Sukses

Arti Surat Al Fatihah Ayat 1-7, Ketahui Mukjizat dan Keutamaannya

Liputan6.com, Jakarta Surah al Fatihah merupakan surah pembuka dalam Al-Qur'an. Arti surat al Fatihah sendiri berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti "pembukaan".Surah yang terdiri dari 7 ayat ini memiliki banyak nama lain, di antaranya Ummul-Kitab, Ummul-Quran, as-Sab'ul Matsani, Asy-Syifa, atau Ar-Ruqyah.

Membaca surat Al Fatihah merupakan salah satu rukun sholat yang wajib dilakukan. Pasalnya setiap muslim yang menunaikan ibadah salat, baik salat wajib maupun sunnah, selalu dianjurkan membaca surat al Fatihah. Selain itu, surat ini juga kerap dibaca dalam pembukaan sebuah acara seperti majelis, pengajian, pembelajaran, dan lain sebagainya. 

Surat al Fatihah memiliki keagungan yang tentu sudah tidak diragukan lagi. Seperti dilansir dari NU Online, keagungan surat al Fatihah terletak pada kandungan ayat-ayatnya. Bahkan, Allah SWT menyimpan semua ilmu di dalam Al-Qur'an dalam surat al Fatihah.

Dalam hal ini, berarti surat al Fatihah adalah sumber dari segala sumber ilmu dan segala sumber rahmat Allah. Tak heran, jika membaca surat al Fatihah memiliki segudang keutamaan bagi umat Muslim. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu hadits, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

"Seagung-agung surat dalam Al-quran ialah surat Al-Hamdu lillahi rabb Al-Alamin (Surat Al-Fatihah)." (HR. Imam Al-Bukhari).

Lantas, jika setiap hari telah kita baca apakah Anda tahu apa arti surat al Fatihah itu sendiri? Berikut telah dirangkum oleh Liputan6.com tentang arti surat al Fatihah beserta keutamaan dan mukjizatnya dari berbagai sumber, Senin (26/4/2021).

2 dari 5 halaman

Bacaan Surat Al Fatihah Beserta Artinya

Berikut ini adalah bacaan dan arti surat al Fatihah latin yang perlu Anda ketahui :

Bismillahirrahmanirrahim 

Artinya : "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,”

Alhamdulillahi rabbil alamin

Artinya : “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,”

Ar-Rahmanir Rahîm

Artinya : “Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,”

Maliki yaumiddin

Artinya : “Yang menguasai di hari Pembalasan,”

Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta'in

Artinya : “Hanya Engkaulah yang Kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan,”

Ihdinash shirathal mustaqim

Artinya : “Tunjukilah Kami jalan yang lurus,”

Shirathal ladzina an'amta 'alaihim ghoiril maghdzubi ‘alaihim waladldlallin

Artinya : (Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

3 dari 5 halaman

Mengenal Kandungan Surat al Fatihah

Setelah mengetahui arti surat al Fatihah, selanjutnya adalah mengenal kandungan dalam surat al Fatihah. Dalam surah Al Fatihah, terdapat beberapa kandungan yang mencakup tujuan dari Al-Qur'an. Seperti prinsip dan turunan ajaran agama yang meliputi aqidah, ibadah, syariah, keyakinan atas hari akhir, keimanan atas sifat mulia Allah, pengesaan dalam penyembahan, juga permohonan pertolongan melalui doa. Al Fatihah juga mengandung prinsip-prinsip asasi semua surah-surah di dalam Al-Qur’an.

 

4 dari 5 halaman

Keutamaan Surat Al Fatihah

Setelah mengetahui arti surat al Fatihah, baiknya kita juga memahami keutamaannya. Adapun keutamaan dari surat al Fatihah tersebut yaitu sebagai berikut :

1. Memudahkan hajat

Membaca surat Al Fatihah dengan niat sesuai dengan apa yang diinginkan, maka Allah akan memudahkan hajatnya.

2. Sebagai obat

Surat Al-Fatihah dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Al-Fatihah menjadi kunci pembuka segalanya. Dikutip dalam buku berjudul 'Ruqyah Tadabbur Ayat Suci Alquran untuk Menyembuhkan Penyakit Kanker, Tumor dan Kista' oleh H Fadhil Zainal Abidin BE dan Muhammad Vandestra mengutip surat Al Israak ayat 82, Allah SWT telah menegaskan bahwa ia telah menurunkan Alquran di dalamnya ada obat bagi berbagai macam penyakit.

"Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (Al Israak 82).

3. Sebagai ruqyah

Surat al Fatihah merupakaan bacaan ruqyah yang sangat penting. Ruqyah adalah salah satu metode untuk mengeluarkan gangguan jin atau setan pada diri manusia.

Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah. Nabi bersabda bahwa tidak meruqyah seseorang, kecuali dengan membacakan Al Fatihah. Begitu istimewa surat ini maka surat ini memang dianjurkan untuk dibaca ketika sedang melakukan ruqyah.

4. Sebagai syarat sah salat

Surat ini masuk dalam rukun salat sehingga tidak ada salat tanpa Al Fatihah. Dan apabila seseorang tidak membaca surat Al Fatihah saat salat, maka salatnya dianggap tidak sah.

5. Melancarkan rezeki

Keutamaan surat Al Fatihah selanjutnya yakni dapat melancarkan rezeki. Dengan membaca surat Al Fatihah sebanyak 20 kali setelah melaksanakan salat fardhu atau salat lima waktu, maka Allah akan membukakan pintu rezeki kepada seorang muslim yang membacanya.

6. Mendapatkan pahala seperti membaca sepertiga Al quran

Seorang muslim yang membaca dan mengamalkan surat Al Fatihah, maka Allah memberikannya pahala seperti halnya membaca sepertiga Alquran.

7. Dilindungi dari godaan setan yang terkutuk

Membaca surat Al Fatihah ketika hendak tidur dan diikuti dengan surat Al Falaq dan An Naas akan memberikan perlindungan kepada seseorang muslim dari godaan setan yang terkutuk saat tidur.

8. Sebagai doa meminta jodoh

Dengan membaca surat Al Fatihah setiap hari dengan hati yang tulus dan ikhlas kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al Baqarah, maka Allah akan mendekatkan jodoh untuk seorang yang telah membaca surat tersebut.

9. Mendapatkan ampunan dosa

Seorang muslim yang rajin dan ikhlas membaca surat Al Fatihah, maka Allah akan memberikan ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat.

10. Menyelamatkan dari api neraka

Orang yang semasa hidupnya rutin membaca surat Al Fatihah, maka kelak di akhirat Allah akan menyelamatkan lidah orang tersebut dari panasnya api neraka.

5 dari 5 halaman

Mukjizat Surat Al Fatihah

Setelah mengetahui arti surat al Fatihah,ada baiknya mengetahui mukjizat dari turunnya surat al Fatihah. Surat al Fatihah diturunkan beriringan dengan mukjizat-mukjiat yang menyertainya, di antaranya:

1. Surat Paling Utama

Surat Al Fatihah merupakan surat yang paling utama di antara surat-surat lainnya. Imam Ahmad bin Hanbal dalam riwayatnya mengatakan:

"Yahya bin Said menyampaikan kepada kami dari syu'bah yang menerima kabar ini dari Hubaib bin Abdurrahman, dari Hafidz bin Ashim, dari Abu Said Al Ma'aalli ra, 'ketika aku sedang sholat. Rasulullah memanggilku. Aku tidak menyahut. Setelah selesai sholat aku mendatangi beliau.

Rasulullah bersabda: 'Kenapa kamu tidak segera mendatangiku?' Aku menjawab, 'Karena aku sedang sholat, ya Rasulullah."

Kemudian Rasulullah juga bersabda: "Aku akan mengajarkan kepadamu surat yang paling utama dalam Al Quran sebelum kamu keluar dari masjid ini, yaitu Alhamdulillahirabbil 'aalamiin (dan seterusnya) ialah tujuh ayat yang berulang-ulang dan itulah Al Quran Al Azim yang telah disampaikan kepadaku."

2. Turun Langsung dari Arsy

Surat Al Fatihah diturunkan langsung dari Arsy oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Al Hakim meriwayatkan dalam kitabnya Al Mustadrak, Rasulullah SAW bersabda:

"Amalkanlah semua yang terdapat dalam Al Quran, halalkanlah apa yang dihalalkannya, haramkanlah apa yang diharamkannya, dan patuhilah dia. Jangan sekali-sekali engkau ingkari apa yang ada di dalamnya. Pada apa-apa yang kamu tidak mengerti maksudnya, kembalikanlah kepada Allah dan orang-orang yang memiliki pengetahuan sesudah aku meninggal nanti, supaya diterangkan kepadamu.

Berimanlah kamu kepada Taurat, Zabur, Injil, dan apa saja yang dibawa oleh para nabi dari Tuhan mereka. Al Quran dan segala keterangan yang tercantum di dalamnya akan memberi kelapangan kepadamu. Sesungguhnya Al Quran itu pemberi syafaat, sesuatu yang tidak pandai berbicara tetapi membawa kebenaran. Sedangkan surat Al Fatihah diberikan kepadaku langsung dari Arsy."