Sukses

8 Manfaat Masker Oatmeal untuk Kulit, Lengkap dengan Cara Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat masker oatmeal bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit. Oatmeal dikenal sebagai makanan dengan kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi. Mengonsumsi oatmeal sangat baik untuk kesehatan, terutama pencernaan.

Oatmeal rupanya juga bermanfaat untuk kulit. Saat ini banyak produk perawatan kulit dengan oatmeal sebagai bahan utamanya. Salah satu perawatan kulit yang biasa ditemui adalah masker wajah. Manfaat masker oatmeal bisa berguna untuk berbagai kebutuhan kulit dan kecantikan. 

Manfaat masker oatmeal bisa mencegah jerawat, mencerahkan, dan melindungi kulit. Oatmeal dapat menyerap minyak berlebih pada kulit. Manfaat masker oatmeal juga bisa menjaga kelembapan kulit.

Manfaat masker oatmeal hadir berkat kandungan antioksidan dan anti-inflamasinya. Oat juga mengandung senyawa yang disebut saponin, yang merupakan pembersih alami.

Berikut manfaat masker oatmeal, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(20/04/2021).

2 dari 8 halaman

Manfaat masker oatmeal

Bantu atasi jerawat

Oatmeal dapat menyerap minyak berlebih pada kulit dan membantu mengatasi jerawat. Oatmeal juga mengandung seng yang mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Manfaat masker oatmeal bisa mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit. Ini juga mengurangi bintik-bintik dan melembutkan kulit.

Atasi kulit kering dan gatal

Oatmeal memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Ini dapat membantu mengobati gatal yang terkait dengan kulit kering dan teriritasi. PH ringan oatmeal dapat membantu mendinginkan kulit yang meradang yang mungkin disebabkan oleh ruam atau infeksi, yang menyebabkan kulit kering.

3 dari 8 halaman

Manfaat masker oatmeal

Lembapkan kulit

Manfaat masker oatmeal selanjutnya adalah menjaga kelembapan kulit. Oat dapat mengangkat sel kulit mati dan berperan sebagai pelembap alami. Beta-glukan yang dikandungnya membentuk lapisan halus pada kulit. Ini juga menembus jauh ke dalam kulit dan menawarkan kelembapan yang sangat dibutuhkan kulit.

Cerahkan kulit

Oatmeal memiliki asam amino di dalamnya, yang dapat meringankan bekas luka, perubahan warna kulit dan flek hitam. Vitamin E dalam oat juga membantu memperbaiki perubahan warna kulit, membuat kulit menjadi lembab dan bercahaya. Oatmeal membantu memberikan warna kulit yang merata dengan mengelupas sel kulit mati dan kotoran yang terperangkap.

4 dari 8 halaman

Manfaat masker oatmeal

Bertindak sebagai pembersih alami

Manfaat masker oatmeal dapat bertindak sebagai pembersih alami. Oat mengandung senyawa yang disebut saponin yang berfungsi sebagai pembersih alami dan menghilangkan kotoran dan minyak dari pori-pori. Oatmeal membantu menghilangkan sel kulit mati tertua di permukaan terluar kulit, dan membuat kulit segar, bercahaya dan awet muda.

Lindungi kulit

Protein dalam oatmeal menjaga pelindung alami kulit. Oatmeal bahkan melindungi kulit dari polutan keras dan bahan kimia. Lemak pelumas dalam bantuan gandum dalam perlindungan UV. Oatmeal yang mengandung asam amino ini dapat memperkuat lapisan permukaan kulit sehingga tidak mudah teriritasi radikal bebas termasuk sinar matahari.

5 dari 8 halaman

Manfaat masker oatmeal

Menghilangkan komedo

Karena sifat pembersihnya, oatmeal bisa dimafaatkan untuk menghilangkan komedo. Manfaat masker oatmeal mengangkat komedo dan membersihkan kulit secara menyeluruh. Oatmeal membantu mengurai pori-pori dan membuat kulit halus dan bersih.

Cegah kusam

Nutrisi yang ada pada oatmeal juga dapat memudarkan pigmentasi kulit yang disebabkan paparan sinar matahari. Kulit sensitif yang semula kusam dan cenderung gelap, bisa diatasi dengan menggunakan perawatan untuk mengembalikannya menjadi lebih cerah dan muda. Memudarnya pigmentasi termasuk flek hitam tersebut, tidak memengaruhi kesehatan kulit sensitif dan kondisinya tetap sehat.

