Sukses

Yuk Belajar Keunikan Ragam Budaya ASEAN!

Liputan6.com, Jakarta Setelah belajar tentang Negara Tetangga di video Belajar dari Rumah Kelas 5 Episode 73, sekarang saatnya membahas tentang keragaman budaya. 

Ya, dalam video Belajar dari Rumah Kelas 5 Episode 74 yang dibuat Kemendikbud, materinya tentang Uniknya Ragam Budaya ASEAN. Di video ini adik-adik bisa tahu, apa saja persamaan antara Indonesia dengan Malaysia. 

Misalnya dari pakaian yang digunakan. Malaysia memiliki pakaian adat yang namanya baju kurung. Ini merupakan pakaian longgar dan berlengan panjang yang digunakan perempuan Malaysia. 

Kalau di Indonesia, perempuan muslim juga menggunakan pakaian mirip seperti baju kurung kan ya? Di Indonesia lebih dikenal dengan nama baju gamis. 

Selain itu, pria di Malaysia juga menggunakan sarung dan peci. Sama seperti orang-orang di Indonesia. 

Selain itu apalagi? Dalam sesi belajar ini, Kak Ivan juga menjelaskan pakaian adat dari negara tetangga Indonesia lho. 

Misalnya, warna Filipina memiliki pakaian adat perempuan yang dikenal dengan nama baro't. Pakaian adat ini menggabungkan gaya pakaian prakolonial asli Filipina dan Spanyol. 

Masih banyak lho keunikan budaya dari negara tetangga kita. Untuk penjelasan lainnya, yuk adik-adik yang duduk di Kelas V menonton program Belajar dari Rumah (BdR) setiap hari di TVRI, pukul 10.30-11.00 WIB.

 

(*)