Sukses

6 Cara Membuat Cover Buku yang Menarik, Bikin Pembaca Kepincut

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat cover buku menjadi bahan pertimbangan yang perlu Anda perhatikan. Pasalnya, dari sebuah cover buku saja bisa menentukan laku tidaknya buku tersebut di pasaran. Sampul Buku merupakan hal penting yang pertama kali orang lihat saat memutuskan untuk membeli sebuah buku.

Buku yang memiliki tampilan cover dengan grafis yang cantik pasti akan lebih menarik untuk dibeli, dibandingkan dengan buku yang memiliki tampilan yang sederhana dan biasa saja. Untuk itu, perlu adanya sentuhan khusus untuk Membuat Buku mempunyai daya tarik tersendiri bagi pembacanya.

Buku-buku yang masih disegel di toko buku hanya mengandalkan tampilan cover untuk menarik perhatian pembaca. Di antara begitu banyak buku-buku yang ditata di rak buku, mau tak mau cover yang unik dan mampu bercerita akan membuat rasa penasaran calon pembaca untuk datang mendekat dan melihat lebih dalam lagi.

Oleh sebab itu, saat membuat cover buku, seorang desainer dituntut untuk menghasilkan karya yang bernilai seni, unik dan sekaligus mampu menarik minat baca. Memang tak mudah untuk mewujudkannya, berikut ini cara membuat cover buku yang menarik yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (30/4/2021).

2 dari 7 halaman

1. Temukan Inspirasi dan Ide untuk Desain Cover Buku

Cara membuat cover buku yang pertama adalah mencari ide dan inspirasi. Aspek utama dari sebuah cover buku yang mesti Anda perhatikan adalah kekuatan penyampaian pesan yang ditampilkan dari visualnya. Anda harus memastikan bahwa cover buku Anda mampu menarik perhatian orang-orang yang menjadi target pasar Anda. 

Anda bisa mencari inspirasi dengan melihat buku-buku lain dari genre yang sama, khususnya buku bestselling. Saat memperhatikan desain buku tersebut, Anda akan menemukan pola visual dan elemen-elemen tertentu yang muncul berulang kali. Dalam upaya pemasaran sebuah buku, perusahaan penerbit biasanya selalu berpatokan dari buku yang paling populer dari genre yang sama. 

3 dari 7 halaman

2. Memilih Software Desain Cover Buku

Cara membuat cover buku yang selanjutnya adalahmemilih software desain cover buku. Mendesain cover sebuah buku dapat kamu lakukan dengan mudah menggunakan aplikasi digital. Pada dasarnya, hampir semua software desain grafis bisa Anda gunakan untuk membuat desain sampul buku.  Buat Anda yang belum mahir mendesain, aplikasi desain seperti Canva bisa Anda jadikan pilihan untuk membuat desain sampul buku. Hasilnya juga tak kalah menarik. Sementara, untuk Anda yang sudah berpengalaman dalam bidang desain, aplikasi profesional seperti Adobe InDesign dan Adobe Photoshop bisa membantu untuk menciptakan sampul buku yang menarik. 

4 dari 7 halaman

3. Memilih Elemen Grafis

Cara membuat cover buku yang selanjutnya adalah memilih elemen grafis. Jika Anda berencana untuk mempublikasikan buku Anda secara luas, Anda wajib mempertimbangkan penggunaan elemen-elemen visual pada sampul buku Anda. Hal ini terkait dengan hak cipta yang biasanya ada pada gambar-gambar di internet, menggunakan gambar dengan copyright secara ilegal bisa membuat Anda dapat terkena masalah nantinya. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar memastikan dari mana sumber gambar maupun elemen-elemen visual lain yang digunakan pada cover buku.

Anda bisa mengambil foto sendiri sebagai bahan sampul atau menggunakan jasa fotografer profesional. Alternatif lainnya yang juga sering dipilih adalah dengan memakai gambar bebas copyright yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di situs internet seperti Pixabay dan Unsplash. Jika Anda jago menggambar, Anda juga bisa membuat sendiri visual yang Anda inginkan untuk cover buku. Untuk hasilnya pasti orisinil, unik, dan pastinya akan terasa lebih istimewa.