6 dari 8 halaman

Cara menggunakan masker oatmeal

Masker oatmeal dan madu

Penggunaan rutin masker oatmeal dan madu memerangi kekeringan pada kulit. Masker ini menjaga kulit agar tetap kenyal dan lembap. Madu juga merupakan exfoliator alami yang berarti mengaplikasikannya ke wajah akan menghilangkan kulit kering, kusam dan membentuk sel-sel kulit baru di bawahnya. Ini bisa mengungkap kulit yang lebih cerah.

Tambahkan 1 sendok makan madu dan 2 sendok makan oatmeal dan aduk hingga rata. Tambahkan susu hingga membentuk pasta dengan konsistensi yang diinginkan. Oleskan masker wajah pada kulit dan biarkan mengering secara alami di wajah selama sekitar 15 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

Masker oatmeal dan lemon

Kandungan vitamin C pada buah lemon bisa membantu proses pencerahan kulit. Vitamin C bekerja untuk mengurangi produksi melanin. Melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab untuk membuat area hiperpigmentasi menjadi lebih gelap. Vitamin C pada buah lemon ini dapat membantu memudarkan pigmentasi serta menghaluskan permukaan kulit dan mengurangi kekusaman. Masker wajah ini cocok untuk orang yang memiliki kulit berminyak.

Campurkan 2 sendok makan oatmeal dengan air dari setengah buah lemon. Tambahkan minyak zaitun secukupnya sehingga membentuk pasta yang lembab. Oleskan masker oatmealke kulit dengan menghindari area mata dan bibir. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin.

7 dari 8 halaman

Cara menggunakan masker oatmeal

Masker oatmeal dan susu

Susu mengandung vitamin yang dapat menutrisi kulit sehingga menghasilkan kulit tampak cerah bercahaya. Aplikasi susu ke kulit dapat menghambat pigmentasi kulit sehingga kulit tampak cerah dan jauh dari kusam. Susu juga membuat kulit bersih dari minyak dan kotoran. Kombinasi oatmeal dan susu juga mampu memerangi jerawat.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, masak oatmeal di dalam air. Untuk kulit kering dan normal, susu paling baik digunakan untuk memasak oatmeal. Saat oat matang dinginkan hingga sedikit hangat. Lalu tempelkan pada wajah seperti menggunakan masker. Biarkan selama sekitar 10-15 menit dan bilas dengan air hangat lalu.

Masker oatmeal dan yogurt

Tekstur lembut yogurt dianggap membantu mengunci kelembapan di kulit. Ketika yogurt dioleskan, nutrisi pada yogurt meningkatkan kadar air pada kulit. Ini membuat kulit lebih elastis dan meningkatkan kecerahan. Asam laktat yang ada dalam yogurt menghambat produksi enzim yang disebut tirosinase. Enzim ini bertanggung jawab untuk produksi melanin. Melanin menyebabkan warna kulit menjadi gelap.

Campurkan 1 sendok makan yogurt dengan 1 sendok makan oatmeal dalam mangkuk kecil dan aduk menjadi satu. Berikan beberapa tetes madu lalu aduk hingga larut. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

8 dari 8 halaman

Cara menggunakan masker oatmeal

Masker oatmeal dan tomat

Tomat memiliki manfaat baik untuk wajah. Vitamin C dalam tomat dapat membantu merangsang produksi kolagen. Jika diaplikasikan secara topikal, vitamin C dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Enzim dalam tomat juga dapat menawarkan manfaat exfoliasi kulit ketika diterapkan pada kulit. Efek ini mampu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

Haluskan 1 tomat kecil hingga membentuk pasta halus. Tambahkan 2 sendok makan oatmeal. Aduk rata dan pastikan tidak ada gumpalan di pasta. Oleskan masker ke wajah. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

Masker oatmeal dan kunyit

Kunyit terbukti mampu melawan jerawat dan bekasnya, mencerahkan, dan mengatasi masalah kulit lainnya. Kunyit memiliki komponen bioaktif yang disebut kurkumin. Kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit.

Campur 2 sendok makan oatmeal, 1 rimpang kunyit yang sudah diparut, dan air mawar. Campur semua bahan menjadi satu untuk mendapatkan pasta kasar. Oleskan ini pada wajah dan gosok dengan gerakan memutar lembut selama satu atau dua menit. Biarkan masker bertahan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.