Sukses

50 Ucapan Hari Kartini yang Menginspirasi, Bikin Wanita Lebih Percaya Diri

Liputan6.com, Jakarta Ucapan Hari Kartini yang diungkapkan setiap tanggal 21 April adalah bentuk harap kartini-kartini masa kini lahir tanpa keraguan. Mampu memperjuangkan hak hidupnya tanpa harus bergantung pada siapapun, kecuali dirinya sendiri.

Menjadi mandiri dan percaya bahwa kegelapan akan selalu menemui cahaya sebagaimana semboyan sosok Raden Ajeng Kartini di masa lalu. Ucapan Hari Kartini yang berasal dari kata-kata bijaknya sungguh akan menginspirasi siapapun.

Setiap wanita hanya perlu percaya pada dirinya sendiri. Tak ada lagi yang namanya wanita tak boleh mengenyam pendidikan yang setinggi-tingginya. Raden Ajeng Kartini mengatakan bahwa pendidikan ibu adalah masa depan bagi anak-anaknya.

Bagikan ucapan Hari Kartini yang menginspirasi ini agar semua wanita bisa lebih percaya pada dirinya sendiri di manapun mereka berada. Berikut Liputan6.com ulas kumpulan ucapan Hari Kartini dari berbagai sumber, Rabu (21/4/2021).

2 dari 6 halaman

Ucapan Hari Kartini yang Menginspirasi

1. Raden Ajeng Kartini selalu memberikan hormat pada segala yang hidup, hak-hak, dan perasaannya. Ini yang seharusnya menjadi pedoman hidup manusia, tak pernah lupa untuk saling menghargai hak orang lain.

2. Tidak menjadi soal bagaimana caranya mengabdi kepada kebaikan, asalkan baik saja menurut Raden Ajeng Kartini. Sesungguhnya menjadi insan yang baik tak harus menunggu apa-apa.

3. Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan selain menimbulkan senyum di wajah orang lain. Raden Ajeng Kartini menegaskan, terutama di wajah orang-orang yang dicintai.

4. Alangkah ajaibnya rasa kasih sayang. Rasa cinta adalah surga dan neraka yang menjadi satu. Di hari Kartini ini, tetaplah saling menguatkan kasih sayang dan berhenti memupuk kebencian seperti yang Raden Ajeng Kartini ungkapkan.

5. Cinta itu mahakuasa, demikianlah sudah berabad-abad dinyatakan dan dibuktikan. Di momen Kartini ini resapi bahwa mencintai bukanlah kesalahan, tetapi kekuatan yang besar.

6. Jangan lagi ada yang merasa wanita tak ingin dikalahkan oleh pria. Sesungguhnya yang hendak dilawan Raden Ajeng Kartini bukan pria, tetapi pendapat kolot dan adat yang usang.

7. Perjuangan Raden Ajeng Kartini sungguh besar memerdekakan kaum wanita di negeri ini. Sebagaimana yang beliau katakan: Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba, jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.

8. Berhentilah mengeluh! Raden Ajeng Kartini tak menyukai orang-orang yang mengeluhkan hal-hal buruk dalam hidup. Menurutnya, Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang.

9. Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.

10. Kesulitan dan kemudahan adalah paket lengkap dalam kehidupan. Raden Ajeng Kartini mengatakan bahwa terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.

3 dari 6 halaman

Ucapan Hari Kartini yang Menginspirasi

11. Raden Ajeng Kartini selalu menyangkal kemustahilan. Tiada barang mustahil di dunia ini! Dan sesuatu barang yang hari ini kita teriak-teriakkan mustahil sama sekali, besok merupakan kenyataan yang tidak dapat disangkal!

12. Jangan kau katakan saya tidak dapat, tetapi katakan saya mau. Itulah kunci Raden Ajeng Kartini memperjuangkan segala hak yang seharusnya dimiliki semua wanita di seluruh dunia.

13. Wanita memiliki kebebasan dalam menjalankan kehidupannya sendiri. Raden Ajeng Kartini pun menegaskan bahwa sesungguhnya mereka tidak wajib patuh kepada siapapun, siapapun juga, kecuali terhadap suara batinnya, hatinya.

14. Praktek teori "menderita dahulu baru bahagia" sangatlah berat penanggungannya! Raden Ajeng Kartini tak pernah setuju kebahagiaan tak bisa didapat tanpa penderitaan.

15. Dalam tangan anaklah terletak masa depan dan dalam tangan ibulah tergenggam anak yang merupakan masa depan itu. Selamat Hari Kartini.

16. Karena bila taraf hidup kesenian suatu bangsa tinggi, maka budi bangsa itu sendiri adalah suatu puisi. Selamat Hari Kartini.

17. Tetapi sekarang ini, kami tiada mencari pelipur hati pada manusia, kami berpegangan teguh-teguh pada tangan-Nya. Maka hari gelap gulita pun menjadi terang dan angin rebut pun menjadi sepoi-sepoi.

18. Karena ada bunga mati, maka banyaklah buah yang tumbuh, demikianlah pula dalam hidup manusia, bukan? Karena ada angan-angan muda mati, kadang-kadang timbullah angan-angan lain yang lebih sempurna, yang boleh menjadikan buah. Inilah Raden Ajeng Kartini, sosok bijak yang pantang menyerah.

19. Raden Ajeng Kartini selalu menggemakan pentingnya memiliki mimpi. Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.

20. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri. Menjadi wanita sejati harus paham semboyan Raden Ajeng Kartini ini.

4 dari 6 halaman

Ucapan Hari Kartini yang Menginspirasi

21. Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya. Selamat Hari Kartini.

22. Ibu adalah pusat kehidupan rumah tangga. Kepada mereka dibebankan tugas besar mendidik anak-anaknya, pendidikan akan membentuk budi pekertinya. Selamat Hari Kartini.

