Sukses

Paket Wisata Pulau Mandeh Sumatera Barat, Destinasi Laut yang Memesona

Liputan6.com, Jakarta Paket wisata Pulau Mandeh menjelma sebagai salah satu destinasi yang populer dan banyak dicari beberapa tahun belakangan. Hal ini tidak terlepas dari keindahan alam yang ditawarkannya. Bahkan Pulau Mandeh ini disebut sebagai Raja Ampat-nya Sumatera Barat.

Berlokasi tidak terlalu jauh dari Kota Padang, kamu bisa mengunjungi Pulau Mandeh ini lewat jalur darat. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan di air maupun di darat dengan berfoto di spot-spot yang memiliki pesona sangat menawan. 

Paket wisata Pulau Mandeh menawarkan pesona alam laut yang sangat menawan. Beberapa pulau di wisata Pulau Mandeh ini memiliki berbagai keunikan tersendiri. Kamu bisa menikmati pemandangan alam dari ketinggian dan menyeberang dari pulau ke pulau untuk menikmati alam dan pantainya dengan melakukan berbagai aktivitas menarik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/4/2021) tentang paket wisata Pulau Mandeh.

2 dari 5 halaman

Paket Wisata Pulau Mandeh Sumatera Barat

Paket wisata Pulau Mandeh Sumatera Barat makin terkenal karena semakin banyak orang yang tertarik dengan keindahannya. Tidak saah tempat ini disebut sebagai Raja Ampatnya Sumatera Barat dengan keindahannya yang tiada tara.

Lokasi wisata Pulau Mandeh ini ada di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan. Berjarak sekitar 56 km dari pusat Kota Padang, kamu bisa ke lokasi wisata Pulau Mandeh ini dengan menempuh waktu sekitar 2 jam perjalanan darat. Ada beberapa pilihan jalan darat yang bisa kamu pilih dengan pemandangan yang berbeda-beda.

Setelah sampai di Pelabuhan, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan kapal atau boat. Kamu bisa berangkat dari Pelabuhan Bungus, Teluk Bayur, atau dari Teluk Tarusan.

Untuk jam berwisata ke Pulau Mandeh, kamu bisa datang kapan saja. Biaya masuk pun tidak ada alias gratis. Kamu hanya perlu membayar saat melakukan berbagai aktivitas seru yang ditawarkan di sana nantinya.

Paket wisata Pulau Mandeh bisa kamu lihat di berbagai situs yang menawarkan perjalanan. Kamu tinggal memilih perjalanan seperti apa yang kamu inginkan, destinasi mana saja yang ingin dikunjungu, dan menimbang biaya paket wisata Pulau Mandeh tersebut berdasarkan waktu liburanmu.

3 dari 5 halaman

Destinasi Paket Wisata Pulau Mandeh Sumatera Barat

Puncak Mandeh

Salah satu destinasi wisata Pulau Mandeh yang sangat terkenal adalah Puncak Mandeh. Jika kamu ingin menikmati pemandangan indah yang tidak kalah dengan Raja Ampat di Papua, Puncak Mandeh inilah tempatnya.

Paket wisata Pulau Mandeh Sumatera Barat tentunya belum lengkap tanpa ke Puncak Mandeh ini. Tempat wisata di Kabupaten Pesisir Selatan ini merupakan area khusus untuk menikmati keindahan alam wisata Pulau Mandeh dengan pemandangan laut dan pulau-pulau.

Keindahan teluk yang berhiaskan pulau-pulau kecil akan terlihat sempurna dari ketinggian ini. Puncak Mandeh juga dikenal memiliki pesona sunset-nya yang tak kalah indah dari lokasi wisata lainnya di Indonesia. Menikmati sunset di Puncak Mandeh tentunya juga akan menjadi pemandangan yang sempurna.

Pulau Cubadak

Pulau Cubadak sering disebut dengan Pulau Surga atau Paradiso Village. Hal ini tentunya karena keindahan alamnya yang sangat memesona. Pulau Cubadak Padang adalah surga bagi para pencinta diving dan snorkeling. Kondisi perairan yang tenang, bersih, dan jernih membuat panorama bawah laut di pulau ini menarik untuk dieksplorasi.

Pulau Cubadak sebagian besar dipenuhi hutan lebat. Ini membuat udara di Pulau Cubadak masih segar dan jauh dari polusi. Pulau Cubadak memiliki beragam aktivitas yang menyenangkan. Mulai dari diving, snorkeling, berlayar, ski air, banana boat, hingga canoeing bisa kamu lakukan.

