Sukses

Cara Hitung Persen dengan Cepat, Lengkap Beserta Rumus dan Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Cara hitung persen sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Persen digunakan untuk mewakili suatu data agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Pasalnya berbagai data statistik, penawaran diskon di pusat perbelanjaan, persentase suku bunga, jumlah penduduk, dan bidang-bindang kehidupan lainnya biasa menggunakan persen.

Persen adalah sebuah bilangan yang menyatakan seberapa besar bagian dari total sebuah barang atau nilai. Besarnya persentase dilambangkan dengan %, di mana persen ini sama artinya dengan satu per seratus. 70% sama dengan 70/100.  

Cara hitung persen pun sebenarnya tidak begitu sulit, yaitu dengan mengalikan angka bilangan persen dengan harga atau jumlah angka lain, lalu membaginya dengan angka seratus. Angka seratus ini merupakan angka tetap yang ada dalam persen. Sebab, persen sama artinya dengan satu per seratus.

Untuk lebih mengetahui mengenai cara hitung persen yang benar dan cepat sesuai dengan kebutuhannya, berikut ini telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (28/4/2021).

2 dari 5 halaman

Mengenal Arti Persen

Pada dasarnya, persen merupakan sebuah bentuk bilangan yang menggambarkan berapa bagian dari keseluruhan data yang ada. Besar perbandingan yang digunakan dalam persentasi yakni perseratus atau %.

Misalkan saja, di sebuah desa terdapat 67% penduduk dengan jenis kelamin pria, berarti 67 dari 100 penduduk di desa tersebut adalah pria. Hal ini juga berlaku pada potongan harga atau pajak yang ada di sebuah supermarket.

3 dari 5 halaman

Cara Hitung Persen dalam Matematika

Cara hitung persen yang pertama bisa dengan menghitung persen atau nilai secara keseluruhan. Rumus sederhana cara hitung persen adalah:

Persentase (%) = Jumlah Bagian/Jumlah Keseluruhan x 100%

Berikut contoh soalnya:

Sebuah toples berisi 1500 permen biru dan 350 permen merah. Sehingga total permen dalam toples tersebut berjumlah 1850. Jumlah 1850 ini bernilai 100%. Lalu berapakah nilai persen dari permen biru dan merah?

Jawaban dan penjelasan:

Caranya mudah, kamu tinggal menggunakan rumus di atas.

Persentase Permen Biru = Jumlah Permen Biru/Jumlah Keseluruhan Permen x 100%

Persentase Permen Biru = 1500/1850 x 100% = 0,82 x 100% = 82%

Persentase Permen Biru = 82%

Persentase Permen Merah = Jumlah Permen Merah/Jumlah Keseluruhan Permen x 100%

Persentase Permen Biru = 350/1850 x 100% = 0,18 x 100% = 18%

Persentase Permen Biru = 18%

4 dari 5 halaman

Cara Hitung Persen dengan Mengubah Bentuk

Cara hitung persen yang berikutnya adalah mengubah bentuk persen. Cara ini biasanya dilakukan untuk mengetahui nilai persennya. Seperti dalam menghitung pajak, tip atau bonus, dan bunga pinjaman, berikut penjelasannya :

1. Untuk memahaminya, bisa dengan mengaplikasikan soal berikut. Misalnya, Anda meminjam uang kepada seorang teman yang disertai dengan bunga. Jumlah pinjaman yang diberikan adalah 15.000 dengan bunga sebesar 3 %. Berapa nilai bunga yang dikenakan.

2. Pertama, ubah bentuk persen menjadi desimal, yaitu 3/100 = 0,03.

3. Kemudian, kalikan jumlah desimal dengan jumlah uang yang dipinjamkan, berarti 0,03 x 15.000 = 450.

4. Maka nilai bunga yang dikenakan adalah 450 rupiah.

5. Sehingga total uang yang harus dikembalikan adalah 15.000 + 450 = 15.450 rupiah.

5 dari 5 halaman

Cara Hitung Persen untuk Diskon

Cara hitung persen berikutnya adalah menghitung diskon. Salah satu contoh persentase yang mungkin sering kali kamu temui adalah saat ke pusat perbelanjaan. Agar Anda dapat menghitung cepat diskon yang ada di pusat perbelanjaan, berikut ini penjelasannya.

Contoh Soal :

Anda ingin membeli sebuah baju dengan harga 200.000. Kemudian toko tersebut memberikan diskon besar sebanyak 40 %. Lalu berapa jumlah uang yang harus dibayarkan untuk membeli baju tersebut. Berikut adalah cara menghitung persen untuk diskon dengan benar.

1. Pertama, ubah bentuk persen menjadi desimal, berarti 40/100 = 0,40.

2. Kemudian, kalikan bentuk desimal dengan total harga baju semula atau sebelum didiskon, yaitu 0,40 x 200.000 = 80.000.

3. Berarti nilai atau besaran diskon yang didapat adalah 80.000 rupiah.

4. Selanjutnya untuk mengetahui berapa uang yang harus dibayarkan, bisa dengan mengurangi harga awal dengan nilai diskon yang didapat. Berarti 200.000 – 80.000 = 120.000 rupiah.

5. Dengan begitu, untuk membeli baju tersebut Anda hanya cukup membayar 120.000 rupiah.

Itu tadi beberapa cara hitung persen dengan baik dan benar sesuai dengan kebutuhan. Beberapa cara tersebut dapat diaplikasikan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk menghitung besaran diskon yang didapat saat belanja, dan masih banyak yang lainnya.

Maka, secara tidak langsung Anda sudah dapat memahami cara hitung persen ini. Untuk itu dalam beberapa kegiatan transaksi yang dilakukan sehari-hari dapat dilakukan secara baik dan benar. Ini juga menghindarkan Anda dari kecurangan atau penipuan yang biasa terjadi dalam kasus-kasus tertentu.

Bukan hanya itu saja, dengan mengetahui cara hitung persen dengan baik bisa menjadi modal Anda untuk menentukan strategi penjualan suatu barang atau produk. Khususnya, bagi Anda yang bergelut di dunia bisnis atau perdagangan. Dengan memberikan diskon atau potongan harga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan minat dan tingkat konsumsi di masyarakat. Sehingga bisa mendapatkan hasil penjualan yang optimal.