Sukses

19 Wisata Purwokerto dan Sekitarnya yang Paling Populer, Alamnya Eksotis Banget

Liputan6.com, Jakarta Wisata Purwokerto yang paling populer, mayoritas ada di kabupaten Banyumas. Apalagi yang alamnya eksotis banget, Banyumas wajib dikunjungi. Ada banyak curug yang masih asri dan kejerihan serta kesegaran airnya tak perlu diragukan lagi.

Selain yang adventure ala pegunungan, wisata Purwokerto dan sekitarnya pun menyuguhkan banyak wisata edukasi yang cocok dikunjungi rombongan keluarga. Di tempat wisata Purwokerto yang paling populer untuk keluarga biasanya menyediakan wahana asyik khas outbound.

Untuk yang ingin mengunjungi wilayah perkotaan, wisata Puwokerto yang berbau sejarah bisa disinggahi. Ada Museum Wayang, Museum Bank, Taman Akuarium, sampai Alun-Alun. Lokasi wisata Purwokerto yang paling populer di kota inipun tak sulit ditemukan.

Berikut Liputan6.com ulas wisata Purwokerto dan sekitarnya yang paling populer dari berbagai sumber, Selasa (20/4/2021).

2 dari 7 halaman

Wisata Purwokerto dan Sekitarnya

Adventure Forest

Wisata Purwokerto yang paling populer ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melakukan petualangan di kawasan alam. Bukan hanya itu saja, kamu pun bisa melakukan kegiatan outbound bersama dengan teman-teman ataupun keluarga.

Udara di kawasan wisata Purwokerto yang paling populer ini lebih dingin dan sejuk. Apalagi tempat wisata di Purwokerto ini pun terletak di tengah hutan. Untuk yang ingin menikmati malam di kawasan lereng Gunung Slamet pun tak perlu khawatir, bisa outdoor party bahkan mendirikan tenda di kawasan wisata ini.

Curug Nangga Pekuncen Ajibarang

Curug Nangga merupakan wisata Purwokerto yang paling populer. Lokasinya berada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Purwokerto. Objek wisata Purwokerto yang paling populer ini masih terbilang baru dan menjadi daya tarik masyarakan untuk berwisata. Curug Nangga cukup menarik karena memiliki tujuh tingkat undakan air terjun dengan masing-masing ketinggian bervariasi mulai 10-20 meter.

The Village

The Village merupakan salah satu tempat wisata di Purwokerto yang tergolong wisata Purwokerto yang paling populer dan baru. Tempat wisata ini pun memiliki konsep sebagai wisata edukasi bagi para pengunjung. Namun bukan hanya menawarkan wisata edukasi saja.

Tempat wisata Purwokerto yang paling populer dan instagramable. Destinasi wisata ini akan sangat ramai oleh pengunjung baik dari Purwokerto ataupun luar Purwokerto pada saat musim libur. Desain bangunan yang ada di destinasi wisata ini menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan.

Selain itu, sang buah hati bisa belajar mengenai berbagai jenis binatang. Bisa berinteraksi langsung dengan beberapa binatang yang ada di The Village ini, seperti kelinci, kuda poni, serta berbagai burung yang ada dalam sangkar besar.

3 dari 7 halaman

Wisata Purwokerto dan Sekitarnya

Baturaden

Baturaden ini termasuk dalam komplek wisata. Pasalnya di obyek wisata Baturaden ini kamu bukan hanya dimanjakan oleh air terjun yang ada di sini saja. Akan tetapi kamu bisa menikmati berbagai obyek wisata lain yang disediakan oleh pihak pengelola.

Berada di lereng Gunung Slamet, di wisata Purwokerto yang paling populer ini kamu bisa bersantai bersama keluarga menikmati sejuknya udara serta berbagai santapan yang dijajakan. Jika kamu ingin berenang, tak perlu khawatir karena di obyek wisata Baturaden ini ada kolam renang juga.

