Sukses

Kapan Waktu Tepat Memandulkan Kucing?

Dokter hewan menyarankan agar memandulkan kucing di usia yang lebih muda, yaitu sebelum lima bulan.

Liputan6.com, Jakarta Setiap pemilik kucing harus memandulkan atau mengebiri hewan peliharaannya. Tujuannya selain untuk mencegah populasi kucing yang bertambah, termasuk menjaga kesehatannya.

Laman Catster menuliskan bahwa mayoritas pemilik kucing mulai mengadopsi anak bulu di usia tujuh atau delapan minggu yang sudah disterilkan.

Namun bagi kamu yang baru akan merawat anak kucing, ada baiknya untuk memandulkan sebelum usianya mencapai enam bulan. Akan tetapi dokter hewan menyarankan agar memandulkan kucing di usia yang lebih muda, yaitu sebelum lima bulan.

"Penelitian terbaru memberi tahu bahwa pengaturan waktu seperti itu mengurangi kejadian kanker, masalah perilaku, penyakit menular dan reproduksi yang tidak diinginkan," jelas Dr. Alex Robb, DVM, MBA, CCRT dari Goodheart Animal Health Center.

Meski dimandulkan dini, apakah ada dampak jangka panjang? Dr. Robb menjelaskan bahwa pemandulan dini pada anak kucing terbilang aman.

Namun saat dimandulkan di usia yang lebih muda, ada hal yang harus diperhatikan para pemilik kucing, yaitu pola makannya.

Dr Robb menjelaskan bahwa ketika kucing dimandulkan, artinya akan terjadi penurunan kebutuhan metabolisme yang lebih cepat.

Itu artinya, memandulkan kucing atau sterilisasi memang dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh kucing, agar tetap sehat.

"Hal ini penting untuk kesehatan jangka panjang kucing, mengurangi risiko radang sendi, diabetes, dan penyakit hati," jelas Dr Robb.

Selain itu bagi kucing betina, pemandulkan harus dilakukan untuk menghindari risiko kanker payudara. Nah mulai sekarang, bagi kamu yang merawat kucing dan sudah dimandulkan, cobalah memberikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang.

 

Salah satu makanan kucing yang kaya nutrisi dan gizi seimbang yang direkomendasikan adalah Muezza. Ini merupakan brand makanan kucing yang terserifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, taurin, dan ekstrak Yucca Schidigera yang dibutuhkan kucing untuk menjaga kesehatannya.

Menariknya, selain halal, kandungan ekstrak Yucca Schidigera dalam Muezza aampuh mengurangi bau dan membantu kotoran kucing terbentuk menjadi gumpalan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin.

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan. Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong.

Ada beberapa pilihan bundling hemat. Mulai dari beli dua, tiga, atau empat sekaligus biar lebih hemat. Kamu juga bisa bebas pilih varian lho! Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.