Sukses

8 Potret Lawas Masjid di Indonesia, Ada yang Hampir Berusia 200 Tahun

Potret lawas masjid di Indonesia ini seperti kembali ke masa lalu.

Liputan6.com, Jakarta Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Masjid dipercayai umat muslim sebagai tempat sujud yang paling menentramkan jiwa. Adapun sebutan lain yang berkaitan dengan masjid di Indonesia adalah musala, langgar, atau surau.

Bentuk masjid di Indonesia sangat beragam. Bahkan saat ini, desain masjid dirancang sangat modern agar terlihat nilai arsitekturnya. Bentuk masjid saat ini tak lepas dari sejarah masjid di zaman dulu. Bahkan ada beberapa masjid di Indonesia yang merupakan warisan Islam di masa lalu. 

Tersebarnya masjid di Indonesia merupakan bukti perkembangan agama Islam di Indonesia. Islam mulai masuk ke Indonesia sekitar abad ke-11 yang dibawa oleh pedagang Gujarat, India. Bulan Ramadan ini, tentu akan menarik jika berbicara tentang masjid.

Dilansir dari Twitter @potretlawas, berikut Liputan6.com rangkum beberapa potret lawas dari masjid di Indonesia yang penuh sejarah, Selasa (20/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Masjid Tuban di Jawa Timur. Masjid ini dibangun pada tahun Jawa 1824 atau 1894-95 Masehi. Merupakan salah satu masjid pertama di Jawa yang memakai kubah.

3 dari 9 halaman

2. Sebuah masjid yang penuh santri di Lampung, sekitar tahun 1915.

4 dari 9 halaman

3. Masjid Surabaya tahun 1865. Terletak di area Tugu Pahlawan sekarang. Masjid penggantinya adalah Masjid Kemayoran, mulai dibangun tahun 1880an.

5 dari 9 halaman

4. Masjid di Kampung Solor, Kupang, tahun 1910. Kampung ini dihuni para pendatang dari Pulau Solor.

6 dari 9 halaman

5. Masjid Agung Demak, sekitar 1930. Salah satu ciri khas masjid Nusantara masa itu adalah adanya penggunaan mustaka tembaga di puncaknya yang dipertahankan hingga kini.

7 dari 9 halaman

6. Sebuah masjid di Balikpapan, berlatar laut selat Makassar, sekitar tahun 1930.

8 dari 9 halaman

7. Sebuah masjid di Praya, Lombok Tengah, tahun 1894.

9 dari 9 halaman

8. Masjid Istiqlal Jakarta dalam masa pembangunan, 9 September 1971.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.