Sukses

6 Manfaat Putih Telur untuk Wajah, Ketahui Risikonya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat putih telur untuk wajah diyakini mampu menutrisi wajah. Putih telur bisa digunakan sebagai bahan masker wajah untuk berbagai jenis kulit. Manfaat Putih Telur untuk wajah biasanya dimanfaatkan dalam bentuk masker.

Manfaat putih telur untuk wajah kerap digunakan sebagai perawatan kulit rumahan. Masker wajah putih telur memang bisa menjadi perawatan kecantikan di rumah yang sederhana dan terjangkau karena terdiri dari bahan-bahan yang mudah ditemui. 

Namun, amankah menggunakan putih telur di wajah? Benarkan ada manfaat putih telur untuk wajah? Hingga kini belum ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat putih telur untuk wajah secara nyata.

Ada sejumlah risiko yang bisa timbul akibat penggunaan putih telur pada wajah. Namun, jika pengguna mengaplikasikan masker dengan hati-hati, perawatan ini akan minim risiko. Manfaat putih telur untuk wajah dikaitkan dengan telur yang kaya nutrisi penting yang dapat membantu menutrisi kulit.

Berikut manfaat putih telur untuk wajah dan risiko penggunaannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(22/4/2021)

2 dari 6 halaman

Manfaat putih telur untuk wajah

Mengecilkan Pori-pori

Manfaat putih telur untuk wajah yang pertama adalah untuk mengecilkan pori-pori. Hal ini karena di dalam putih telur terkandung zat astringent yang mampu mengecilkan pori-pori. Caranya, campurkan 1 sendok teh putih telur dan 1 perasan lemon.

Oleskan secara merata ke seluruh wajah atau cukup di daerah yang berpori-pori besar. Tunggu hingga 15 menit, dan setelah itu bilas menggunakan air hangat. lakukan perawatan ini selama dua kali seminggu, dan pori-pori di wajah akan menyusut.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat masker putih telur untuk wajah selanjutnya adalah untuk mencegah penuaan dini. Kandungan protein yang terdapat dalam putih telur bisa menjaga kadar elastisitas di dalam kulit dan juga memperbaiki tekstur kulit. Tak hanya itu, putih telur juga mengandung kolagen yang mampu menangkal garis halus dan kerutan di area wajah.

3 dari 6 halaman

Manfaat putih telur untuk wajah

Menghilangkan Komedo dan Jerawat White Head

Manfaat masker putih telur untuk wajah dan madu difavoritkan oleh banyak orang untuk membasmi komedo dan jerawat putih (whitehead) membandel. Jerawat whitehead atau komedo putih terbentuk karena pori-pori yang tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, makeup, dan kotoran. Mereka membersihkan sel kulit mati dan mengurangi munculnya pori-pori dan komedo.

Mengencangkan Kulit

Putih telur mengandung banyak albumin dapat mengencangkan kulit kendur. Bukan hanya itu, rutin memakai masker putih telur juga ditengarai dapat membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus menyamarkan garis-garis halus.

4 dari 6 halaman

Manfaat putih telur untuk wajah

Menyerap Kelebihan Minyak

Bagi pemilik kulit wajah berminyak, masker ini bisa jadi pilihan untuk mengurangi banyaknya minyak di wajah. Lagi-lagi, manfaat masker putih telur ini berasal dari kandungan albumin. Sebab selain mengencangkan kulit, rutin menggunakan masker putih telur juga membantu mengecilkan pori-pori wajah.

Menutrisi Kulit

Putih telur kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Nutrisi tersebut dapat membantu menutrisi kulit.

5 dari 6 halaman

Risiko putih telur untuk wajah

Sementara putih telur mungkin lebih terjangkau daripada serum kulit, hanya ada sedikit bukti bahwa perawatan semacam itu benar-benar akan berhasil. Masker wajah putih telur memiliki potensi risiko negatif. Penggunaan putih telur pada wajah, baik sebagai masker anti-penuaan atau perawatan praktis, tidak sebanding dengan risikonya. Di antara beberapa potensi bahayanya meliputi:

Reaksi Alergi

Bila kamu memiliki alergi saat mengonsumsi telur, maka kamu tak dianjurkan untuk menggunakan produk olahan telur lainnya seperti masker putih telur ini. Mengoleskan putih telur ke bagian kulit wajah bisa mengakibatkan kamu menjadi gatal-gatal yang parah, timbul ruan, biduran, atau kesulitan bernapas.

Gejala intoleransi telur

Tidak seperti alergi telur, intoleransi terhadap telur dapat menyebabkan peradangan dan ketidaknyamanan gastrointestinal saat menelannya. Jika kamu menggunakan masker putih telur di wajah, kamu masih berisiko menelan sedikit putih telur di mulut.

Infeksi Salmonella

Telur bisa menyimpan bakteri salmonella di dalamnya yang dapat menyebabkan keracunan. Oleh karena itu, mengonsumsi telur dianjurkan untuk memasaknya dalam waktu lama dengan suhu yang tinggi untuk menghilangkan salmonella. Nah, apabila kamu tidak hati-hati dalam menggunakannya sebagai perawatan kulit wajah, dikhawatirkan telur mentah tersebut tidak sengaja tertelan.

Bila hal ini terjadi, maka aka nada gejala yang dialami seperti demam yang diiringi keluhan saluran cerna seperti perut kembung, muntah, dan diare.

6 dari 6 halaman

Risiko putih telur untuk wajah

Infeksi

Bagi kamu yang memiliki wajah cenderung sensitif, terkadang tidak terasa tiba-tiba mendapati kulit wajah ada goresan luka. Nah, apabila goresan luka ini terkena dengan sesuatu bahan mentah seperti masker putih telur, bisa menyebabkan infeksi sekunder. Hal ini dikhawatirkan bakteri yang ada pada putih telur bisa masuk ke dalam luka tersebut.

Kontaminasi permukaan

Menggunakan putih telur dapat mencemari permukaan, seperti wastafel dan meja dapur, serta tempat-tempat lain yang dapat membuat masker terlepas dari wajah Anda dan menetes di sekitar rumah.

Membahayakan Orang Lain

Penggunaan masker putih telur mentah bisa mengontaminasi permukaan seperti wastafel atau meja dapur. Begitu juga area lainnya jika masker putih telur yang kamu oleskan di wajah menetes atau menyebar kemana-mana di sekitar rumah.

Hal ini bisa membahayakan bagi orang-orang yang ada di sekitarnya. Terlebih pada orang-orang yang memiliki alergi terhadap telur apabila terkena dari cairan putih telur tersebut walaupun tidak mengoleskannya.