Sukses

Cara Membuat Label Undangan 103 di Microsoft Office Word dengan Cepat dan Mudah, Bisa Dipraktikkan Sendiri

Beberapa cara membuat label undangan 103 dengan menggunakan word dan office yang mudah.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat label undangan 103 di Ms. Word memang terbilang penting untuk diketahui agar dapat dipraktikan sendiri, apabila sedang membutuhkannya dalam kondisi tertentu. Ketika membuat nama dan alamat pada kartu undangan agar lebih praktis maka biasanya akan menggunakan kertas label. Kertas label adalah kertas khusus langsung tempel pada kartu undangan tanpa harus dilem terlebih dahulu layaknya kertas stiker.

Selanjutnya agar hasilnya lebih rapi, biasanya penulisan pada kertas label harus diprint. Namun untuk print nama dan alamat pada kertas label polos memerlukan keahlian khusus. Maka supaya nama dan alamat yang kita print bisa tepat mengenai kertas label, perlu untuk memahami terlebih dahulu cara membuat label undangan 103 beserta cara print yang tepat agar hasiilnya pun akan memuaskan.

Berikut penjelasan mengenai cara membuat label undangan 103 menggunakan microsoft office word yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berabagi sumber, Senin (19/4/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Label Undangan 103 Menggunkan Microsoft Word

Umumnya label undangan yang sering digunakan adalah nomor 103 dan 121. Dalam 1 lembar kertas label biasanya terdiri dari 12 label, artinya dalam 1 lembar label stiker kita bisa menempelkan label sebanyak 12 kartu undangan. Selain Office Word yang akan digunakan untuk membuat label undangan 103, kita juga memerlukan Office Excel. Office Word yang bisa kita gunakan untuk membuat label undangan otomatis adalah Office Word 2007, 2010, 2013, dan 2016. Berikut langkah-langkah cara membuat label undangan 103 antaranya :

1. Cara membuat label undangan 103 yang pertama adalah mengaktifkan Office Word kemudian klik pilih Ribbon Mailings > Labels > Options.

2. Ketika jendela Label Options sudah aktif, selanjutnya klik pilih lagi New Label.

3. Lalu pilih pengaturan manual Label Type 103, sebab label ini sering digunakan untuk menempelkan label kartu undangan. Berikut adalah penjelasan dari setiap kolom label details diatas :

a. Label name : isi dengan nama label yang akan Anda buat.

b. Top margin : batas jarak dari pinggir atas kertas sampai pinggir label bagian atas juga.

c. Side margin : batas jarak dari pinggir samping kertas sampai pinggir label bagian samping juga.

d. Vertical pitch : ukuran tinggi label ditambah jarak vertikal antara label kesatu dengan label kedua.

e. Horizontal pitch : ukuran lebar label ditambah jarak horizontal antara label kesatu dengan label kedua.

f. Label height : ukuran tinggi dari masing-masing label.

g. Label width : ukuran lebar dari masing-masing label.

h. Number across : jumlah kolom label (Label type 103 memiliki 3 kolom).

i.  Number down : jumlah baris label (Label type 103 memiliki 4 baris).

j.  Page size : disini Anda pilih Custom.

k. Page width : ukuran lebar kertas label secara kesuluruhan.

l.  Page height : ukuran tinggi kertas label secara kesuluruhan.

4. Setelah Anda isi semua kolom sesuai dengan ukuran nyata dari kertas label stiker yang akan kita print, silakan klik Ok. Selesai klik Ok, akan dihadapkan pada jendela Label Options, silakan klik Ok lagi.

5. Kemudian pada jendela Envelopes and Labels, Anda klik pilih New Document.

3 dari 4 halaman

Membuat Data Label Kartu Undangan Menggunakan Office Excel

Sampai langkah ini Anda sudah sukses membuat format label undangan jenis 103. Langkah selanjutnya adalah membuat data yang akan kita print pada label kartu undangan. Berikut langkah-langkahnya.