5 dari 7 halaman

4. Menentukan Dimensi Cover

Cara membuat cover buku yang berikutnya adalah menentukan dimensi cover. Jika Anda berniat untuk membuat sebuah ebook, Amazon merekomendasikan ukuran ideal 2,560×1,600 pixels untuk sampul buku elektronik. Tapi tak perlu khawatir, Anda bisa mencoba berbagai ukuran aspek rasio lain sesuai dengan keinginan Anda.

Sementara untuk buku cetak, cara membuat cover nya sedikit lebih kompleks dibanding buku elektronik. Setiap genre buku memiliki standar ukuran spesifik yang biasa digunakan di tempat percetakan. Berikut ini standar ukuran buku sesuai genre :

a. Fiksi: 4.25″ x 6.87″, 5″ x 8″, 5.25″ x 8″, 5.5″ x 8.5″, 6″ x 9″

b. Novel: 5″ x 8″

c. Anak-anak: 7.5″ x 7.5″, 7″ x 10″, 10″ x 8″

d. Buku teks: 6″ x 9″, 7″ x 10″, 8.5″ x 11″

e. Non-fiksi: 5.5″ x 8.5″, 6″ x 9″, 7″ x 10″

f. Biografi: 5.25″ x 8″, 5.5″ x 8.5″

g. Fotografi: Bebas, sesuaikan dengan keinginan Anda.

Bukan cuma soal ukuran, Anda juga mesti mempertimbangkan jumlah halaman, ketebalan kertas yang dipakai, dan layout huruf pada sampul belakang. Dua faktor ini nantinya akan menentukan ketebalan punggung buku yang dipakai sebagai kerangka sampul.

6 dari 7 halaman

5. Pemilihan Tipografi

Cara membuat cover buku yang berikutnya adalah pemilihan tipografi.  Elemen tipografi atau penggunaan huruf-huruf di sampul buku Anda juga menjadi hal esensial lain yang tak boleh terlewat. Ini ada beberapa tips dalam memilih tipografi yang sesuai untuk cover buku, sebagai berikut :  

a. Lihatlah penataan teks pada cover populer dari genre buku sejenis. Apa jenis font yang dipakai, serif atau sans serif. Seberapa ‘beratkah’ teks yang digunakan. 

b. Gunakan beberapa variasi. Hindarilah penggunaan jenis font yang sama pada sampul buku untuk memberikan informasi mengenai judul, nama penulis, dan tagline. Pilihlah 2-3 variasi font yang berbeda untuk kamu gunakan pada teks di cover. 

c. Fokuskan teks pada judul buku, bukan nama Anda. Ingatlah untuk menyesuaikan ukuran nama penulis agar tidak lebih besar daripada judul buku. Anda juga tidak perlu memberikan kalimat seperti “Ditulis oleh” atau “Novel oleh”.

d. Keep it simple. Cantumkanlah informasi yang benar-benar relevan untuk diketahui oleh pembaca dan hindarilah informasi yang tidak perlu. Judul buku, nama penulis, tagline/nama penerbit sudah lebih dari cukup untuk dicantumkan pada sampul. 

7 dari 7 halaman

6. Kumpulkan Feedback

Cara membuat cover buku yang terakhir adalah kumpulkan feedback. Jika Anda kebingungan dalam menentukan pilihan dari dua desain cover buku, cobalah menanyakan pendapat calon pembaca Anda. Salah satu cara memilih desain terbaik untuk sampul buku Anda adalah dengan meminta beberapa orang untuk memilih salah satu dari desain yang Anda buat. 

Dengan cara Anda bisa membagikan contoh desain buku Anda ke media sosial dan buatlah polling untuk melihat pendapat orang-orang saat melihat karya Anda. Setelah itu, pilihlah desain cover buku yang paling banyak diminati.