Sukses

Perjuangan Nenek 84 Tahun Rela Kerja Mengupas Bawang Demi Sambung Hidup

Nenek 84 tahun bekerja paruh waktu mengupas bawang karena ingin hidup mandiri.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi tua bukan kesalahan. Bila diberi umur panjang, setiap manusia pasti akan mengalami tahapan ini dalam hidup. Saat hari tua itu datang, segala sesuatu di sekitar kita menjadi sangat rapuh.

Hidup kita juga cenderung menjadi lebih bergantung pada orang lain untuk bertahan hidup, tetapi tidak untuk Ammakannu. Di usia 84 tahun, Ammakannu masih bekerja paruh waktu mengupas bawang.

Dikutip Liputan6.com dari World of Buzz, Kamis (22/4/2021) nenek ini berjalan sekitar dua hingga tiga km setiap hari untuk menjual produknya di pasar, tetapi karena dia tidak dapat melanjutkan rutinitas hariannya karena pandemi, wanita tua pekerja keras ini pergi ke kios koki Ricky dan melakukan tugas apa pun yang tersedia, seperti mengupas bawang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Punya Semangat dan Energi yang Kuat

Nenek Ammakannu menarik perhatian chef Ricky Narayanan yang membuka halaman Facebook-nya untuk berbagi kekaguman atas energinya meskipun usianya sudah tua.

Kepada World of Buzz (WOB), chef Ricky menjelaskan bahwa Ammakannu biasanya datang ke tokonya dan bertanya apakah dia butuh uluran tangan. Chef Ricky biasanya memberi nenek Ammakannu sayuran seperti bawang merah, bawang putih, atau jahe untuk dikupas dan dia berjalan pulang pada 16.30 setelah dia selesai.

Dia juga mengatakan bahwa Ammakannu menjual sayurannya dari pertanian di sekitar Pasar Awam Salak dan bekerja di pedagang China, tetapi dengan kasus Covid-19 yang meningkat, dia disarankan untuk tidak melakukannya.

3 dari 4 halaman

Nenek 84 Tahun yang Pekerja Keras

"Dia suka datang ke toko saya dan mengupas bawang, saya tidak memberinya tugas yang sangat berat. Tapi saya mengagumi tekadnya untuk bekerja terlepas dari usianya," kata chef Ricky Narayanan dikutip Liputan6.com dari WOB.

Ia menambahkan bahwa nenek Ammakannu mengingatkannya pada ibunya sendiri yang tinggal di Penang karena mereka berdua memiliki kepribadian yang sama. Chef Ricky juga memperlakukannya seperti ibunya sendiri dan suka mengobrol dengannya.

Chef Ricky Narayanan berharap generasi muda dapat belajar dari nenek Ammakannu karena bekerja keras dengan tekad penuh selalu mendorong kita selangkah lebih maju dalam hidup dan membantu kita melampaui batasan. Tidak peduli berapa usiamu.

4 dari 4 halaman

Video nenek 84 tahun yang tengah mengupas bawang:

Never give up.. On this golden age.

Posted by Ricky Narayanan on Sunday, April 18, 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.