Sukses

Daftar Wisata di Solo Low Budget Terfavorit, dari Alam Hingga Budaya

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Solo menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin menikmati budaya jawa peninggalan Kesultanan Mataram dan pesona alam yang menakjubkan. Walaupun tidak memiliki wilayah yang luas, Solo merupakan daerah strategis yang mudah diakses. Pasalnya, terdapat banyak pilihan akomodasi yang bisa digunakan apabila Anda ingin berkunjung ke Solo.

Selain kental akan budaya jawanya, Solo juga menyimpan banyak objek wisata alam dan sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata di Solo yaitu Keraton Surakarta Hadiningrat, air terjun Jumog, dan daerah Tawangmangu yang mempu menarik para wisatawan untuk berkunjung kembali.

Selain keramah tamahan orangnya dan budaya jawa yang masih kental, biaya liburan yang murah menjadi salah satu alasan utama mengapa wisata di Solo nampak selalu ramai dikunjungi. Meskipun terbilang low budget, pesona wisata alam dan budayanya tak kalah menarik dengan wisata yang berbayar.

Penasaran wisata apa sajakah itu? Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, wisata di Solo terfavorit yang wajib Anda kunjungi, Senin (19/4/2021).

2 dari 6 halaman

Wisata Alam Air Terjun Jumog dan Kebun Teh Kemuning

1. Air Terjun Jumog

Tempat wisata di Solo yang berbau alam ialah air terjun Jumog. Air terjun ini dapat dikatakan sebagai surga tersembunyi dan dijamin Anda akan takjub dengan pemandangannya. Terletak di lereng gunung lawu, tentunya air terjun ini sangat dingin dan sejuk sekali.  Air terjun ini dilengkapi dengan fasilitas jungkat-jungkit, gazebo, ayunan, kolam buatan, warung jajan, dan sebagainya. Untuk tiket masuknya sendiri hanya Rp. 5000 per orang.

2. Parang Ijo

Masih berada di kawasan Ngargoyoso, Anda juga bisa menemukan surga tersembunyi di air terjun Parang Ijo. Air terjun Parang Ijo mengalir pada dinding tebing-tebing yang sangat hijau. Airnya yang jernih dan segar mampu memberi relaksasi tersendiri. Tiket masuk lokasi ini Rp 5.000 di hari biasa dan Rp 7.500 di hari libur.

3 dari 6 halaman

Wisata di Solo Suguhkan Alam Pegunungan

3. Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning berada di Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Tempat wisata alam di Solo ini bisa ditempuh 1 jam perjalanan atau sekitar 41 km dari pusat kota Solo. Kebun Teh Kemuning menawarkan hamparan perkebunan teh di pegunungan yang hijau dan asri. Di sini Anda akan merasakan hawa pegunungan Lawu yang sejuk dan segar.

Perkebunan teh yang sudah ada sejak masa kolonial ini kini menjadi destinasi wisata favorit di Solo. Di sepanjang jalan Kemuning terdapat hamparan kebun teh yang bisa disinggahi wisatawan. Beberapa warga sekitar mengelola perekebunan teh ini sebagai tempat wisata dengan menambahkan bangku dan spot-spot menarik untuk disingggahi. Anda bisa masuk ke spot wisata ini dengan membayar retribusi mulai dari Rp 5.000. Beberapa spot kebun teh bahkan masih gratis untuk ditelusuri.

4. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan atau yang juga dikenal dengan Bumi Perkemahan Sekipan merupakan area perkemahan yang terletak di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Karanganyar. Objek wisata ini bisa ditempuh dengan jarak 42 km dari pusat Solo atau sekitar 1 jam perjalanan. Untuk dapat masuk ke Bumi Perkemahan Sekipan Anda cukup membayar Rp 7.500 per orang. Jika ingin berkemah, dikenakan tarif Rp 10.000 per malamnya.

Area ini berada pada ketinggian 1.100 meter dari permukaan laut. Selain sebagai tempat berkemah, Sekipan juga menjadi ajang penelitian jenis tanaman hutan dan edukasi alam. Bagi Anda yang tak ingin berkemah, Anda bisa menikmati kesejukan pohon pinus yang menjulang tinggi dan suasana pegunungan yang menenangkan. Terdapat pula miniatur rumah rumbia yang instagramable.

4 dari 6 halaman

Wisata Alam Waduk

5. Waduk Cengklik

Selain pegunungan tempat wisata di Solo yang tak kalah menarik adalah danau buatan atau waduk. Waduk Cengklik adalah pilihan tepat karena tak jauh dari pusat Kota Solo. Waduk ini terletak di Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, tak jauh dari Bandara Adi Soemarmo.

Waduk ini dibangun semasa pemerintahan Mangkunegaran. Waduk ini bisa dijadikan tempat bersantai dari hiruk pikuk kota. Menikmati matahari terbenam adalah andalan dari pesona waduk ini. Untuk masuk ke sini Anda cukup membayar Rp 4.000 per orang.

6. Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur berada di kabupaten Wonogiri atau sekitar 44 km dari pusat Kota Solo. Waduk ini mulai dibangun pada akhir tahun 1976-1981. Fungsi utama waduk ini adalah sebagai pengendali banjir dari Sungai Bengawan Solo. Untuk masuk ke area wisata ini kamu cukup menyiapkan uang Rp 10.000 untuk hari Senin-Sabtu dan Rp 12.000 khusus di hari Minggu.

Waduk Gajah Mungkur juga dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi menarik. Tersedia speedboad untuk mengelilingi waduk seluas 8.800 Hektar ini. Terdapat pula beragam objek rekreasi seperti kebun binatang mini, naik gajah, hingga menikmati olahan ikan air tawar hasil tangkapan nelayan.

5 dari 6 halaman

Wisata Geologi yang Menakjubkan

7. Candi Ceto

Ketika datang ke Candi Ceto yang terletak di Karanganyar ini, Anda akan mengira bahwa ini mirip dengan Pura Lempuyangan yang berada di Pulau Dewata. Candi ini berarsitektur Hindu dan Nusantara. Berada di ketinggian 1496 mdpl, menjadikan candi ini sebagai salah satu candi tertinggi di Inonesia.

Banyak wisatawan yang berfoto di gapura ini dengan berlatar belakang langit biru dan awan putih, seakan seperti di gerbang menuju langit ke tujuh. Tempat wisata di Solo ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati alam, budaya, hingga berfoto-foto. Untuk tiket masuknya sendiri sebesar Rp. 7.000 per orang.

8. Goa Gong

Bagi yang ingin melihat alam dalam pesona yang berbeda, cobalah datang ke Goa Gong. Di sini, Anda akan melihat stalaktit dan stalagmit kokoh yang tersebar di setiap sudut gua. Tak hanya itu, pemandangan dalam gua pun diperindah dengan cahaya lampu berwarna-warni. Konon, nama “gong” dipilih karena di dalam gua kerap terdengar suara menyerupai gong.

Meski menawarkan pesona alam yang amat cantik, keberadaan Goa Gong tergolong cukup jauh dari Kota Solo. Setidaknya, Anda perlu menempuh sekitar 140 kilometer untuk sampai di Desa Bomo, Punung, Pacitan. Agar lebih puas menjelajahinya, sebaiknya bawalah kamera pribadi. Dengan begitu, Anda bisa mengabadikan seluruh pesona alam Goa Gong.

6 dari 6 halaman

Wisata di Solo Berupa Budaya yang Bersejarah

9. Keraton Surakarta Hadiningrat

Tempat paling terkenal di Solo ialah Keraton Surakarta Hadiningrat yang merupakan tempat bersejarah yang menyimpan berbagai budaya kerajaan yang masih berjalan hingga sekarang.

Ada beberapa peraturan yang harus Anda taati ketika berkunjung kesini, dan semua itu harus ditaati karena lingkungan keraton sangat dijaga. Anda dapat berkunjung di hari Senin hingga Kamis pada pukul 09.00 hingga 14.00.

10. Pura Mangkunegaran

Wisata di Solo yang satu ini juga memiliki nama lain yaitu Museum Rekso Pustaka. Wisata ini cukup populer lantaran sajian wisata sejarah mengenai abdi dalem Keraton Surakarta sejak dahulu yang dapat dinikmati. Pura Mangkunegaran ini berlokasi di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

Itulah daftar wisata di Solo yang low budget yang Wajib Anda kunjungi saat ke Solo. Tak ada salahnya untuk meluangkan waktu bersama teman atau keluarga untuk sekedar melepas penat di hari libur.