Sukses

5 Tips Aman Jalani Puasa Ramadan Bagi Penderita Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Seperti tahun lalu, ibadah puasa Ramadan tahun ini dilaksanakan masih dalam suasana pandemi Covid-19. Ada beberapa orang yang telah terinfeksi Covid-19 ini, dari beberapa orang tersebut telah digolongkan sesuai dengan gejala yang dialami.

Beberapa ilmuan mengatakan bahwa bagi pasien Corona yang ingin menjalankan ibadah puasa harus memperhatikan kondisi tubuh masing-masing. Jika merasa tak kuat, tidak masalah untuk tidak berpuasa dan jangan memaksakan diri. 

Mereka yang tergolong pasien Covid-19 ringan dan bisa bergerak, maka tak masalah apabila pasien OTG tetap berpuasa. Namun mereka harus konsumsi makanan sehat dan cukup air mineral. Hal ini untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat. Jika yang OTG masih diperbolehkan untuk berpuasa, berbeda halnya dengan pasien Corona yang bergejala ringan, mereka tidak disarankan untuk berpuasa.

Hal ini karena ketika tubuh terinfeksi virus, dalam hal ini Covid-19 akan terjadi perlawanan pada saat terjadi infeksi. Tubuh memerlukan asupan energi yang banyak untuk melawan penyakit tersebut. Untuk itu, dibutuhkan asupan makanan sehat dan air mineral yang cukup.

Berikut ini sejumlah tips aman jalankan puasa bagi penderita Corona yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu 18 April 2021.

2 dari 6 halaman

1. Asupan makanan sehat

Tips menjalankan puasa yang aman bagi pasien Covid-19 yang pertama adalah memperhatikan asupan makanan sehat yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah, dan makanan yang mengandung sehat yang tinggi lainnya. Hal ini agar menjaga imunitas tubuh tetap kuat sehingga tubuh tidak gampang lemas dan mengalami gejala seperti demam, flu dan lain sebagainya.

3 dari 6 halaman

2. Tidur cukup

Tips menjalankan puasa yang aman bagi penderita covid-19 selanjutnya adalah tidur yang cukup. Pasien dengan gejala ringan dianjurkan untuk istirahat yang cukup selama menjalankan ibadah puasa. Untuk durasi tidaunya sendiri lebih baik minimal tujuh jam setiap harinya. Tidur adalah proses restoratif yang terutama penting ketika tubuh melawan virus.

4 dari 6 halaman

3. Berhenti merokok

Tips menjalankan puasa yang aman bagi pasien Covid-19 adalah berhenti merokok. Covid-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan dan dapat menyebabkan infeksi paru yang akut. Merokok ada bukti yang menunjukkan kalau perokok bisa terkena dampak parah dari Covid-19. Saat merokok, tangan akan lebih sering bersentuhan dengan bibir. Ini dapat meningkatkan risiko terjadinya perpindahan virus dari tangan ke mulut, apalagi jika tangan tidak sering-sering dicuci.

Ditambah lagi, paparan asap dari rokok tembakau maupun aerosol dari rokok elektrik dapat melemahkan saluran pernapasan dan mengurangi kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan kuman, termasuk virus Corona. Hal ini membuat perokok lebih mudah mengalami infeksi. Untuk itu, kita harus menghentikan kebiasan ini agar seabagi penderita Covid-19 dapat menjalankan puasa dengan aman dan sehat.

5 dari 6 halaman

4. Rutin Berolahraga

Tips menjalankan puasa yang aman bagi penderita Covid-19 selanjutnya adalah rutin berolahraga. Bagi mereka yang pasien yang masuk kategori Covid-19 ringan dan bisa bergerak tetap harus berolahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh. Beberapa penelitain mengungkapkan bahwa orang yang rutin berolahraga lebih jarang terserang penyakit dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga.

Hal ini disebabkan karena ketika anda berolahraga, kinerja sel darah putih akan terangsang. Sel darah putih ini yang berfungsi sebagai antibodi untuk melawan berbagai jenis kuman yang masuk kedalam tubuh. Olahraga dipercaya dapat membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru yang memungkinkan tubuh terkena gejala flu dan penyakit lainnya.

Ketika olahraga, suhu tubuh juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat menghambat bakteri untuk berkembang dalam tubuh, dan dengan suhu tubuh yang meningkat juga dapat membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, dengan aktif berolahraga juga dapat mengurangi hormon stress di tubuh dan memperbanyak hormone endorfin yang berguna untuk sebagai obat penghilang sakit alami dan penyenang suasana hati atau hormon bahagia.

6 dari 6 halaman

5. Konsumsi Air Mineral yang cukup

Tips menjalankan puasa yang aman bagi penderita Covid-19 selanjutnya adalah jangan lupa untuk mengonsumsi air mineral yang banyak. Seiring dengan pola makan sehat dan olahraga teratur, hal lain yang tak kalah penting adalah memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ini penting, karena tubuh kita mengandung sekitar 75 persen air.

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari, minum cukup cairan juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tetap terhidrasi sangat penting, bahkan ketika tubuh dalam kondisi sakit.

Itulah beberapa tips menjalankan puasa yang aman bagi penderita Covid-19, namun jika kondisi dirasa tidak memungkinkan untuk berpuasa maka Anda dapat membatalkannya dan bisa menggantinya setelah bulan Ramadan dengan catatan kondisi tubuh sudah benar-benar sehat dan telah dinyatakan negatif oleh tenaga medis kesehatan.