Sukses

Pengertian Tujuan Menurut Para Ahli, Lengkap dengan Makna dan Jenis-jenisnya

Tujuan adalah suatu penjabaran dari sebuah visi dan misi, merupakan suatu hal yang akan dicapai dan dihasilkan oleh berbagai lembaga dan perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian tujuan merupakan penjabaran dari visi dan misi dan juga merupakan hal yang akan dicapai atau dihasilkan oleh organisasi atau perusahaan. Setiap semua individu yang akan melakukan sesuatu tentu mempunyai sebuah tujuan. Tujuan adalah pernyataan tentang keadaan di mana suatu organisasi atau perusahaan ingin mencapai ini dan pernyataan tentang keadaan organisasi di masa depan sebagai upaya bersama untuk itu. 

Tujuannya adalah untuk menerjemahkan visi dan misi Anda serta apa yang akan dicapai atau diproduksi oleh lembaga atau perusahaan Anda. Sasaran bisnis adalah sasaran kuantitatif dan ukuran keberhasilan kinerja perusahaan.

Sasaran dalam bisnis ialah adanya suatu sasaran kuantitatif dan tolok ukur untuk keberhasilan kinerja bisnis. Ketika merumuskan tujuan SMART, mereka spesifik, terukur, berorientasi, realistis dan tepat waktu atau khusus atau spesifik, terukur, berorientasi pada tindakan, realistis dan abadi.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai pengertian tujuan, makna hingga jenis-jenis tujuan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (29/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Tujuan Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami maksud dan tujuannya, pertama-tama kita harus memahami pendapat para ahli tentang definisi tujuan. Berikut pendapat para ahli mengenai pengertian tujuan ini adalah:

1. Ken Mcelroy

Pengertian tujuan adalah langkah pertama menuju kesuksesan dan tujuan juga merupakan kunci menuju kedalam sebuah kesuksesan.

2. Yayasan Trisakti

Pengertian tujuan adalah kunci untuk memutuskan atau merencanakan apa yang harus dilakukan jika pekerjaan harus dilakukan, dan disertai dengan jaringan prosedur, politik, anggaran dan identifikasi program.

3. H.R. Daeng Naja

Pengertian tujuan adalah sebagai misi organisasi masa depan, dan seorang manajer harus bertujuan untuk memimpin organisasi untuk mencapai tujuan itu.

4. Business Dictionary (Kamus Bisnis)

Berdasarkan pada pernyataan bisnis, Tujuan merupakan sebuah hasil akhir yang bisa untuk diamati dan juga diukur mempunyai satu atau lebih dari tujuan yang ingin kalian dicapai dalam jangka waktu yang dianggap lebih atau juga kurang tetap.

5. Tommy Suprapto

Menurut Tommy Suprapto, pengertian tujuan adalah pencapaian misi tertentu dan dapat dicapai dalam waktu singkat. Tujuan adalah pernyataan tentang keadaan di mana suatu organisasi atau perusahaan ingin mencapai ini dan pernyataan tentang keadaan organisasi di masa depan sebagai upaya bersama untuk itu.

3 dari 5 halaman

Makna Tujuan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, kata 'Tujuan' bermakna sebagai "arah atau haluan, sesuatu yang dituju, maksud, dan tuntutan". Tujuan dengan makna 'arah/haluan' lebih menunjukkan jurusan, tempat, kota, sudut, dan sebagainya.

Dalam sebuah kalimat bisa ditulis atau disampaikan dengan contoh kalimat, "tujuan keretanya ke Stasiun Bandung". Tujuan dengan makna "yang dituju/maksud /tuntutan”, biasanya mengarah pada topik tertentu. Topik yang memiliki penjelasan lebih dalam dan dijadikan sebuah nilai ketika dicapai. Dalam sebuah kalimat bisa ditulis atau disampaikan dengan contoh, "tujuan dari pembicaraan itu sangat sulit ditebak".

Dengan kata lain, dalam pembahasan yang mengenai tentang apa itu tujuan dan juga apa pengertiannya. Makna dari sebuah tujuan adalah sesuatu yang dapat kita perjuangkan supaya menjadi selaras dengan berbagai tujuan kita. Mencapai sebuah arah daya tuju kita yang akan membantu kita untuk mencapai sebuah tujuan kita. Tujuan ini umumnya akan muncul dari sebuah proses visi, atau juga setidaknya  disebut “rencana” yang akan membuat kita terus menerus menuju ke arah yang lebih benar.

4 dari 5 halaman

Jenis-jenis Tujuan

Setelah mengetahui pengertian tujuan, selanjutnya memahami jenis-jenis tujuan. Waktu yang Anda tetapkan untuk mencapai tujuan itu membuat perbedaan besar pada jenis tujuan jika Anda telah mendefinisikan tujuan. Di bawah ini adalah beberapa tipe berdasarkan tujuan berdasarkan waktu tersebut, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Tujuan Seumur Hidup

Jenis dalam sebuah tujuan pertama ialah terdapat dalam suatu sasaran usia atau hidup. Tujuan hidup merupakan adanya suatu tujuan dalam jangka panjang yang bertahan 10 tahun.

2. Tujuan Jangka Pendek

Tujuan jangka pendek tidak selalu tepat. Tujuan ini dapat dicapai dalam satu bulan, enam bulan atau satu tahun. Ini adalah tujuan yang dibangun dalam jangka pendek dengan tujuan yang jelas untuk mencapai tujuan jangka panjang atau jangka panjang.

3. Tujuan Jangka Panjang

Tujuan jangka panjangnya ialah bekerja keras. Anda dan saya harus memiliki batas waktu tertentu untuk mereka (biasanya selama 5 atau 10 tahun).

4. Batu Pijakan dari Tujuan

Langkah demi langkah, ini adalah tujuan transaksi. Anggap ini sebagai proses langkah demi langkah untuk membantu Anda mencapai tujuan yang lebih besar. Misalnya, itu adalah blok penyusun (leg) yang menciptakan tujuan jangka pendek yang dapat Anda gunakan untuk membuat tujuan jangka panjang dan jangka panjang.

5 dari 5 halaman

Perbedaan Tujuan dan Sasaran

Tujuan merupakan sebuah target untuk dicapai dikemudian hari dengan waktu yang juga telah ditargetkan yang akan kita capai dengan melakukan berbagai usaha semampu kita sehingga memperoleh hasil yang kita inginkan.

Sedangkan sasaran adalah penjabaran dari sebuah tujuan, mengenai tentang apa yang akan menjadi hal yang dicapai atau akan dihasilkan oleh sebuah organisasi atau suatu perusahaan di dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Sasaran usaha ini harus spesifik dan sistematis, juga terukur,  dan mempunyai kriteria yang jelas, mempunyai indikator yang dengan rinci sehingga dapat tercapai dengan cara efektif dan juga efisien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.