangan kiri memegang kertas di tempatnya, gunakan tangan kanan dan jari telunjuk untuk perlahan melipat sisi kanan kertas ke dalam. Pegang kertas di tempatnya dengan tangan kanan, ulangi untuk sisi kiri.

5. Pegang bungkus kado di tempatnya dengan tangan kiri dan gerakkan ke atas. Gerakkan jari di sepanjang dua lipatan atas untuk membuat lipatan.

6. Ambil bagian atas kertas kado dan lipat ke bawah.

7. Ambil sudut atas yang kamu lipat di atas kotak dan selipkan ke slot bawah. Lipat dengan rapi untuk mengamankannya di tempatnya.

 

3 dari 7 halaman

Cara membungkus kado simpel klasik

Cara membungkus kado simpel selanjutnya adalah menggunakan cara pembungkusan yang klasik. Cara ini membuat bungkusan kado terlihat rapi dan cantik. Kamu hanya memerlukan kertas kado, selotip, dan pita sebagai pemanis. Berikut cara membungkus kado simpel klasik, dirangkum dari Countryliving:

1. Tempatkan kotak menghadap ke bawah di atas bungkus kado, biarkan kertas menempel pada gulungan. Gunakan gunting untuk memotong kertas di satu sisi, buatlah lembaran yang cukup lebar untuk menutupi kedua sisi kotak.

2. Sambil berdiri di sisi meja yang sama dengan gulungan, tarik kertas dengan kencang ke atas dan melewati ujung kotak. Rekatkan dengan selotip dua sisi, dan lipat kertas di sepanjang tepi kotak dengan ibu jari dan telunjuk.

3. Buka gulungan kertas dan bawa hingga bertemu dengan ujung yang sudah terbungkus. Potong kertas dari gulungan, sisakan satu inci overhang. Lipat inci itu ke bawah dan lipat di sepanjang lipatan. Rekatkan menggunakan selotip dua sisi.

4. Dorong sisi kertas ke dalam, buat empat lipatan sudut 45 derajat, lalu lipat di sepanjang tutupnya.

5. Lipat tutup atas. Lipat tajam di sepanjang bagian atas kotak, lalu lipat lagi di tempat pertemuan kertas dengan tepi bawah kotak. Potong kertas di sepanjang lipatan bawah itu. Patuhi kotaknya.

6. Lipat di bawah sisa kertas pada penutup bawah sehingga sejajar sempurna dengan bagian atas kotak. Tempelkan selotip dua sisi ke tutup bawah, lalu lipat ke atas tutup atas dan rekatkan.

7. Ulangi langkah empat sampai enam pada ujung kotak yang tersisa. Selesaikan semua sisi dengan menjalankan ibu jari dan telunjuk yang terjepit di sepanjang tepi untuk membuat garis tajam.

8. Letakkan kotak yang dibungkus menghadap ke bawah dengan panjang pita (kira-kira lima kali lebih panjang dari kotak). Tarik ujung pita ke atas dan bawa ujung kanan ke kiri. Tarik lebar-bijak sehingga menyilang.

9. Balikkan kotak. Kamu harus memiliki dua ujung pita dengan panjang yang sama. Masukkan setiap ujung di bawah pita yang sudah terpasang, seperti yang diperlihatkan.

10. Ikat pita dua kali, lalu ikat menjadi pita sederhana. Gunakan jari untuk membentuk lingkaran.

11. Jepit ujung pita memanjang dan potong pada sudut 45 derajat untuk membuat ujung bercabang, seperti yang ditunjukkan. Kado sudah siap!

 

4 dari 7 halaman

Cara membungkus kado simpel bentuk amplop

Kita sering membeli voucher hadiah, uang, perhiasan, dan barang-barang kecil untuk diberikan sebagai hadiah tetapi kita tidak tahu bagaimana cara membungkusnya dengan baik. Untuk barang-barang kecil, kamu bisa menggunakan teknik membungkus berbentuk amplop. Berikut cara membungkus kado simpel bentuk amplop, dirangkum dari Yodomo:

1. Potong kertas menjadi persegi, tergantung pada ukuran objek, dan tempatkan pola menghadap ke bawah pada permukaan. Lipat kedua sisi vertikal kira-kira 1 cm / ½ inci, pastikan kedua sisi lurus, sehingga lebar kertasnya sama.