Pembeda Pulau Cubadak dengan pulau lain pada paket wisata Pulau Mandeh adalah keberadaan penginapan ramah lingkungan. Dengan mengusung tema tradisional, semua bangunan penginapan di pulau ini dibangun dengan bambu dan kayu serta atap yang terbuat dari daun palem.

4 dari 5 halaman

Destinasi Paket Wisata Pulau Mandeh Sumatera Barat

Pulau Sironjong Gadang

Pulau Sironjong Gadang merupakan salah satu destinasi paket wisata Pulau Mandeh yang terkenal. Hanya memerlukan 15 menit perjalanan perahu dari Pulau Setan, kamu sudah sampai di Pulau Sironjong Gadang.

Di wisata Pulau Mandeh satu ini, kamu bisa melakukan kegiatan snorkeling karena menawarkan karang yang indah dan biota laut berwarna-warni. Tidak akan sulit menemukan Ikan Nemo di spot snorkeling dan diving ini. Kamu juga tentunya dapat melihat beragam ikan-ikan eksotis lainnya yang enak dipandang.

Menikmati pemandangan bawah laut yang indah tentunya menjadikan liburanmu menjadi semakin berwarna. Namun, kamu harus hati-hati karena di spot ini terdapat banyak koral berwarna warni bertebaran dengan kedalaman sedang. Jangan sampai menginjak dan mematahkan terumbu karang.

Cliff Jumping di Pulau Sironjong Ketek

Wisata Pulau Mandeh satu ini menawarkan pengalaman yang sangat menarik, yaitu Cliff Jumping. Pulau Sironjong Ketek ini hanya berjarak 5 menit dari Pulau Sironjong Gadang. Tidak kalah menawan, di pulau ini pengunjung dapat melihat rimbun pepohonan hijau berjejer sepanjang pantai bahkan sampai ke bukit.

Selain itu pulau ini juga sangat bersih dengan beragam biota laut yang masih terjaga. Spot cliff jumping di Sironjong Ketek ini menjadi daya tarik tersendiri. Kamu dapat merasakan sensasi terjun bebas dari atas tebing dengan ketinggian 15 meter yang tentunya memacu adrenalin. Namun, setelah menceburkan diri dari ketinggian 15 meter, perasaan penat dengan rutinitas sehari-hari dijamin akan menghilang.

Tidak hanya melakukan cliff jumping, kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti memancing, snorkeling melihat keindahan bawah laut, camping, hingga olahraga air.

5 dari 5 halaman

Destinasi Paket Wisata Pulau Mandeh Sumatera Barat

Pulau Setan

Destinasi paket wisata Pulau Mandeh yang harus dikunjungi selanjutnya adalah Pulau Setan atau Pulau Sutan. Di pulau ini, kamu bisa hiking hingga ke puncak bukit untuk menikmati pemandangan laut dan tentunya sangat instagramable untuk berfoto.

Kamu hanya perlu menyeberang selama 30 menit dengan perahu dari Dermaga Tarusan ke Pulau ini. Menikmati pasirnya yang putih dan lembut dapat menghilangkan penat kamu saat berlibur ke sini.

Sebelum melanjutkan perjalanan ke pulau selanjutnya, kamu bisa mencoba kegiatan main air di sekitar Pulau Setan ini. Di sini kamu bisa main speedboat, memancing, atau naik banana boat.

Pulau Kapo Kapo

Destinasi paket wisata Pulau Mandeh berikutnya adalah Pulau Kapo-Kapo yang menawarkan pantai yang sejuk. Hal ini disebabkan karena banyaknya pepohonan yang asri di sini.  

Selain itu, adanya penginapan gaya tradisional menambah ketertarikan wisatawan untuk ke pulau ini. Apalagi ditambah dengan kuliner laut dan kuliner lokal lainnya yang menggugah selera.

Kamu bisa menikmati sunset dari penginapan dan melakukan kegiatan bermain air di laut. Perairan di sekitar pulau sangat jernih dan menyegarkan. Kamu bisa berenang, bermain air, atau melakukan snorkeling di beberapa spot di Pulau Kapo-kapo.

Air Terjun Gemuruh

Wisata Pulau Mandeh satu ini biasanya dikunjungi paling akhir setelah bermain air di Pulau Setan dan snorkeling di sekitar Pulau Cubadak. Sebelum kembali ke dermaga Tarusan, kapal bisa singgah ke air terjun di Sungai Gemuruh ini. Lokasi air terjun menyusuri hutan mangrove sekitar 15 menit. Kamu bisa mandi dengan air yang jernih sekalian bilas badan bekas air asin saat bermain di pantai sebelumnya.