Sukses

Aksi Bupati Langsung Beri Bantuan Desa ke Warga Secara Terbuka Ini Jadi Sorotan

Liputan6.com, Jakarta Memiliki sifat yang terbuka memang sangat diperlukan bagi seorang pemimpin daerah. Apalagi menyangkut dengan sikap transparan saat membagikan bantuan dana bagi masyarakat. Hal ini pula yang nantinya akan menumbuhkan rasa percaya masyarakat kepada pemimpin daerah.

Baru-baru ini beredar luas di media sosial yang memperlihatkan seorang bupati di Papua yang justru begitu transparan saat membagikan bantuan dana desa. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @profesorfilsuf, pada Minggu (18/4/2021) memperlihatkan seorang bupati Yahukimo yang tengah membagikan dana bantuan daerah secara langsung.

Dalam video tersebut juga terlihat adanya tumpukan uang yang disediakan untuk warganya. Tumpukan uang tersebut sendiri terlihat dijaga pula oleh beberapa orang serta bisa langsung disaksikan oleh para warga yang berkumpul di tengah lapangan.

Pada video berdurasi 5 menit 28 detik tersebut sang bupati juga menyebutkan jika uang yang dibawanya akan langsung diserahkan kepada masyarakat di sembilan desa.

"Jadi uang-uang ini itu harus distribusi ke sembilan district di sini ke sembilan wilayah," ujar sang bupati dalam video yang diunggah akun @profesorfilsuf, Senin (19/4/2021).

2 dari 3 halaman

Menekankan tidak boleh ada potongan bantuan

Aksi sang bupati yang membagikan bantuan secara langsung ini pun menarik perhatian banyak netizen. Bupati Yahukimo juga turut berpidato dengan menekankan jika semua uang yang dibagikan tidak boleh dipotong lagi untuk alasan apapun.

"Uang ini, tidak boleh ada yang memotong potong lagi. Kami administrasinya ada lengkap! Ini ada petunjuk dan semua harus sesuai dengan petunjuk ini," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Netizen berikan apresiasi

Mengetahui adanya bupati yang langsung memberikan bantuan tanpa adanya pemotongan ini pun mendapatkan banyak apresiasi dari para netizen. Tak sedikit pula netizen yang memberikan pujian hingga turut berharap agar banyak pimpinan daerah melakukan hal serupa dengan tidak adanya pemotongan bantuan untuk alasan-alasan administrasi dan sebagainya.

"Beruntunglah kalian mendapat pemimpin yang sprt beliau!!" tulis akun @aj_yusuf.

"Super keren ternyata masih ada pemimpin yang jujur Allohuakbar" tulis akun @liaamanah1181.

"pemimpin yang memahami perasaan rakyatnya. Kepercayaan adalah no 1" ujar akun @alamiergallery.

"Pemimpin nya ga maruk, Pemimpin yg takut dosa. Pemimpin yg sayang rakyat." ujar akun @tsabitaku2.