1. Untuk membuat data kita memerlukan program Office Excel. Silakan Anda buat dulu data yang akan diundang dengan Office Excel. Data yang kita perlukan disini adalah nama dan alamat saja. Setelah selesai membuat data, jangan lupa untuk menyimpannya.

2. Selesai membuat data di Office Excel, kembali ke halaman Office Word. Di Office Word dan masih pada pengerjaan label tadi silakan Anda klik pilih Ribbon Mailings > Select Recipients > Use Existing List.

3. Arahkan pada data Office Excel yang tadi telah kita buat. Contoh data Office Excel yang telah dibuat diberi nama “Data Undangan“, lalu klik Open.

4. Pada jendela Select Table Anda pilih lagi Sheet lokasi penyimpanan data yang telah diketik di Office Excel. Contoh penyimpanan pada Sheet 1, maka otomatis disini saya memilih Sheet1$ kemudian klik Ok.

5. Kembali ke layar kerja Office Word, kemudian Anda tempatkan kursor pada kolom pertama (sudut kiri atas) lalu klik pilih Ribbon Mailings > Insert Merge Field > Pilih drop down Nama.

6. Pada layar kerja atau pada kolom label pertama otomatis akan muncul tulisan «Nama». Kemudian Anda Enter dan lanjut dengan mengetik kata DIEnter kembali lalu ulangi langkah diatas namun pada drop down silakan pilih Alamat.

7. Langkah selanjutnya silakan copy seluruh data dari kolom label kesatu dan paste ke kolom label kedua.

8. Sekarang letakkan kursor pada kolom label kedua, tepatnya di sebelum kata «Nama». Kemudian klik pilih Ribbons Mailings > Rules > Next Record. Hasilnya secara otomatis akan muncul kata «Next Record» di sebelum kata «Nama»

9. Silakan isi kolom label lainnya (kolom label ketiga hingga selesai) dengan melakukan copy data dari kolom label kedua lalu paste pada kolom label ketiga, keempat, kelima, dan seterusnya hingga kolom label terakhir atau dua belas.

10. Sekarang atur perataan text pada semua kolom label serapi mungkin. Disini Anda juga dapat menentukan jenis serta ukuran huruf (font) sesuai selera.

11. Langkah selanjutnya adalah mengisi format label tersebut dengan dari Office Excel yang telah kita buat tadi. Untuk mengisi datanya kita lakukan secara otomatis. Caranya dari Ribbons Mailings > Finish & Merge > Pilih drop down Edit Individual Documents.

12. Ketika jendela Merge to New Document tampil, silakan klik pilih All kemudian Ok.

13. Secara otomatis seluruh data undangan yang telah kita buat tadi di Office Excel akan masuk pada label undangan yang kita buat di Office Word. Apabila data undangan yang kita buat di Office Excel cukup banyak maka biasanya akan menyebabkan “Not Responding”. Namun Anda jangan khawatir, tunggu saja dulu beberapa saat dan nanti semua data akan ter-export secara otomatis kedalam label undangan di Office Word.

4 dari 4 halaman

Tips Penting Ketika Mencetak atau Print Out Label Undangan

Supaya hasil cetak label undangan sesuai dengan keinginan, pastikan sebelum Anda mencetak label untuk mengatur dulu ukuran kertas dan disesuaikan dengan ukuran label yang telah dibuat. Melakukan pengaturan kertas bisa dilakukan dengan cara berikut ini :

1.    Setelah memberikan perintah Ctrl+P kemudian klik pilih dulu Properties.

2.    Kemudian sesuaikan ukuran kertas dengan nilai Page width serta Page height yang telah kita atur pada langkah pembuatan label jenis 103 diatas.

3.    Lalu klik OK untuk selanjutnya dapat Anda print.

Itu tadi cara membuat label undangan 103 beserta tips penting saat mencetak label undangan 103 yang dapat Anda terapkan dan praktikkan sendiri. Dengan cara ini Anda lebih menghemat pengeluaran jika harus mengerjakannya dengan menggunakan tenaga ahli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.