Sukses

Penyebab Kista Menurut Jenisnya, Kenali Lokasinya

Penyebab kista sangat penting diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kista sangat penting diketahui. Kista merupakan struktur menyerupai kantung dari jaringan membran yang berisi cairan, udara, atau zat lain. Terkadang penyebab kista dikaitkan dengan munculnya tumor atau kanker.

Penyebab kista dapat terjadi di bagian tubuh mana saja. Kista dapat bervariasi dalam penampilan tergantung pada jenis dan lokasinya. Kebanyakan penyebab kista bersifat jinak, atau non-kanker. 

Meski sebagian besar penyebab kista bersifat jinak, kondisi ini tak boleh diabaikan begitu saja. Penyebab kista membutuhkan perawatan tergantung pada sejumlah faktor. Ini termasuk jenis, lokasi, gejala, dan tingkat infeksi.

Kista dapat bervariasi dalam penampilan tergantung pada jenis dan lokasinya. Berikut penyebab kista menurut jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(22/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penyebab kista secara umum

Penyebab kista bisa dikenali dari jenisnya. Beberapa jenis berhubungan dengan kondisi medis yang mendasarinya, seperti sindrom ovarium polikistik. Kista juga bisa terbentuk akibat kondisi kanker tertentu.

Penyebab kista lainnya termasuk ritasi atau cedera pada folikel rambut, saluran tersumbat di dalam folikel rambut, degenerasi jaringan sendi ikat, dan ovulasi. Kista terjadi di dalam jaringan dan dapat mempengaruhi bagian tubuh mana pun. Mereka bervariasi dalam ukuran dari mikroskopis hingga sebesar bola.

Penyebab kista lainnya termasuk ritasi atau cedera pada folikel rambut, saluran tersumbat di dalam folikel rambut, degenerasi jaringan sendi ikat, dan ovulasi. Kista terjadi di dalam jaringan dan dapat mempengaruhi bagian tubuh mana pun. Mereka bervariasi dalam ukuran dari mikroskopis hingga sebesar bola.

3 dari 6 halaman

Penyebab kista menurut jenisnya

Ada banyak jenis kista dengan berbagai penyebab. Kista bisa tumbuh di mana saja di bagian dalam atau luar tubuh. Berikut penyebab kista menurut jenisnya:

Kista epidermoid

Kista ini adalah benjolan kecil dan jinak yang berisi protein keratin. Penyebab kista epidermoid terjadi jika mengalami trauma di sekitar folikel rambut di dalam kulit. Jika bagian dari lapisan atas kulit yang disebut epidermis, tumbuh lebih dalam daripada bergerak keluar ke permukaan untuk akhirnya terlepas, kista epidermoid akan berpeluang untuk terbentuk.

Kista sebasea

Kista sebasea sering terbentuk di dalam kelenjar sebaceous. Kelenjar ini merupakan bagian dari folikel kulit dan rambut. Penyebab kista ini terjadi karena kelenjar sebasea yang pecah atau tersumbat. Kista sebasea terisi dengan sebum dan lebih jarang terjadi dibandingkan kista epidermoid.

Kista ganglion

Penyebab kista ganglion biasanya terbentuk di dekat area sendi pergelangan tangan atau tangan. Namun, kista ini juga bisa berkembang di area kaki atau pergelangan kaki. Kista ganglion cenderung muncul di sepanjang selubung tendon dekat sendi. Dokter belum mengetahui apa yang menyebabkan kista ganglion. Mereka mungkin terbentuk ketika cairan sinovial bocor dari sendi. Mereka biasanya berkembang di mana sendi atau tendon secara alami menonjol keluar dari tempatnya.

Kista ovarium

Penyebab kista ovarium sering terbentuk ketika folikel yang biasanya melepaskan telur tidak terbuka. Ini menyebabkan cairan menumpuk dan membentuk kista. Jenis kista ovarium umum lainnya terjadi setelah folikel melepaskan sel telur dan menutup kembali serta mengumpulkan cairan secara tidak benar.

Kista ovarium paling sering terjadi pada wanita usia menstruasi. Kista ovarium dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker ketika muncul setelah menopause.

4 dari 6 halaman

Penyebab kista menurut jenisnya

Kista payudara

Kista payudara merupakan kista jinak yang terjadi ketika cairan terkumpul di dekat kelenjar payudara. Kista ini biasanya terjadi pada wanita berusia 30-an dan 40-an. Kista payudara dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri di area yang terkena.

