Sukses

Viral Momen Diduga Awak KRI Nanggala 402 Nyanyi Lagu Sampai Jumpa, Bak Salam Perpisahan

Liputan6.com, Jakarta KRI Nanggala 402 yang dinyatakan tenggelam (subsunk) di laut utara Bali saat ini menyisakan duka yang sangat mendalam. Seluruh rakyat Indonesia mendoakan yang terbaik untuk 53 awak KRI Nanggala 402 yang telah dinyatakan gugur. Hal tersebut disampaikan oleh Panglima TNI Marsenal Hadi Tjahjanto yang dikutip dari Liputan6.com, Senin (26/4/2021).

"53 personel onboard telah gugur, prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan utara Bali," kata Panglima TNI dalam jumpa pers di Badung, Bali, Minggu, 25 April 2021.

Duka yang mendalam semakin terasa ketika beredar sebuah video yang diduga adalah kru dari KRI Nanggala 402. Dalam video tersebut, menampilkan sejumlah awak Kapal Selam KRI Nanggala 402 tengah menyanyikan lagu Sampai Jumpa milik band Endank Soekamti.

Video mengharukan tersebut kemudian diunggah oleh musisi sekaligus pendiri band Endank Soekamti yakni Erix Soekamti di akun Instagram-nya. Dalam keterangan, ia membubuhi emotikon menangis dengan tagar #prayforkrinanggala402, dilansir Liputan6.com dari Instagram @erixsoekamti, Senin (26/4/2021).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Video Haru Diduga Kru KRI Nanggala 402

Dalam video yang berdurasi 22 detik tersebut, menampilkan sejumlah awak KRI Nanggala 402 yang sedang menyanyikan lagu berjudul Sampai Jumpa milik band Endank Soekamti. Awak kapal tersebut diduga merupakan korban tenggelamnya KRI Nanggala 402 yang hilang kontak pada Rabu, 21 April lalu.

Tampak ada 11 orang anggota TNI Angkatan Laut sedang berada di dalam kapal selam yang diduga KRI Nanggala 402. Dugaan tersebut terlihat dari ruangan yang terdapat banyak komponen yang diduga merupakan kabin KRI Nanggala 402. Hal tersebut diperkuat dengan tanda air bertuliskan KRI Nanggala 402 di bagian kanan bawah video tersebut.

Dengan mengenakan seragam TNI AL dan baret serba hitam mereka menyanyikan sepenggal lirik lagu Sampai Jumpa sambil diiringi genjrengan gitar.

Meskipun, kutak siap untuk merindu, kutak siap tanpa dirimu, kuharap terbaik untukmu,” lantunan lagu milik Endank Soekamti yang awak KRI Nanggala 402 nyanyikan dengan penuh penghayatan.

Sampai hari ini, video yang diunggah pada Sabtu, 24 April 2021 tersebut telah ditonton hampir 1 juta kali dan mendapatkan seribu lebih komentar.

3 dari 4 halaman

Doa Terbaik Dipanjatkan Para Warganet

Meski belum dipastikan apakah awak kapal di dalam video tersebut merupakan korban tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402, namun banyak warganet yang ikut terharu. Banyak warganet yang mengirimkan doa baik yang ditujukan kepada awak kapal selam KRI Nanggala-402.

Tunai sudah janji bhakti, semoga Allah SWT mereka menempatkan mereka yang sangat indah, Aamiin,” tulis akun @bagusdwimulya.

Adapun yang berharap akan adanya keajaiban, “...Datang akan Pergi..., Terbit dan TenggeLam... Kita masih berdoa meskipun kemungkinan hanya 1%,” tulis akun @raditya.np10.

Selain itu, ada juga pengguna Instagram yang bertanya apakah mereka korban KRI Nanggala 402 yang hilang. “Ini mereka korban sebelum hilang ya?” tulis akun @endrilopa.

4 dari 4 halaman

Bagai Isyaratkan Perpisahan

Terdapat video lanjutan yang diunggah oleh Erix Soekamti pada Minggu, 25 April 2021. Berbeda dari video sebelumnya, dalam video kedua ini menampilkan kru yang diduga dari KRI Nanggala 402 yang membawa tulisan sepenggal bait lagu Sampai Jumpa secara bergantian.

Datang akan pergi… Lewat kan berlalu… Ada kan tiada… Bertemu, akan berpisah… Awal kan berakhir… Terbit kan tenggelam… Pasang akan surut… “ sepenggal lantunan lagu milik Endank Soekamti yang terdapat dalam video tersebut.

Sempet mikir, apakah mereka selalu melakukan ini setiap sebelum bertugas menyelam. Semoga lagu ini benar-benar bisa menjadi pesan pahlawan untuk keluarga yg ditanggalkan. Selamat jalan pahlawan. *Hormat #prayforkrinanggala402,” tulis Erix Soekamti pada keterangan unggahan Instagram miliknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.