Sukses

12 Cara Move On Terbaik dari Mantan Kekasih, Ini Penjelasan Pakar Psikologi

Liputan6.com, Jakarta Cara move on terbaik dari mantan kekasih yang paling utama adalah menerima. Hubungan asmara tak selalu berjalan mulus dan baik-baik saja, ini normal. Selalu ada saja perkara yang tidak bisa diselesaikan dengan diskusi dan kesepakatan.

Berakhirnya sebuah hubungan asmara tak mungkin tak menyisakan luka di antara keduanya. Percayalah, dia yang menginginkan pergi pun sedang mencari cara move on terbaik dari mantan kekasih.

Bila dia terpikirkan tiba-tiba dan mengoyak seluruh pertahananmu, tips dari pakar Psikologi penulis buku How to Fix a Broken Heart, Guy Winch adalah pastikan kenangan yang muncul di benak tidak berat sebelah. Cara move on terbaik dari mantan kekasih ini berlaku untuk kedua belah pihak saat hubungan sudah tak bisa diperbaiki lagi.

Selain hal-hal yang sudah disebutkan, masih ada cara move on terbaik dari mantan kekasih yang bisa dijadikan pilihan. Berikut Liputan6.com ulas cara move on terbaik dari berbagai sumber, Senin (19/4/2021).

2 dari 7 halaman

Cara Move On Terbaik dari Mantan Kekasih

Berhenti Mencari Tahu

Ketika sebuah hubungan harus berakhir, cara move on terbaik dari mantan kekasih bisa diwujudkan jika kamu berhenti mencari tahu. Baik secara langsung atau lewat media sosial. Bagi sebagian orang, cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah memblokir seluruh akun sosial medianya.

Bila tidak mengetahui kabarnya, kamu bisa mengurangi kepedulian terhadap apa yang dilakukannya dan bisa benar-benar move on. Stalking mantan melalui sosial media hanya akan membuat kamu semakin terikat dengannya. Hindari untuk melakukan hal tersebut hingga hatimu sendiri yang mengatakan untuk berhenti.

Mencari Kesibukan

Mulailah menyibukkan diri sebagai cara move on terbaik dari mantan kekasih. Saat berada dalam kesendirian dan tidak melakukan aktivitas apapun inilah justru pikiran akan terus memutar ingatan dan kenangan saat bersama dia. Jangan membiarkan dirimu berada dalam kesendirian dalam waktu yang lama.

Bila memang kamu merasa harus menyendiri, lakukanlah sesuatu dan jangan biarkan dirimu tidak melakukan hal apa-apa. Kamu bisa mencoba cara move on terbaik dari mantan kekasih dengan menghabiskan waktu dengan membaca, menonton film, mendengarkan musik, atau hal yang lebih bermanfaat seperti mengerjakan tugas-tugas dan kewajiban.

Terus sibukkan diri sendiri dengan melakukan berbagai macam aktivitas yang membuat kamu tidak sempat memikirkan diri sendiri atau tidak melakukan apapun atau melamun. Kamu bisa melakukannya dengan kumpul-kumpul bersama teman-teman, melakukan hobi yang kamu sukai, berjalan-jalan di mal atau taman, berkumpul bersama keluarga.

3 dari 7 halaman

Cara Move On Terbaik dari Mantan Kekasih

Seimbangan Kenangan

Setelah putus, pasti kita masih teringat mantan. Cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah menyeimbangkan kenangan. Guy Winch, psikolog yang menulis buku How to Fix a Broken Heart mengingatkan agar setiap kenangan yang muncul di dalam benak tidak berat sebelah.

"Kamu perlu memastikan setiap pikiran tentang mantan tetap realistis dan tidak berat sebelah," jelasnya seperti dilansir Independent.

Cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah tidak perlu terus-terusan mempertanyakan kenapa hubungan kalian berakhir. Ini hanya akan membuatnya terus-terusan menjadi tokoh utama di dalam hidupmu. Terima saja kenyataan apa adanya.

Hindari Menuruti Harat

Boleh saja mengganti gaya rambut, mencari pasangan baru, atau melakukan hal-hal yang belum pernah kamu bayangkan sebelumnya. Tapi lakukan cara move on terbaik dari mantan kekasih itu saat kondisi mentalmu sudah stabil.

Mulailah mengenali semua perasaan Anda, terutama yang impulsif, gelap, dan marah. Cobalah untuk tidak mewujudkannya menjadi tindakan bila sudah mengenalinya.

Termasuk untuk melakukan perubahan dramatis terhadap penampilan seperti potong pendek atau mewarnai rambut atau tato tidak disarankan. Nanti akan ada waktunya untuk penampilan baru ketika diri sendiri sudah merasa lebih stabil.

4 dari 7 halaman

Cara Move On Terbaik dari Mantan Kekasih

Berhentilah Berharap

Kini saat yang tepat untuk menyudahi harapanmu. Cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah akhiri semua khayalan demi kebaikanmu sendiri. Butuh ketegasan dari dalam diri untuk berhenti berharap.

Cinta yang bertepuk sebelah tangan pada dasarnya tidak sehat untuk hati dan perasaanmu. Maka dari itu, pilihan yang paling bijak dan terbaik untukmu saat ini adalah berhenti membuat harapan kosong yang hanya akan menyakiti hatimu.

Bila memang kenyataan ini membuatmu sedih, maka cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah izinkan dirimu bersedih tapi dalam batas secukupnya saja. Tak usah berlebihan sebab ada hari-hari yang lebih baik yang harus disambut ke depannya.