Kista ginjal

Kista ginjal adalah kantung berisi cairan bundar yang terbentuk di dalam ginjal. Dokter tidak yakin mengapa kista ginjal sederhana terbentuk. Selain penuaan, tidak ada faktor risiko nyata untuk mengembangkan kista ginjal sederhana. Ada beberapa jenis kista ginjal. Kista soliter mengandung cairan, terkadang termasuk darah. Beberapa hadir saat lahir, sementara penyumbatan tubular menyebabkan yang lain.

Kista periapikal

Kista periapikal, juga dikenal sebagai kista radikuler, adalah jenis kista odontogenik yang paling umum, yang berhubungan dengan pembentukan dan perkembangan gigi. Kista ini biasanya berkembang karena peradangan pada pulpa, kematian pulpa, atau kerusakan gigi.

Kista arakhnoid

Kista arachnoid dapat menyerang bayi baru lahir. Membran arachnoid menutupi otak. Selama perkembangan janin, ia menggandakan atau membelah untuk membentuk kantong cairan serebrospinal yang abnormal. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin perlu mengeringkan kista.

5 dari 6 halaman

Penyebab kista menurut jenisnya

Chalazia

Chalazia adalah kista jinak yang muncul di kelopak mata saat saluran kelenjar minyak tersumbat. Kista ini dapat menyebabkan nyeri tekan, penglihatan kabur, dan pembengkakan yang menyakitkan. Jika ukurannya terlalu besar, chalazia bisa menyebabkan masalah penglihatan.

Kista pilonidal

Kista ini terbentuk di dekat bagian atas, tengah bokong. Mereka biasanya dipenuhi dengan kotoran kulit, minyak tubuh, rambut, dan materi lainnya. Kista pilonidal lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita. Infeksi kronis pada kista ini dapat meningkatkan risiko jenis kanker kulit yang disebut karsinoma sel skuamosa.

Saat ini, alasan pasti mengapa kista pilonidal berkembang masih belum jelas. Rambut yang tumbuh ke dalam dianggap salah satu penyebabnya. Penyebab lain yang mungkin adalah kista pilonidal adalah akibat gaya atau gesekan yang diterapkan pada area tersebut.

Kista Baker

Kista Baker, juga dikenal sebagai kista poplitea, adalah kista berisi cairan yang terbentuk di bagian belakang lutut. Kista ini biasanya disebabkan oleh masalah pada lutut, seperti cedera lutut atau artritis.

Kista jerawat

Penyebab kista jerawat atau jerawat kistik terjadi akibat kombinasi bakteri, minyak, dan kulit mati yang menyumbat pori-pori. Ini adalah jenis jerawat yang paling parah pada orang dewasa muda. Jerawat kistik bisa terlihat seperti bisul besar berisi nanah di kulit. Jerawat juga bisa menyakitkan saat disentuh.

6 dari 6 halaman

Penyebab kista menurut jenisnya

Kista rambut yang tumbuh ke dalam

Kista rambut yang tumbuh ke dalam terbentuk ketika rambut tumbuh ke dalam kulit dan kista terbentuk di bawahnya. Kista ini lebih sering terjadi pada orang yang mencukur atau melakukan waxing untuk menghilangkan rambut.

Kista pilar

Kista pilar adalah benjolan jinak berwarna daging yang terbentuk di permukaan kulit. Mereka adalah kista berisi cairan yang terbentuk dari folikel rambut, dan biasanya berkembang di kulit kepala. Penyebab kista ini karena sel keratin yang bergerak lebih dalam ke dalam kulit. Keratin pada kista tampak seperti pasta kental berwarna putih atau kuning.

Kista mukosa

Kista mukosa atau lendir adalah benjolan berisi cairan yang terbentuk di bibir atau di sekitar mulut saat kelenjar ludah tersumbat dengan lendir. Penyebab paling umum dari kista mukosa meliputi menggigit bibir atau pipi, tindikan bibir, pecahnya kelenjar ludah, dan kebersihan mulut yang buruk.

Kista celah cabang

Kista sumbing cabang adalah jenis cacat lahir yang membentuk benjolan di leher bayi atau di bawah tulang selangka. Kista ini bisa terlihat seperti kutil yang besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini