Sukses

27 Destinasi Wisata Jogja Istimewa, Tak Akan Ditemukan di Tempat Lain

Jogja merupakan kota yang istimewa.

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata Jogja selalu jadi andalan para wisatawan untuk berlibur. Jogja merupakan kota yang istimewa. Kekayaan alam dan budaya dalam destinasi wisata Jogja membuatnya tak tertandingi.

Di kota Pelajar ini banyak destinasi wisata Jogja yang tak akan bisa ditemukan di daerah lain. Destinasi wisata Jogja ini menjadi identitas tersendiri bagi kota ini. Ini sebabnya, Jogja selalu jadi primadona bagi para pelancong baik dalam maupun luar negeri. 

Destinasi wisata Jogja bahkan menjadi tempat wisata yang hits dan populer di kalangan wisatawan. Destinasi wisata Jogja ini tersebar di seluruh Jogja, baik kota maupun kabupaten. Berikut destinasi wisata Jogja yang tak akan ditemukan di tempat lain, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(20/04/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Destinasi wisata Jogja: candi

Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak tepat di perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten. Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi Prambanan termasuk candi Hindu terbesar di Indonesia dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Candi ijo

Candi Ijo merupakan candi tertinggi yang ada di Jogja. Candi bercorak Hindu ini berada lereng barat sebuah bukit yang masih merupakan bagian perbukitan Batur Agung. Dari lokasi ini kamu bisa menyaksikan keindahan alam pegunungan Jogja yang asri.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau juga disebut Situs Ratu Baka merupakan situs purbakala berbentuk pemukiman. Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra. Situs Ratu Boko merupakan kompleks profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung.

Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan candi bercorak Hindu yang berlokasi di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini diperkirakan dibangun pada dekade awal abad ke-9. Kini Candi Sambisari termasuk destinasi wisata bersejarah yang banyak dikunjungi wisatawan.

Candi Sari

Candi Sari berada tak jauh dari Candi Sambisari. Candi Sari juga disebut Candi Bendah adalah candi bercorak Buddha. Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-8 dan ke-9 pada saat zaman Kerajaan Mataram Kuno dengan bentuk yang sangat indah. Pada bagian atas candi ini terdapat 9 buah stupa seperti yang tampak pada stupa di Candi Borobudur.

Candi Barong

Candi Barong terletak di tenggara Kompleks Ratu Boko, Prambanan, Sleman. Candi yang berada di atas bukit ini paling cocok dikunjungi pada sore hari. Dari lokasi candi ini, Anda bisa menikmati matahari tenggelam dan indahnya Jogja dari ketinggian.

3 dari 8 halaman

Destinasi wisata Jogja: peninggalan kerajaan dan keraton

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton Yogyakarta menjadi simbol kejayaan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga saat ini. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

Taman Sari

Destinasi wisata Jogja yang sudah lama terkenal adalah Taman Sari. Tempat ini adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Taman Sari dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I sebagai tempat peristirahatan para istri dan selir raja. Taman Sari kini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menyaksikan kemegahan kerajaan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Tempat ini juga termasuk tempat instagramable yang kerap digunakan untuk berfoto dengan latar belakang istana taman air.

Situs Warungboto

Sekilas Situs Warungboto yang juga dikenal dengan pesanggrahan Rejowinangun ini mirip dengan Taman Sari. Pada awalnya, situs ini merupakan lokasi sebuah pesanggrahan dan pemandian raja. Pesanggrahan yang dibangun era HB II ini memiliki banyak ruang, mulai dari ruang utama hingga pendukung. Ruang utama ada di bagian utama pesanggrahan, meliputi ruang pengimaman dan kolam. Dulunya situs ini merupakan tempat untuk istirahat kerabat Keraton Yogyakarta.

Gua Rancang Kencono

Gua Rancang Kencono merupakan sebuah gua yang menyimpan cerita dari masa prasejarah hingga perjuangan rakyat Mataram. Di tengah gua ini terdapat pohon klumpit (Terminalia edulis) yang diperkirakan berusia sekitar 200 tahun. Gua ini dulunya menjadi tempat orang Mataram dan tentara membuat strategi mengusir Belanda dari Yogyakarta.

Makam Raja-Raja Mataram Kotagede

Makam Raja-Raja Mataram merupakan sudut legendaris yang ada di Kotagede. Makam raja-raja Mataram terletak 100 meter dari Pasar Legi Kotagede. Di pemakaman yang dikelilingi tembok besar, gapura, dan bangunan bercorak Hindu lainnya tersebut terdapat pemakaman dari Panembahan Senopati, Ki Gede Pemanahan, dan Sultan Hadiwijaya. Situs ini sering menjadi destinasi wisata Jogja bagi wisatawan yang ingin menelusuri sejarah kerajaan Mataram.

4 dari 8 halaman

Destinasi wisata Jogja: museum dan bangunan unik

Benteng Vredeburg

Dulunya, Benteng Vredeburg ini merupakan beteng peninggalan belanda yang dibangun untuk memudahkan dalam mengontrol segala perkembangan yang terjadi di dalam Kraton Yogyakarta. Kini, Benteng Vredeburg difungsikan sebagai sebuah museum. Di dalamnya terdapat diorama sejarah Indonesia, minirama, media interaktif, ruang audiovisual dan benda benda bersejarah lainnya. Bangunan dari Benteng Vredeburg juga terawat dengan baik dan masih mempertahankan bentuk aslinya.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu kini menjadi tempat wisata Jogja yang kekinian. Museum ini terletak di Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Museum ini menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram beserta koleksi bermacam-macam batik.