Perbaiki Kualitas Hidup

Terkadang kita terlalu memaksakan diri mencintai orang yang belum tentu mencintai kita, sampai lupa kalau kita juga perlu mencintai diri kita sendiri. Cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah kini saatnya menyadari untuk lebih mencintai diri sendiri.

Berbahagialah dengan semua anugerah hidup yang dipunya saat ini. Syukuri setiap detik waktu yang masih mengizinkan kita bernapas dan tersenyum. Cinta bertepuk sebelah tangan hanyalah sebuah fase dalam hidupmu yang sifatnya hanyalah sementara.

Semoga ke depannya ada cinta yang lebih baik untukmu. Semua luka dan pengalaman pahit ini biarlah jadi pembelajaran yang penting dalam hidup kita untuk menyadarkan kembali bahwa ada prioritas-prioritas yang lebih penting untuk dipenuhi saat ini.

5 dari 7 halaman

Cara Move On Terbaik dari Mantan Kekasih

Evaluasi Hubungan

Cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah melakukan evaluasi hubungan. Tuliskan apa yang telah kamu dapat dari hubungan selama ini. Membuat daftar apa yang telah kamu pelajari dari suatu hubungan tidak hanya memperkuat alasan mengapa kamu tidak cocok dengannya, tetapi membantu memberi kamu gambaran yang lebih baik tentang jenis pasangan yang paling cocok denganmu.

Habiskan waktu tersendiri untuk merefleksi diri sehingga kamu dapat menemukan apa sebenarnya yang tidak kamu sukai dari mantan. Bertanyalah pada dirimu sendiri apakah si dia membuatmu menjadi seseorang yang bukan dirimu? Atau apa alasan yang membuatmu membencinya?

Jalin Pertemanan Baru

Terkadang, kesulitan melupakan sosok mantan itu dikarenakan mereka yang baru putus berkeputusan untuk menyendiri dan menghindar dari publik atau keramaian.

Suasana sunyi dan sepi umumnya membuat seseorang semakin sedih perasaannya karena pikiran pasti terfokus khususnya pada kondisi putus cinta dan tidak ada orang lain yang bisa menyemangatinya.

Cara move on terbaik dari mantan kekasih, sangat disarankan untuk berkenalan dengan orang-orang baru. bersosialisasi dengan orang baru akan membuat pikiran teralihkan dan juga lebih terbuka akan hal baru yang pastinya jauh lebih menarik untuk dibicarakan.

6 dari 7 halaman

Cara Move On Terbaik dari Mantan Kekasih

Ungkapkan dengan Curhat

Cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah cari sahabat terbaikmu untuk curhat. Menceritakan kisah perpisahanmu bisa menjadi salah satu cara pelepas stress usai putus, terutama jika kamu curhat dengan sekelompok orang yang juga telah mengalami pengalaman serupa.

Tetapi jika itu terus menjadi satu-satunya topik pembicaraan selama berminggu-minggu sesudahnya, itu bisa merusak proses move on kamu lho. Ceritakan kisahnya sekali saja pada teman curhatmu. Lalu minta saran apa yang harus kamu lakukan agar bisa cepat move on.

Jangan Menghubungi

Cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah jangan menghubunginya kembali. Untuk menenangkan perasaan Anda, cobalah buat jarak di antara Anda dan mantan gebetan Anda.

Menghubungi mantan gebetan, meskipun hanya sekedar menanyakan kabar, dapat menumbuhkan kembali kenangan Anda dan menghalangi usaha Anda untuk move on. Oleh karena itu, hindari untuk menyentuh kontak mantan gebetan di ponsel atau media sosial Anda.

Juga, jangan membalas pesannya muncul di layar ponsel Anda. Jika perasaan Anda sudah tenang dan biasa saja, baru Anda bisa menjalin pertemanan dengan orang tersebut.

7 dari 7 halaman

Cara Move On Terbaik dari Mantan Kekasih

Hindari Lagu Galau

Cara move on terbaik dari mantan kekasih adalah menghindari lagu-lagu galau. Secara tidak sadar, mungkin Anda suka mendengarkan musik yang sesuai dengan suasana hati Anda.

Namun, ketika Anda sedang patah hati, jangan dengarkan lagu yang juga mendukung perasaan Anda. Agar move on Anda berhasil, dengarkan lagu-lagu ceria atau yang bertempo cepat untuk mengembalikan mood dan semangat Anda.

Inilah saatnya kamu menekuni dan sibuk dengan hobimu sebagai cara move on terbaik dari mantan kekasih. Kamu bisa traveling kalau kamu hobi jalan-jalan, hunting foto atau menulis sebuah buku.

Berpikir Positif

Memiliki pikiran positif akan berdampak hal positif juga, setuju? Yap, memikirkan hal positif dari hubungan asmara yang kamu jalani akan membuahkan hasil yang positif, walaupun hubungan harus kandas di tengah jalan.

Cara move on terbaik dari mantan kekasih dengan berpikiran positif, akan memperlihatkan sisi lain dari putus cinta kamu dengan si ‘dia’. Sebagai contoh, biasanya kamu dan pasangan sering bertengkar bahkan ribut karena permasalah kecil.

Tentu hal itu membuat mood kamu drop kan. Nah, sisi baiknya jika putus, kamu tidak bertengar lagi sama si dia dan hal itu bisa menyehatkan pikiran. Cara move on terbaik dari mantan kekasih ini wajib banget dipraktikkan.