Kamu bisa melakukan aktivitas sepeda air di wisata Purwokerto yang paling populer ini bersama teman-teman sambil memberi makan ikan yang ada di kolam sepeda air. Bukan hanya itu saja, tapi kamu pun bisa menikmati pemandian air panas di kawasan Baturaden ini loh.

Curug Cipendok

Curug Cipendok berada di lereng Gunung Slamet dengan ketinggian 92 meter. Di sekitar wilayah wisata Purwokerto yang paling populer ini terdapat bumi perkemahan dan sebuah telaga yang bernama Telaga Pucung. Curug Cipendok menawarkan suasana asri dan alami dengan hawa sejuk menenangkan.

Caping Park

Caping park sendiri berada di kaki Gunung Slamet sehingga apabila kamu datang pada pagi hari, hawa sejuk pun akan menyambut kamu. Caping park ini ada icon yang menjadi tujuan para wisatawan, yaitu The Edge Bride.

Jembatan di wisata Purwokerto yang paling populer ini dibuat dengan beralaskan kaca, sehingga kamu bisa melihat pemandangan di bawah jembatan ini. Selain itu kamu bisa menikmati pemandangan Kota Purwokerto bila berada di Caping Park.

4 dari 7 halaman

Wisata Purwokerto dan Sekitarnya

Museum Wayang Sendhang Mas

Museum Wayang Sendang Mas adalah salah satu wisata Purwokerto dan sekitarnya yang paling populer. Museum ini memiliki koleksi utama berupa wayang-wayang dalam Gagrag Banyumasan. Di sini diperlihatkan tokoh Bawor yang hanya ada dalam wayang Banyumasan. Ada pula koleksi benda-benda purbakala yang ditemukan di sekitar kabupaten Banyumas.

Air Mancur Alun-Alun

Alun-Alun Purwokerto adalah tempat yang sangat modern Air mancur berwarna-warni dan berbagai wahana yang ada di tempat ini. Seperti mobil lampu, odong-odong, serta becak-becakan, menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Di wisata Purwokerto yang paling populer ini wisatawan bisa duduk-duduk santai sambil menikmati wisata kuliner Purwokerto yang tersebar di area alun-alun. 

Curug Bayan

Masih di kawasan Baturaden, ada Curug Bayan. Wisata Purwokerto yang paling populer ini cocok dijadikan destinasi wisata alam bersama keluarga karena arusnya cukup dangkal ran rute menuju lokasi tak terlalu ekstrem. Menariknya lagi, di sekitar lokasi Curug Bayan terdapat dam Jepang dan jembatan peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh.

5 dari 7 halaman

Wisata Purwokerto dan Sekitarnya

Kebun Raya Baturraden

Kebun raya di wisata Purwokerto yang paling populer ini jika dilihat secara sekilas mirip dengan Kebun Raya Bogor. Apabila dilihat sejarah Kebun Raya Baturraden, objek wisata ini memang rencananya akan dijadikan sebagai Taman Tanaman Pegunungan Jawa sejak peresmian pembukaan pada 2004.

Lanskap yang tepat serta lokasinya yang berada di tengah Pulau Jawa, menjadikan objek ini sangat prospektif sebagai objek wisata terpadu di masa yang akan datang. Bunga – bunga yang ada di taman ini tidak hanya bunga lokal, melainkan juga bunga impor dari luar negeri.

Museum Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Museum Bank Rakyat Indonesia dulunya merupakan gedung bank De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren yang menjadi cikal bakal Bank Rakyat Indonesia saat ini. BRI didirikan oleh Raden Aria Wirjaatmadja.

Di wisata Purwokerto yang paling populer ini terdapat tiga monumen yaitu Gedung Replika, Patung Raden Aria Wirjaatmadja, dan Gedung Museum BRI. Di dalamnya terdapat koleksi barang dan peralatan yang dulunya dipakai untuk operasional BRI. Terdapat juga koleksi pakaian milik Raden Aria Wirjaatmadja dan diorama suasana BRI pada masa lampau.

