Sukses

Viral Detik-Detik Petugas Bea Cukai Diserang saat Tindak Pembawa Rokok Ilegal

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan aksi penyerangan terhap petugas Bea Cukai Riau yang terjadi di Jalan Juanda, Kecamatan Senapelan Pekanbaru, Riau. Kejadian ini terjadi pada Senin (19/4/2021) Malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Aksi penyerangan yang terjadi di jalan raya ini berhasil terekam oleh kamera oleh seseorang dari atas. Terlihat bahwa petugas Bea Cukai Riau sedang mengahadang sebuah mobil Mitsubishi Xpander putih dengan nomor plat BM 1554 VH.

Penyerangan ini dibenarkan Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Riau Hartono Sutarjo.

"Diserang OTK saat melakukan pengejaran target operasi yang diduga membawa rokok ilegal," kata Hartono melalui keterangan tertulisnya, Selasa siang, 20 April 2021.

Dalam video yang viral tersebut terlihat bahwa petugas diserang secara membabi buta dan mengakibatkan kekacauan di jalan. Berikut ulasan video detik-detik petugas Bea Cukai Riau yang diserang saat tangkap pembawa rokok ilegal Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Rabu (21/4/2021).

2 dari 3 halaman

Setengah jam lebih tahan mobil target, petugas malah diserang orang tidak dikenal

Sebuah video viral penyerangan terhadap petugas Bea Cukai Riau banyak diunggah dalam media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun Instagram @SukuJambax. Dalam video tersebut terlihat detik-detik Orang Tidak Dikenal (OTK) menyerang petugas.

Mobil Mitsubishi Xpander yang diduga membawa rokok ilegal tanpa cukai dicegat oleh petugas dengan 3 Tim termasuk Tim Motor. Lalu petugas memperkenalkan diri dengan menunjukkan kartu identitas dan surat tugas. Petugas meminta sopir mobil target membuka kaca mobil.

"Namun tidak diindahkan oleh sopir," kata Hartono.

Setengah jam lebih berada di lokasi, mobil target tidak bergerak. Petugas malah kedatangan tamu tak diundang. Ada tiga mobil datang dan dari kendaraan itu turun sekitar 15 orang.

"Mereka langsung menyerang petugas, akibatnya salah satu mobil operasional rusak parah karena lemparan batu," kata Hartono.

3 dari 3 halaman

Mobil petugas rusak parah, pelaku melarikan diri

Dalam aksi penyerangan tersebut, terdapat dua petugas Bea Cukai Riau yang mengalami luka saat mempertahankan mobil tersebut. Satu petugas mengalami luka parah di kepala dan dilarikan ke rumah sakit.

"Satu orang luka ringan, sementara mobil target dan belasan orang tadi langsung pergi meninggalkan lokasi," jelas Hartono.

Atas penyerangan tersebut, kini pihak Bea Cukai Riau telah berkoordinasi dengan Polresta Pekanbaru untuk menindak lanjuti insiden tersebut.