Sukses

Modal adalah Sekumpulan Harta untuk Produksi dan Meningkatkan Kekayaan, Pahami Sumbernya

Liputan6.com, Jakarta Pengertian modal penting diketahui calon usahawan atau sekadar untuk pengetahuan. Modal adalah sekumpulan harta untuk melakukan produksi dan mampu meningkatkan kekayaan dari keuntungan yang dihasilkan. Modal adalah bisa berasal dari pemilik usaha dan pihak asing.

Kedua sumber modal ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Berdasarkan pengertian modal tersebut, harta yang dimaksudkan adalah benda, uang, dan lain sebagainya yang bisa membantu proses berlangsungnya produksi dalam sebuah usaha.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian modal adalah uang, barang, dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk berdagang, melepas uang, dan lain sebagainya. Modal adalah harta benda yang dapat digunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih lanjut tentang modal adalah sekumpulan harta untuk melakukan produksi dan mampu meningkatkan kekayaan dari berbagai sumber, Selasa (27/4/2021).

2 dari 5 halaman

Pengertian Modal Menurut Ahli

Prof. Bakker

Pengertian modal adalah baik yang berupa barang konkret yang masih ada dalam rumah tangga perusahaan yang terdapat dalam neraca sebelah debet maupun berupa biaya daya beli/nilai tukar dari barang-barang itu yang tercatat disebelah kredit.

Atmaja (2008: 155)

Pengertian modal adalah dana yang digunakan untuk membaca pengadaan aktiva dan koperasi perusahaan.

Bambang Riyanto (1998: 10) 

Pengertian modal adalah hasil produksi yang digunakan untuk memproduksi lebih lanjut. Dalam perkembangannya kemudian modal adalah ditekankan pada nilai, daya beli atau kekuasaan memakai atau menggunakan yang terkandung dalam barang-barang modal.

Prof. Polak

Pengertian modal adalah sebagai kekuasaan untuk menggunakan barang modal, sehingga modal terdapat dalam neraca kredit. Adapun barang yang dimaksud dengan barang modal adalah barang yang ada dalam perusahaan yang belum digunakan, jadi terdapat di neraca sebelah kredit.

Munawir (2006: 19)

Pengertian modal adalah hak atau bagian. Modal adalah kekayaan perusahaan yang terdiri atas kekayaan yang disetor atau yang berasal dari luar perusahaan dan kekayaan itu hasil aktivitas usaha itu sendiri.

Naiggolan (2004: 3)

Pengertian modal adalah kelompok yang berisi dari pemilik terhadap perusahaan.

Moekijat

Pengertian modal adalah seluruh hal yang dimiliki oleh pihak perusahaan yang meliputi uang tunai, kredit, hak dalam membuat, dan menjual sesuatu dalam bentuk paten, berbagai mesin, dan properti.

 

3 dari 5 halaman

Modal adalah Sekumpulan Harta untuk Produksi dan Meningkatkan Kekayaan

Pengertian modal adalah barang yang dihasilkan untuk memproduksi barang yang lain. Secara umum, pengertian modal adalah berbetuk barang atau uang yang digunakan untuk melakukan suatu produksi. Modal adalah salah satu hak atau bagian dalam sebuah usaha atau perusahaan.

Menurut para ahli modal adalah kekayaan dalam sebuah perusahaan, entah dari luar maupun aktivitas usaha yang dijalankan. Ada pula yang mengatakan bahwa modal adalah barang milik perusahaan yang belum digunakan dan masuk dalam perhitungan kekayaan.

Dalam sebuah masa produksi sesuatu, pengertian modal adalah mengalami penekanan pada nilai, daya beli atau kekuasaan memakai atau menggunakan. Tujuan dari keberadaan modal adalah memperoleh keuntungan yang nilainya lebih dari barang atau uang awal yang digunakan.

Untuk bisa menjalankan sebuah usaha, modal adalah poin yang paling penting. Besaran modal yang dikeluarkan memang bisa meningkatkan pendapatan atau keuntungan. Akan tetapi lebih baik bila modal adalah kecil atau sedikit dan dapat menghasilkan keuntungan banyak.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian modal adalah uang, barang, dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk berdagang, melepas uang, dan lain sebagainya. Modal adalah harta benda yang dapat digunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan.

4 dari 5 halaman

Sumber Modal Utama

Pinjaman atau Utang

Hal ini dijelaskan Bambang Riyanto (1998: 227), bahwa pinjaman adalah modal yang berasal dari luar perusahaan yang sifatnya sementara bekerja didalam perusahaan, dan bagi perusahaan yang bersangkutan modal tersebut merupakan utang yang pada saatnya harus dibayar kembali.

Pinjaman yang dapat digunakan sebagai modal adalah terdiri dari beberapa macam, berikut ini rinciannya:

1. Pinjaman jangka pendek, terdiri dari: rekening koran, kredit dari penjual, kredit dari pembeli, dan kredit wesel.

2. Pinjaman jangka menengah, terdiri dari: term loan dan leasing.

3. Pinjaman jangka panjang, terdiri dari: pinjaman obligasi dan pinjaman hipotek.

Modal Sendiri

Modal sendiri untuk menjalankan sebuah usaha berasal dari pemilik usaha. Modal ini tertanam di perusahaan untuk waktu yang tidak diketahui dapat bertahan berapa lama.

Sumber utama dari modal sendiri adalah internal. Modal ini biasanya dihasilkan dari produksi yang sudah pernah dilakukan atau kekayaan dari pemilik perusahaan yang menjalankan usaha.

Macam-macam modal sendiri adalah laba ditahan, cadangan, dan modal saham. Untuk bisa mengandalkan modal sendiri, biasanya sebuah perusahaan harus menahannya dari keuntungan atau lainnya dalam jangka waktu tidak sebentar.

Kelebihan dari modal milik sendiri adalah tidak ada biaya untuk bungan dan keperluan administrasi seperti pinjaman. Pemilik modal tidak perlu bergantung dengan pihak yang lain dan berhubungan dengan syarat rumit. Paling penting, pemilik modal tidak memiliki kewajiban mengembalikannya.

Akan tetapi, modal asing lebih fleksibel jumlahnya atau bisa lebih banyak dari modal sendiri. Usaha yang berasal dari modal asing biasanya lebih semangat dijalankan daripada modal yang berasal dari internal. Begitu juga modal sendiri lebih sulit diperoleh daripada modal asing.

5 dari 5 halaman

Cara Mendapatkan Modal Tanpa Pinjaman Bank

1. Tabungan

Cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank yang pertama sebenarnya cara yang paling mudah untuk dilakukan. Selain itu, menggunakan cara ini juga memperkecil risiko yang akan ditanggung apabila usaha yang dijalankan mengalami masalah di depan nanti.

Memang untuk menggunakan cara ini dibutuhkan kesabaran yang cukup besar. Namun bukan tidak mungkin akan tercapai, terutama jika sudah bekerja dan mendapatkan pemasukan tambahan untuk mengumpulkan modal usaha.

2. Jual Aset Pribadi

Cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank yaitu dengan menjual aset pribadi yang dimiliki. Aset yang dimaksud bisa berupa motor, mobil, rumah, gadget yang tidak terpakai, barang elektronik, tabungan emas, dan lain sebagainya.

Tapi memang, cara ini perlu kerelaan hati dan keyakinan bahwa aset yang dijual tidak akan berakhir sia-sia tanpa usaha yang tidak menuai hasil maksimal. Setidaknya hal ini bisa memacu untuk selalu fokus dan konsisten dalam menjalankan usaha.

3. Gadaikan Aset PribadiMungkin masih banyak dari Anda yang belum rela untuk melepas aset pribadi untuk dijual dan dijadikan modal usaha. Tak apa, mungkin Anda bisa mencoba cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank dengan menggadaikan aset pribadi.

4. Patungan BersamaJika berbagai cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank sebelumnya masih saja cukup berat untuk dilakukan, maka Anda bisa menggunakan sistem patungan bersama. Tapi jika ingin membuka usaha dengan cara patungan bersama, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menimbulkan berbagai masalah di depan nanti, yaitu:

- Usahakan patungan ini dijalankan maksimal dua orang. Hal ini untuk menghindari terlalu rumitnya proses komunikasi dan pembagian keuntungan.

- Usahakan partner usaha merupakan orang yang memiliki visi yang sama dan memang berkompeten serta professional dalam menjalankan usaha.

- Akan lebih aman apabila membuat perjanjian kerjasama di atas kertas agar tidak terjadi hal yang mungkin tidak diinginkan dan bisa saja terbawa hingga ke ranah hukum.

5. Investor

Cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank ini juga cukup efektif untuk dilakukan. Namun diperlukan konsep usaha yang jelas. Selain itu, keseriusan dalam membangun sebuah usaha juga menjadi penilaian investor. Semakin baik konsep serta detail dari usaha yang akan dibangung, maka bisa semakin besar pula nominal yang akan diberikan oleh investor.

6. Mengandalkan Hibah

Cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank ini sudah cukup banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Sebab, minat penduduk Indonesia untuk membuka usaha sendiri cukup tinggi.

Berbagai jenis dana hibah yang diberikan tersebut bisa digunakan bagi Anda yang sudah menjalankan usaha maupun yang baru akan menjalankan usaha, tentunya dalam skala usaha yang masih kecil.

7. Lomba Bisnis

Cara dapat modal usaha tanpa pinjam bank bisa memanfaatkan berbagai kompetisi bisnis. Tapi, agar dapat mengikuti lomba bisnis tersebut, Anda wajib membuat sebuah proposal bisnis yang sangat detail dan proposal tersebut akan dipresentasikan.

Apabila Anda terpilih dan sukses menjuarai lomba tersebut, biasanya akan ada hadiah utama berupa modal usaha gratis, lalu ada pendampingan dari mentor handal hingga bisns Anda benar-benar terwujud.