Sukses

6 Potret Rumah Abu Jahal, Kini Dialihfungsikan Jadi Toilet Umum

Liputan6.com, Jakarta Amr bin Hisyām atau Abu Jahal yang berarti Bapak Kebodohan adalah salah satu pemimpin penduduk Mekkah yang terkenal akan permusuhannya kepada kaum Muslim. Ia mati terbunuh dalam Perang Badar yang terjadi pada tahun ke-2 Hijriyah. Abu Jahal telah dicatat dalam Al Qur'an sebagai salah satu ahli Neraka Jahannam.

Semasa hidupnya, Abu Jahal tidak suka dengan ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah. Pria yang memiliki putri bernama Ikrimah, yang memeluk Islam dan diyakini sebagai seorang syuhada tersebut sampai kini masih diingat jelas kisahnya oleh masyarakat.

Salah satu peninggalannya yakni tempat tinggalnya bahkan hingga kini masih bisa ditemukan. Penampakan lokasi rumah peninggalan Abu Jahal itu dibagikan oleh pemilik akun YouTube Abdulrohman Akam. Terlihat rumahnya kini dialihfungsikan sebagai toilet umum.

Berikut ini 6 potret rumah Abu Jahal yang kini jadi toilet umum dan tempat wudhu, dirangkum dari YouTube Abdulrohman Akam oleh Liputan6.com, Sabtu (1/5/2021).

2 dari 7 halaman

1. Rumah Abu Jahal berada dekat dengan lokasi Nabi Muhammad SAW dilahirkan.

3 dari 7 halaman

2. Inilah potret area depan rumah peninggalan Abu Jahal, musuh Rasulullah.

4 dari 7 halaman

3. Usut punya usut, rumah bekas peninggalan Abu Jahal kini dialihfungsikan menjadi toilet umum.

5 dari 7 halaman

4. Rumahnya tersebut diubah menjadi sebuah toilet umum yang begitu besar dan luas.

6 dari 7 halaman

5. Di dalamnya juga sudah disediakan tempat untuk para jamaah berwudhu.

7 dari 7 halaman

6. Selain tempat wudhu, bekas rumah peninggalan Abu Jahal ini tersedia kran air yang bisa diminum langsung para jamaah yang sudah berkunjung.