Curug Telu

Purwokerto memiliki obyek wisata yang sangat mempesona, khususnya di Kecamatan Baturraden. Salah satunya adalah obyek wisata Curug Telu. Selain airnya yang jernih, curug di wisata Purwokerto yang paling populer ini memiliki tiga titik air yang mengalir dari atas ke bawah.

Selain itu, wisata Purwokerto yang paling populer ini jarang sekali terkena cahaya matahari, kecuali jam 12 siang saat matahari berada tepat di atas kepala. Menariknya, saat cuaca bagus pada siang hari, kita bisa melihat kejernihan airnya sampai dasar. Padahal, kedalamannya mencapai 5 meter.

6 dari 7 halaman

Wisata Purwokerto dan Sekitarnya

Taman Akuarium Besar

Di obyek wisata Purwokerto yang paling populer ini kita dapat menikmati berbagai macam hiburan. Sebut saja taman aquarium air tawar, kolam renang, water boom, bird park, dan wisata air telaga fulus. Atraksi hiburan andalannya adalah akuarium air tawar yang berisi ikan air tawar raksasa.

Ikan bernama Arapaima Gigasini ini merupakan ikan liar yang berasal dari sungai Amazon di Amerika Selatan dengan sampai panjang dua meter. Ikan ini berwarna coklat keemasan dengan bercak-bercak berwarna oranye di sekujur sisiknya.

Mata Air Panas Kalibacin

Mata Air Panas Kalibacin terletak di Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas, Purwokerto. Lokasi wisata Purwokerto yang paling populer ini merupakan tempat pemandian dengan kadar belerang tinggi. Belerang pada mata air ini dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit seperti penyakit kulit, saraf, dan tulang.

Desa Wisata Ketenger

Ketika berwisata ke Baturraden, belum lengkap tanpa mengunjungi wisata Purwokerto yang paling populer ini. Desa ini terkenal memiliki alam yang asri dan alami. Bahkan, keindahannya mirip di luar negeri atau serasa berada di Pedesaan Switzerland.

Di sini juga terdapat banyak curug, seperti Curug Gede, Curug Kembar, Curug Bayan, Curug Celiling, dan lainnya. Tak hanya dapat menikmati alamnya yang indah, traveler juga dapat menjelajahi situs peninggalan masa lampau, di antaranya Rel Lori yang pernah digunakan sebagai pengangkut hasil hutan pada zaman Belanda.

7 dari 7 halaman

Wisata Purwokerto dan Sekitarnya

Masjid Jendral Besar Soedirman

Masjid Jenderal Besar Soedirman adalah tempat ibadah umat muslim yang terbesar yang ada di kota Purwokerto. Wisata Purwokerto yang paling populer ini menjadi tempat yang wajib banget didatangi oleh kamu yang beragama muslim. Sebab, arsitektur masjid ini begitu menawan, baik di bagian luar maupun dalam.

Telaga Sunyi

Telaga Sunyi ini merupakan destinasi idaman bagi para pecinta air. Air yang jernih yang berasal dari kaki air gunung selamet membuat telaga sunyi ini menjadi spot foto yang Instagramable. Namun bagi yang menderita alergi dingin disarankan jangan berlama-lama berenang di wisata Purwokerto yang paling populer ini ya karena air di sini sangat dingin.

Curug Bidadari

Tak jauh dari Curug Telu, kamu akan menemukan Curug Bidadari di kawasan Baturaden. Jalur perjalanan ke wisata Purwokerto yang paling populer ini tergolong lumayan menantang. Di perjalanan, kamu akan ditemani oleh suasana pegunungan dan pepohonan yang sejuk dan rindang. Ciri khas curug ini adalah memiliki pintu masuk yang bentuknya menyerupai gua.

Pancuran Pitu

Pancuran Pitu berada tak jauh dari Lokawisata Baturaden. Tempat wisata Purwokerto yang paling populer ini merupakan sumber air panas bumi yang terpancar langsung dari kaki Gunung Slamet yang keluar dari tujuh pancuran. Di lokasi wisata ini juga terdapat Gua Sarabadak.