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi cocok menjadi destinasi wisata di Jogja bagi kamu yang ingin mengetahui seluk beluk dan pengetahuan geologi Gunung Merapi. Di sini terdapat miniatur guning merapi yang menampilkan kenampakan Gunung Berapi yang sedang mengeluarkan asap. Tak cuma miniaturnya, kamu juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi dari museum ini.

Kaliadem

Kaliadem merupakan salah satu wilayah lereng selatan Gunung Merapi yang menjadi destinasi wisata alam Jogja populer. Di sini terdapat sebuah bunker yang dulunya dijadikan tempat perlindungan dari luncuran awan panas Gunung Merapi. Kini Bunker Kaliadem dijadikan salah satu destinasi wisata Merapi yang banyak dikunjungi wisatawan.

5 dari 8 halaman

Destinasi wisata Jogja: bentang alam unik

Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan perbukitan batuan breksi yang sebelumnya adalah tempat penambangan batuan alam. Penambangan di lokasi ini sudah ditutup sejak 2014 dan tempat ini dijadikan salah satu tempat wisata Jogja hits. Tebing Breksi memiliki tebing putih yang indah yang sudah dipahat secara artistik.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat wisata Jogja kekinian selanjutnya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Destinasi ini termasuk tempat unik karena terbentuk dari material Gunung Merapi yang mengalir melalui Sungai Opak dan Sungai Progo yang kemudian terbawa ombak dan mengendap di pantai.

Lava Bantal Jogja

Lava Bantal terbentuk karena lahar yang keluar dari gunung api bawah laut. Lahar panas yang berkontak langsung dengan air dingin menyebabkan mineralnya mengalami pembekuan yang membentuk geometri mirip tumpukan bantal. Sederet batuan berbentuk seperti bantal yang di tengahnya mengalir sungai menjadi destinasi alam yang unik di kota ini.

6 dari 8 halaman

Destinasi wisata Jogja: gua

Gua Pindul

Wisata gua pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dulunya Gua Pindul dimanfaatkan warga sekitar untuk aktivitas sehari-hari seperti mencuci dan mandi. Kini Gua Pindul menjadi potensi wisata di Gunung Kidul yang makin hits. Di wisata Gunung Kidul ini pengunjung bisa menyusuri gua Pindul dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah.

Gua Kalisuci

Gua Kalisuci cocok untuk kegiatan cave tubing. Gua ini berada di kawasan Karst Gunungsewu. Wisata alam seperti Kalisuci hanya ada tiga di dunia, yaitu di Meksiko, Selandia Baru, dan Indonesia. Di sini wisatawan bisa berpetualang menyusuri gua dengan keindahan ornamen stalaktit dan stalakmit yang alami.

Gua Jomblang

Gua Jomblang berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul. Gua ini terbentuk akibat proses geologi amblasnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Saat ini Gua Jomblang merupakan tempat konservasi tumbuhan purba dan dikembangkan menjadi tempat wisata minat khusus. Di sini sudah tersedia alat-alat keselamatan untuk menuruni dasar gua lengkap dengan pemandu profesional.

7 dari 8 halaman

Destinasi wisata Jogja: pantai unik

Pantai Jogan

Pantai Jogan merupakan jajaran pantai Gunungkidul yang memiliki kesan eksotis. Di sini Anda dapat menemukan air terjun yang jatuh dari atas tebing pantai ini. Air Terjun Inilah yang membuat pantai Jogan memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini juga belum banyak dikenal wisatawan sehingga suasananya masih terbilang tenang dan asri.

Pantai Glagah

Pantai Glagah termasuk destinasi wisata Jogja kekinian karena terkenal dengan tetrapod dan lagunanya yang indah. Pantai Glagah memiliki tetrapod atau pemecah ombak yang menjadi pilihan wisatawan untuk mencari foto terbaik. Di tengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung dapat berjalan ke arah laut.

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara juga merupakan tempat wisata Jogja kekinian yang patut untuk dikunjungi. Disebut goa cemara karena terdapat banyak pohon cemara disepanjang jalan menuju pantai. Pohon-pohon cemara ini membentuk lengkungan laiknya gua.

8 dari 8 halaman

Destinasi wisata Jogja: pegunungan

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung yang berada di Pathuk, Wonosari ini adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise di antara bukit-bukit indah yang diselimuti kabut. Di sini wisatawan juga bisa berkemah. Disarankan berkunjung saat cuaca cerah, karena tanah merah di kawasan gunung akan terasa licin jika hujan mengguyur.

Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan petualangan menyusuri area sekitar Gunung Merapi. Ada banyak agen wisata yang membuka Lava Tour Merapi. Biasanya paket Lava Tour Merapi berupa berkeliling area bekas letusan Merapi lengkap dengan jeep dan pemandu.

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan termasuk tempat wisata Jogja kekinian di kawasan Bantul. Kawasan ini kerap disebut sebagai negeri di atas awan. Jika beruntung, di pagi hari kamu akan menemukan hamparan awan yang sangat indah membalut pegunungan Sewu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.