Sukses

6 Potret Lawas Pemain Sepak Bola di Zaman Hindia Belanda, Keren Sejak Dulu

Potret gaya berpose para pemain antar klub sepak bola Hindia Belanda.

Liputan6.com, Jakarta Bagi penggemar sepak bola mungkin sudah tak asing lagi dengan gaya berfoto sebelum bertanding. Ternyata, gaya berfoto seperti itu sudah ada sejak zaman dulu. Tepatnya sejak zaman Hindia Belanda tahun 1900-an.

Dilansir dari @perfectlifeid, sepak bola di Hindia Belanda adalah masa-masa kejayaan sepak bola di Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. Masa penjajahan Belanda di Indonesia ikut berperan dalam memperkenalkan masyarakat Hindia Belanda kepada olahraga-olahraga yang sedang marak di Eropa seperti kriket dan sepak bola.

Sama seperti di Eropa, di Hindia Belanda pun mulai berdiri klub yang sebagian besar didirikan oleh ekspatriat atau orang Belanda yang sedang berada di Indonesia, para keturunan China, dan juga sebagian kecil keturunan Arab.

Namun, ada juga warga pribumi yang pernah bersekolah di Eropa membawa olahraga tersebut ke tanah air atau warga pribumi yang hanya mengikuti mode olahraga pada waktu itu. Kompetisi antarkota saat itu melibatkan kota-kota penting di Jawa seperti Batavia, Surabaya, Bandung dan Semarang.

Seperti apa potretnya? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, beberapa potret gaya berpose pemain sepak bola Hindia Belanda, Rabu (21/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Klub sepak bola anak-anak Kraton Jogja tahun 1925. RM Dorodjatun (Sinuhun HB IX) terlihat duduk mengapit bola.

3 dari 7 halaman

2. Gaya berpose para pemain antar klub sepak bola Hindia Belanda tahun 1920.

4 dari 7 halaman

3. Klub sepak bola STOVIA Batavia (Sekolah Dokter Hindia) tahun 1932.

5 dari 7 halaman

4. Sepak bola di Hindia Belanda adalah masa-masa kejayaan sepak bola di Indonesia pada zaman penjajahan Belanda.

6 dari 7 halaman

5. Tim sepak bola Hindia Belanda untuk kejuaraan dunia di Rotterdam. Potret diambil setelah seleksi nasional di Surabaya, pada 12 dan 13 Februari 1938.

7 dari 7 halaman

6. Gaya berpose pemain sepak bola dulu juga tak kalah keren dari gaya pesepak bola sekarang ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.