23. Bagi Raden Ajeng Kartini hanya ada dua macam keningratan: keningratan pikiran dan keningratan budi. Tidak ada yang lebih gila dan bodoh menurut persepsi saya daripada melihat orang, yang membanggakan asal keturunannya. Apakah berarti sudah beramal soleh, orang yang bergelar Graaf atau Baron? Tidak dapat mengerti oleh pikiranku yang picik ini.

24. Habis gelap terbitlah terang. Ungkapan Raden Ajeng Kartini yang menegaskan di balik kesulitan akan selalu ada kemudahan. Jalan yang terang pasti ada dan niscaya hilang.

25. Selamat Hari Kartini untuk para wanita Indonesia. Semoga para Kartini senantiasa berprestasi selalu dan penuh semangat.

26. Selamat Hari Kartini untukmu dan semoga kamu menjadi wanita yang lebih baik bagi bangsa Indonesia. Buatlah Tanah Airmu bangga. Tetap lah kuat melawan segala diskriminasi yang ada.

27. Nama RA Kartini akan tetap dikenang sampai kapanpun. Jadi harumkan lah namamu dengan prestasi yang gemilang. Selamat Hari Kartini.

28. Wanita cantik ialah wanita yang membangun kekuatan dari masalah, tumbuh kuat dengan doa dan tersenyum selama berada dalam tekanan. Wanita hebat harus selalu mengingat kekuatan ini. Selamat Hari Kartini.

29. Jadilah seperti RA Kartini, buat mimpimu tetap besar dan bekerja keras untuk meraihnya, Selamat Hari Kartini.

30. Mimpi takkan pernah menjadi kenyataan jika kamu hanya diam dan tetap nyaman dengan diskriminasi. Selamat Hari Kartini.

5 dari 6 halaman

Ucapan Hari Kartini yang Menginspirasi

31. Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita Indonesia, gapai cita-citamu seperti langit yang tinggi karena semangat kartini muda akan selalu lebih baik daripada sebelumnya dan itu akan selalu berada didalam hati Wanita Indonesia.

32. Semoga jiwa kartini selalu dalam hatimu.

33. Jangan biarkan kegelapan kembali datang jangan biarkan kaum wanita kembali diperlakukan semena-mena. Selamat Hari Kartini.

34. Karena kami yakin pengaruh pendidikan besar bagi para wanita, agra wanita lebih cakap melakukan kewajibannya yang diserahkan alam sendiri ke dalam tangannya menjadi ibu pendidikan manusia yang pertama-tama. Selamat Hari Kartini.

35. Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita. Semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. tiada mendendam, itulah bahagia. Selamat Hari Kartini.

36. Dengan menolong diri sendiri, akan dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna. Raden Ajeng Kartini tak pernah berhenti melakukannya. Untuk para wanita, jangan lelah menolong diri sendiri, ya!

37. Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita, semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. Tiada mendendam, itulah bahagia. Selamat Hari Kartini.

38. Peduli apa aku dengan segala tata cara itu. Segala peraturan, semua itu bikinan manusia, dan menyiksa diriku saja. Kau tidak dapat membayangkan bagaimana rumitnya etiket di dunia keningratan Jawa itu. Selamat Hari Kartini.

39. Raden Ajeng Kartini berpesan bahwa saat membicarakan orang lain Anda boleh saja menambahkan bumbu, tapi pastikan bumbu yang baik.

40. Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan dididik baik-baik. Dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan, karena inilah yang akan membawa behagia baginya. Selamat Hari Kartini.

6 dari 6 halaman

Ucapan Hari Kartini yang Menginspirasi

41. Tapi sekarang mulai dengan aku, antara kami (Kartini, Roekmini, dan Kardinah) tidak ada tata cara lagi. Perasaan kami sendiri yang akan menentukan sampai batas-batas mana cara liberal itu boleh dijalankan. Selamat Hari Kartini.

42. Orang kebanyakan meniru kebiasaan orang baik-baik; orang baik-baik itu meniru perbuatan orang yang lebih tinggi lagi, dan mereka itu meniru yang tertinggi pula ialah orang Eropa.

43. Segenap cita-citanya kita hendaklah menjaga sedapat-dapat yang kita usahakan, supaya semasa mahkluk itu terhindar dari penderitaan, dan dengan jalan demikian menolong memperbagus hidupnya: dan lagi ada pula suatu kewajiban yang tinggi murni, yaitu “terima kasih" namanya.

44. Dan biarpun saya tiada beruntung sampai ke ujung jalan itu, meskipun patah di tengah jalan, saya akan mati dengan rasa berbahagia, karena jalannya sudah terbuka dan saya ada turut membantu mengadakan jalan yang menuju ke tempat perempuan Bumiputra merdeka dan berdiri sendiri. Selamat Hari Kartini.

45. Tetapi sekarang ini, kami tiada mencari penglipur hati pada manusia, kami berpegangan teguh-teguh pada tangan-Nya. Maka hari gelap gulita pun menjadi terang, dan angin ribut pun menjadi sepoi-sepoi. Selamat Hari Kartini.

46. Adakah yang lebih hina, daripada bergantung kepada orang lain? Selamat Hari Kartini.

47. Tantangan datang silih berganti, tapi percayalah habis gelap terbitlah terang.

48. Selamat pagi Kartini-Kartini masa kini. Mari mandi, gosok gigi dan lawan patriarki.

49. Tetaplah jadi pelita, perempuan-perempuan Indonesia di mana pun berada.

50. Tanamkan diri Kartini dalam diri, tangis patah hati tak akan melunturkan semangat meski dicaci maki. Selamat Hari Kartini.