Sukses

5 Cara untuk Menghilangkan Noda Pada Pakaian Putih

Liputan6.com, Jakarta Memiliki baju putih memang perlu waspada. Apalagi ketika sedang makan yang berlemak atau minum kopi. Jika tidak hati - hati bisa saja makanan jatuh ke baju putih dan membuat noda yang sukar dibersihkan.

Untuk membersihkannya, tidak semudah mencuci pakaian dengan detergen. Diperlukan cara untuk mengakali agar noda pada baju putih hilang.

Cuka

Untuk menghilangkan noda pada baju putih bisa kamu akali dengan menggunakan bahan - bahan di dapur, cuka misalnya. Kamu cukup mencampurkan cuka dengan air dan rendam baju putih selama 30 - 60 menit. Jika masih belum maksimal, kamu bisa menggunakan baking powder yang digosokan pada noda membandel.

Asam borat

Asam borat cocok untuk menghilangkan noda kuning akibat keringat. Campurkan satu sendok makan asam borat dengan air dan oleskan ke noda. Biarkan selama 15 sampai dengan 20 menit, lalu cuci seperti biasa. Kamu juga bisa menambahkan asam borat dengan detergen saat mencuci menggunakan mesin cuci.

Lemon

Air lemon juga dipercaya mampu menghilangkan noda pada baju putih. Caranya sebelum mencuci baju tersebut, rendamlah di air lemon beberapa saat sebelum mencucinya.

Kapur

Kapur bisa digunakan untuk menghilangka noda minyak. Gosoklah pakaianmu yang terkena noda minyak dengan kapur sebelum mencucinya. Kapur da[at menyerap dengan bagus dan bisa mudah mengangkat noda minyak.

Pemutih

Jika detergen belum ampuh menghilangkan noda pada pakaian putih, kamu bisa menggunakan porduk pemutih pakaian. Pilih pemutih pakaian yang tidak mengandung klorin, sehingga tidak akan merusak serat pakaian.

Lagi pula, kini kamu bisa menggunakan pemutih pakaian yang bubuk atau yang cair. Gunakan secukupnya pada pakaian. Lalu, kamu rendam beberapa menit, selanjutnya kamu kucek perlahan. Setelah noda hilang, kamu bisa mencuci pakaian putih itu dengan detergen.

 

(*)