2. Lipat di dua sudut atas untuk membuat titik tengah. Ini akan menjadi amplop.

3. Selanjutnya, lipat di tepi bawah untuk membentuk kantong amplop.

4. Lipat kembali kertas ke luar dan tambahkan selotip dua sisi ke lipatan dalam kedua sisi vertikal.

5. Lipat kembali tepi bawah ke dalam untuk membentuk bentuk kantung, dan tempelkan di tempatnya.

6. Letakkan hadiah di dalam saku, lalu segel titik tengah dari dua sudut atas dengan selotip dua sisi untuk membentuk flap.

7. Terakhir, tambahkan selotip dua sisi ke alas dan tempelkan ke bawah. Tambahkan pita dan dekorasi / label apa pun dengan mengikatnya menjadi simpul sederhana.

8. Kado yang cantik sudah siap.

5 dari 7 halaman

Cara membungkus kado simpel dengan kain 1

Membungkus kado tak harus menggunakan kertas. Kamu bisa memanfaatkan kain seperti scarf untuk membungkus kado. Cara membungkus kado ini pastinya akan menjadikan hadiah lebih istimewa dan unik. Berikut cara membungkus kado simpel dengan kain, dirangkum dari BHG:

1. Tempatkan kado secara diagonal di tengah selembar kain persegi. Pastikan tepi kemasan tegak lurus dengan tepi kain. Lipat sudut kiri bawah kain ke atas dan melewati sisi kado.

2. Sambil menahan sudut kiri bawah di tempatnya, bungkus sudut kanan atas di atas hadiah dan tahan di tempatnya. Lipat kain di sepanjang tepi kanan kado dan tarik tepinya kencang saat menekan bagian atas kado dengan tangan yang lain.

3. Bawa ujung terlipat kanan ke atas hadiah dan tahan. Ulangi proses di sisi kiri. Ikat ujungnya menjadi pita klasik untuk mengamankan kain. Jika salah satu sudut kain tidak terselip, kencangkan dengan selotip ganda.

6 dari 7 halaman

Cara membungkus kado simpel dengan kain 2

Cara membungkus kado dengan kain juga bisa dibuat dengan bentuk lain. Bentuk ini cukup simpel dan sangat mudah untuk dibuat. Berikut cara membungkus kado dengan kain, dirangkum dari BHG:

1. Tempatkan hadiah secara diagonal di tengah selembar kain persegi. Bawa sudut kiri bawah ke sisi berlawanan dari paket. Namun alih-alih melipat sudut di bawah hadiah, lipatlah bagian bawahnya sehingga tepi yang terlipat sejajar persis dengan tepi paket. Ulangi dengan sudut yang berlawanan.

2. Lipat dan lipat kain di setiap ujungnya seperti yang dilakukan pada kertas. Dekatkan kedua ujungnya ke tengah. Trik untuk langkah ini adalah dengan selalu meletakkan tangan di atas hadiah agar kain di sekitar bagian tengah hadiah tidak menjadi longgar.

3. Silangkan satu ujung ke ujung lainnya, tarik dengan erat. Alih-alih mengikat simpul, silangkan ujungnya satu sama lain lagi untuk membentuk simpul. Kencangkan simpul agar kain tetap di tempatnya.

7 dari 7 halaman

Cara membungkus kado simpel bentuk paper bag

Cara membungkus kado yang sangat simpel adalah bungkusan berbentuk paper bag. Cara membungkus kado ini cocok untuk jenis hadiah dengan berbagai bentuk mulai dari boneka, pakaian, bola, makanan, tas, dan banyak lagi. Bahan yang digunakan pun juga sederhana dan mudah ditemukan. Berikut video cara membungkus kado tanpa kotak berbentuk paper bag dari Kanal YouTube Little Things: