Sukses

22 Wisata di Jakarta Paling Hits dan Instagramble, Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Jakarta bisa dijadikan alternatif liburan penghilang penat. Selain menghilangkan penat, berbagai tempat wisata Jakarta ini juga cocok dijadikan destinasi untuk liburan bersama keluarga, karena juga menawarkan edukasi.

Berbagai tempat wisata terkenal yang letaknya di Jakarta bisa kamu kunjungi menggunakan berbagai macam transportasi umum yang telah ada. Sehingga kamu tidak perlu lagi menyewa kendaraan untuk pergi ke destinasi yang kamu inginkan tersebut.

Wisata di Jakarta terdiri dari wisata budaya dan sejarah, alam, belanja, hingga modern. Museum-museum yang antik dan penuh dengan pembelajaran, serta monumen yang ikonik tentunya dapat menjadikan liburan kamu menyenangkan bersama keluarga.

Apalagi hal ini masih ditambah dengan hiburan seru dan menyenangkan yang ditawarkan wisata modern. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/4/2021) tentang wisata di Jakarta.

2 dari 7 halaman

Wisata di Jakarta yang Paling Terkenal

Monumen Nasional

Tempat wisata di Jakarta yang pertama tentunya adalah Monumen Nasional, atau yang lebih dikenal dengan nama Monas. Monas merupakan salah satu ikon di Jakarta. Bangunan setinggi 32 meter tersebut awalnya dibangun untuk mengenang para pahlawan yang telah berjasa melawan para penjajah.

Monas memiliki mahkota lidah api yang terbuat dari lapisan emas murni. Monas dibangun pada tanggal 17 Agustus tahun 1961 di era Presiden Soekarno. Monas selesai dan diresmikan pada tanggal 16 Juli 1975 dan masih kokoh hingga saat ini. Tiket masuk Monas bisa dibeli dengan harga Rp 30.000.

Dengan tiket tersebut kamu bisa mengunjungi museum di dalamnya atau melihat Jakarta dari atas Monas. Kamu juga bisa mempelajari sejarah bangsa Indonesia di sini. Monas buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore. Namun, setiap hari Senin terakhir di setiap bulannya, pelayanan akan ditutup untuk umum.

Kawasan Kota Tua Jakarta

Selain tempat nongkrong, Kota Tua juga menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Ketika berkunjung ke Jakarta jangan lupa mampir ke Kota Tua karena selain tempatnya bagus untuk berfoto, kota tua juga sarat akan nilai sejarah.

Kota Tua terletak di Jakarta Pusat, wilayah utara. Waktu yang pas untuk datang ke wisata di Jakarta ini adalah menjelang sore. Di kawasan Kota Tua Jakarta, berdiri cukup banyak bangunan bersejarah. Sebut aja Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, hingga Museum Bank Mandiri.

Mendatangi Kawasan Kota Tua, kamu bisa berkunjung ke banyak museum. Wajar kalau salah satu tempat wisata di Jakarta Pusat ini menjadi tujuan hemat dan praktis untuk wisata edukasi.

Taman Mini Indonesia indah (TMII)

TMII dibangun pada era Presiden Soeharto. Wisata di Jakarta ini terletak di Cipayung, Jakarta Timur. Harga tiket masuk ke gerbang utamanya hanya dibanderol sekitar Rp 6.000 – Rp 10.000 saja, tergantung kendaraan apa yang kamu gunakan. Kemudian setiap wahananya ditarif dengan kisaran harga Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

Salah satu bangunan yang menjadi ikon TMII adalah gedung teater IMAX yang berbentuk seperti keong. Biasanya film yang diputar adalah film yang berjudul Keong Mas dan Tanah Airku.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan dikenal sebagai salah satu kebun binatang yang paling lengkap di Indonesia. Hal ini karena di tempat tersebut terdapat 300 spesies binatang, yang disertai dengan papan penjelasan spesies tersebut. Selain sebagai tempat refresing, Ragunan juga bisa menjadi tempat edukasi anak-anak. Tiket masuk ke kebun binatang ragunan dan menaiki beberapa wahana di sana, kurang lebih Rp 20 ribu saja.

3 dari 7 halaman

Wisata di Jakarta Rumah Ibadah dan Pemakaman

Masjid Istiqlal

Selanjutnya, ada Masjid Istiqlal yang berlokasi di Jakarta Pusat yang merupakan tempat ibadah umat Islam. Tempat ini juga berfungsi sebagai wisata religi yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar negeri yang beragama Islam.

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas sekitar 200,000 orang, menara setinggi 90 meter, dan diameter kubah selebar 45 meter. Banyak wisatawan asing yang suka datang ke Masjid Istiqlal dengan tujuan mempelajari Islam.

Gereja Katedral

Tempat wisata di Jakarta Pusat selanjutnya adalah Gereja Katedral. Gereja Katedral yang beralamat di Jalan Katedral no 7B, Jakarta Pusat ini terkenal karena desainnya yang bergaya eropa pada masa lalu. Selain terbuka untuk umatnya, Gereja Katedral juga terbuka bagi siapa saja yang ingin mengunjungi.

Banyak wisatawan, dan rombongan anak sekolah yang datang berkunjung ke gereja yang memiliki suasana tenang dan damai ini. Gereja Katedral sangat terawat dengan baik, membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta Pusat dengan bangunan yang paling indah.

Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti merupakan kompleks pemakaman kolonial Belanda di Jalan Tanah Abang I No 1. Meski begitu, kamu tak perlu merasa takut karena pemakaman di Jakarta Pusat ini tidak terkesan seram. Berbagai batu nisan besar bertuliskan bahasa Belanda di sini ditata sedemikian rupa, sehingga menciptakan pemandangan yang cantik.

Tidak hanya itu, di sela-sela batu nisan juga terdapat patung bergaya Eropa yang masih terawat. Dibangun pada 1795, kabarnya wisata Jakarta ini disebut sebagai pemakaman modern tertua di dunia. Cocok bagi kamu yang senang hunting foto di tempat-tempat unik.

4 dari 7 halaman

Wisata di Jakarta Pendidikan

Museum Nasional

Mengunjungi museum memang dapat menjadi pilihan wisata di Jakarta Pusat yang menyenangkan. Salah satu museum yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Nasional. Kamu akan diperkenalkan 160 ribu benda-benda yang punya nilai sejarah. Mulai dari koleksi prasejarah, arkeologi masa klasik atau Hindu-Buddha, hingga warisan budaya dan sejarah lainnya.

Walau dinamakan Museum Nasional, museum ini juga dikenal dengan nama Museum Gajah. Untuk masuk ke Museum Nasional. Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 2.000 hingga Rp 10.000 saja.

Museum Nasional terletak di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Kota Jakarta Pusat, Jakarta. Buka dari Selasa–Jumat pukul 08.00–16.00 WIB dan Sabtu–Minggu pukul 08.00–17.00 WIB.

Planetarium

Destinasi wisata di Jakarta selanjutnya adalah Planetarium. Planetarium terletak di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Tempat ini merupakan salah satu wahana simulasi langit. Harga tiket masuk ke planetarium dibanderol sekitar Rp 7.000 saja untuk orang dewasa dan Rp 3.500 untuk anak-anak. Jam operasional planetarium buka pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 13.00 WIB.

Setu Babakan

Salah satu kawasan konservasi budaya betawi di Jakarta, Setu Babakan wajib untuk kamu kunjungi. Di kawasan ini, kamu bisa mempelajari lebih dalam tentang budaya dan kultur Betawi yang kental.

Di Setu Babakan, kamu bisa mengenal budaya betawi, menikmati suasana danau/setu babakan, dan juga berbagai kuliner khas betawi. Wisata di Jakarta ini cocok untuk liburan bersama keluarga pelepas penat.

Rumah Si Pitung

Salah satu wisata di Jakarta Utara ini wajib masuk dalam daftar tempat yang harus kamu kunjungi bersama keluarga. Rumah panggung bergaya Betawi, berwarna cokelat tersebut sering disebut oleh penduduk lokal sebagai Rumah Si Pitung. Tiket masuk ke Rumah Si Pitung juga murah saja. Tempat ini buka pada pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

5 dari 7 halaman

Wisata di Jakarta dengan Keindahan Alam

Kepulauan Seribu

Kepulaun Seribu merupakan salah satu wisata di Jakarta yang banyak dikunjungi oleh turis lokal hingga turis mancanegara. Di sana kamu bisa mengunjungi berbagai macam pulau, di antaranya Pulau Tidung, Pulau Macan, Pulau Bidadari, dan masih banyak lagi.

Kamu akan melihat pasir putih dan laut biru, dan terhidar dari hiruk pikuk Jakarta. Kalau ingin mengunjungi tempat ini, caranya gampang. Langsung saja cari agen wisata Jakarta yang menawarkan paket wisata ke Kepulaun Seribu dengan biaya murah.

Ekowisata Mangrove

Jakarta selalu identik dengan bangunan bertingkat tinggi. Di balik kemegahan bangunan tersebut, terdapat sebuah wisata Jakarta yang alam banget yaitu Kawasan Ekowisata Mangrove di Jalan Pantai Indah Utara, Jakarta Utara.

Kamu bisa menjelajah hutan bakau sambil menyusuri danau dengan perahu sewa. Sambil menikmati pemandangan, siapkan kamera untuk membidik objek-objek foto menarik di wisata Jakarta ini.

Pantai Ancol

Jika kamu ingin menghabiskan waktu dengan keluarga bermain pasir pantai sembari melihat matahari terbenam, maka Pantai Ancol adalah jawabannya. Harga tiket masuk ke wisata di Jakarta ini sekitar Rp 25.000. Hal inilah yang membuat Pantai Ancol ini menjadi salah satu tempat murah yang banyak diminati warga Jakarta.

6 dari 7 halaman

Wisata di Jakarta Modern

Dufan

Dunia Fantasi Ancol yang dikenal dengan nama Dufan merupakan wisata di Jakarta yang wajib kamu kunjungi. Di sini terdapat berbagai wahana permainan yang bisa dinikmati bersama keluarga. Tempatnya berada di area Taman Impian Jaya Ancol, jadi kamu bisa sekalian mengunjungi berbagai tempat wisata lain yang ada di area ini.

Ocean Ecopark

Ocean Ecopark ini merupakan salah satu wisata di Jakarta yang sering digunakan untuk mengadakan konser. Baru-baru ini ada program baru yang bernama ecofishing. Hanya dengan Rp 25.000 saja, kamu sudah mendapatkan umpan untuk memancing ikan apa saja sepuasnya. Ada berbagai macam wahana yang bisa kamu coba. Selain itu, untuk kamu yang hobi belanja, bisa mampir di eco-market yang menyediakan berbagai macam barang.

Sea World

Sea World Ancol adalah salah satu wisata di Jakarta yang sangat terkenal. Di sini kamu dapat melihat berbagai jenis ikan yang seperti hiu, ikan piranha, maupun ikan pari. Kamu dapat berekreasi sekaligus belajar disana.

Perjalanan menyusuri wisata di Jakarta ini akan semakin mengesankan karena tempat ini difasilitasi dengan terowongan air. Pengunjung akan merasakan sensasi keindahan yang mengagumkan ketika melihat berbagai jenis ikan seperti di bawah laut.

Museum Macan

Museum Macan merupakan sebuah museum seni dengan berbagai karya seni instalasi bernuansa modern kontemporer yang unik. Wisata di Jakarta ini memiliki banyak ruangan yang tak hanya indah untuk dipandang, namun bisa menjadi latar foto yang unik dan instagramable untuk diunggah di media sosial kamu.

Salah satu ruangan yang ikonik dan sering dijadikan spot foto adalah ruangan ribuan bola lampu dan kaca tak terbatas, memberikan kesan ruangan yang sangat luas. Museum ini beralamat di AKR Tower level M, Jl. Perjuangan No.5, Jeruk, Jakarta Barat.

Ice Skating

Jakarta memiliki tempat wisata ice skating terbesar di Indonesia. Jika ingin merasakan sensasi berjalan di atas es, atau ingin menari-nari di atas es, kamu bisa datang ke wisata Jakarta di Mall Taman Anggrek ini.

7 dari 7 halaman

Wisata di Jakarta untuk Belanja dan Kulineran

Pasar Tanah Abang

Tempat wisata di Jakarta ini adalah surga bagi kamu yang suka belanja. Bahkan tempat ini sudah terkenal hingga mancanegara, khususnya Malaysia. Pasar Tanah Abang menyediakan barang grosir dan eceran. Kalau beruntung kamu bisa menemukan barang yang kalian butuhkan dengan harga yang sangat murah.

Kuliner Pecenongan

Sejak puluhan tahun lalu, Jalan Pecenongan, Jakarta Pusat, sudah menjadi pusat wisata kuliner malam. Kamu bisa menjumpai deretan tenda di sisi kiri dan kanan jalan yang menjual berbagai jenis masakan, mulai dari nasi goreng, hidangan laut, babi, sayuran, es campur, bubur ayam, hingga martabak manis di Jalan Pecenongan ini.

Kawasan wisata kuliner ini mulai hidup ketika matahari mulai tenggelam, sekitar pukul 6 sore hingga pukul 2 malam. 3 Hidangan yang paling populer di kawasan ini adalah hidangan laut, babi, dan martabak. Konon katanya Jalan Pecenongan adalah awal mula menjamurnya warung tenda di tempat lain.

Petak Sembilan Glodok

Peta Sembilan Glodok dikenal sebagai kawasan pecinan di Jakarta yang memiliki sejumlah kelenteng yang membuat suasana mirip di Tiongkok. Dari sejumlah kelenteng, ada satu kelenteng yang paling terkenal di kalangan masyarakat Jakarta, yakni Kelenteng Petak Sembilan atau disebut juga dengan Vihara Dharma Bakti.

Tidak hanya sebagai peribadatan, wisata Jakarta yang terletak di Jalan Kemenangan No 40 ini pun menjadi destinasi wisata yang cukup unik di mana pengunjung bebas berfoto di sekitar lokasi.