Sukses

12 Tempat Wisata Jakarta yang Sayang untuk Dilewatkan, dari Alam Hingga Sejarah

Ada beberapa tempat wisata Jakarta yang dapat menjadi tujuan Anda untuk berwisata dengan hal yang berbeda dan tak ada di tempat wisata lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Jakarta merupakan tempat unsur-unsur tradisional dan modern serta beragam budaya dari seluruh penjuru Indonesia berpadu. Meskipun padat, kota ini memiliki pesona tersendiri yang menjadikannya salah satu ibu kota yang paling menarik di Asia Tenggara. Ada banyak tempat wisata Jakarta yang sayang untuk dilewatkan ketika sedang berkunjung ke Ibukota Indonesia ini.

Ada beragam tempat wisata di Jakarta yang terkenal, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah seperti tempat wisata yang bertemakan keluarga, ramah untuk anak-anak, taman hiburan, taman kota, wisata alam, wisata kuliner, wisata pendidikan maupun wisata budaya.

Nah, berikut ini ada beberapa tempat wisata Jakarta yang bisa menjadi referensi Anda ketika berkunjung ke Ibukota Indonesia yang telah dirangkum oleh liputan6.com melalui berbagai sumber, Sabtu (1/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata dengan Pantainya yang cantik di Kepulauan Seribu dan Pantai Ancol

1. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan salah satu tempat wisata Jakarta yang bernuansa bahari. Sesuai dengan namanya, Kepulauan Seribu terdiri dari beberapa pulau indah dan memukau setiap pengunjungnya. Pulau-pulau tersebut adalah Pulau Tidung, Pulau Bidadari, Pulau harapan, Pulau Pari, dan pulau-pulau eksotik lainnya. Hal yang bisa Anda lakukan di pulau-pulau tersebut adalah menikmati keindahan laut yang membiru dan membentang luas, pasir putih, anekan water sport dan pesona matahari tenggelam.

Untuk menuju Kepulauan Seribu, Anda harus menyebrang dari Muara Angke dengan menggunakan kapal laut seperti KM Kerapu. Jam operasional untuk membeli tiket kapal adalah dari pukul 06.30 sampai 7.30 WIB. Sementara jam keberangkatan kapal dari Muara angke adalah jam 08.00 sementara kerangkatan dar pulau adalah pukul 13.00. Terdapat banyak rute atau pilihan lintasan yang ditawarkan dan tarif yang dipatok juga bervariasi mulai dari Rp. 42.000 sampa Rp. 72.000.

2. Pantai Ancol

Pantai Ancol merupakan salah satu pantai di Jakarta yang menjadi tujuan wisata sejak dulu kala. Jika bicara soal pantai di Jakarta, nama pantai Ancol pasti akan selalu di ingat pertama kali. Pantai ini berada di area Ancol, sehingga anda bisa sekaligus berkunjung ke berbagai tempat lainnya.

3 dari 7 halaman

Berwisata Sejarah di Kota Tua dan Museum Taman Prasasti

3. Kota Tua

Di sudut kota metropolitan Jakarta ada satu kawasan yang menyimpan nilai historis tinggi tetapi juga jadi tempat wisata hits, Kota Tua namanya. Banyaknya gedung-gedung tua bergaya kolonial yang masih kokoh berdiri memberikan nuansa seolah kembali ke masa lampau. Karenanya Tak heran jika hari libur atau akhir pekan tiba, kawasan ini selalu ramai dipadati pengunjung.

Saat mengunjungi tempat wisata Jakarta yang satu ini, ada banyak hal yang bisa Anda jelajahi. Ada Museum Fatahilah yang jadi saksi sejarah perjuangan bangsa untuk meraih kemerdekaan. Lalu ada Gedung Merah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Bahari, Pelabuhan Sunda Kelapa hingga Stasiun Kereta Api Kota.

4. Museum Taman Prasasti

Tempat Wisata Jakarta selanjutnya adalah museum taman prasasti. Benda-benda yang dikoleksi di sini adalah prasasti nisan kuno atau miniatur makan dari 27 provinsi di Indonesia. Selain itu, tempat wisata Jakarta ini merupakan peninggalan Belanda yang memiliki koleksi kereta jenazah antik.

4 dari 7 halaman

Destinasi Liburan Bersama Keluarga di Dufan dan Kebun Binatang Ragunan

5. Dufan

Tempat wisata Jakarta selanjutnya adalah Dunia Fantasi Ancol yang dikenal dengan nama Dufan. Disini terdapat berbagai wahana permainan yang bisa dinikmati bersama keluarga. Tempatnya berada di area Taman Impian Jaya Ancol, jadi Anda bisa sekalian mengunjungi berbagai tempat wisata lain yang ada di area ini.

6. Kebun Binatang Ragunan

Salah satu kebun binatang tertua di Indonesia, Kebun Binatang Ragunan bisa jadi tujuan liburan keluarga di Jakarta. Di Kebun Binatang Ragunan, Anda bisa membawa si kecil mengenal berbagai satwa, baik yang berasal dari Indonesia ataupun luar.

5 dari 7 halaman

Berwisata Budaya di Taman Mini Indonesia Indah dan Setu Babakan

7. Taman Mini Indonesia Indah

Berkeliling Indonesia dalam satu hari? Ini dia tempat wisata Jakarta yang bisa membuat kita merasakan berkeliling Indonesia dalam satu hari. Taman dengan luas hingga 150 hektar ini bisa dikatakan sebagai miniaturnya Indonesia. Berbagai jenis budaya daerah yang ada di tanah air bisa Anda temui di taman ini, seperti rumah-rumah adat. Tak hanya itu, kawasan taman tersebut juga berdiri lebih dari belasan museum, puluhan taman dengan tema yang atraktif, gedung teater hingga teman bermain.

TMII ini buka setiap hari dari pukul 07.00 – 22.00, dengan harga tiket masuk sebesar Rp.10.000 per orang hanya untuk masuk kawasan. Kemudian setiap wahananya  ditarif dengan kasiran harga Rp. 10.000 hingga 30.000.

8. Setu Babakan

Salah satu kawasan konservasi budaya betawi di Jakarta, Setu Babakan wajib untuk Anda kunjungi. Di kawasan ini, Anda bisa mempelajari lebih dalam tentang budaya dan kultur Betawi yang kental. Di Setu Babakan, Anda bisa mengenal budaya betawi, menikmati suasana danau atau setu babakan, dan juga berbagai kuliner khas betawi. Cocok untuk liburan bersama keluarga untuk melepas penat selain itu juga Anda bisa mempelajari budaya betawi sebagai budaya asli dari DKI Jakarta.

6 dari 7 halaman

Kawana Pesisir Instagramable di Pelabuhan Sunda kelapa dan Pulau

9. Pelabuhan Sunda Kelapa

Tempat wisata Jakarta ini cocok untuk Anda yang suka berswafoto dengan latar belakang kawasan pesisir. Di Pelabuhan Sunda Kelapa, terdapat banyak perahu pinisi raksasa yang berlabuh di dermaga sehingga membuatnya sangat instagramable.

10. Pulau Kelapa

Selain tempat wisata buatan, juga ada wisata alam yang menakjubkan yang cocok untuk sekedar melepas penat. Seperti di Kepulauan Seribu misalnya yang menyuguhkan keindahan alam pulau-pulau kecil nan eksotis yang masih alami, salah satunya ialah Pulau Kelapa. Di sekitar pantai tumbuh banyak pohon kelapa yang semakin menjadikan destinasi ini tambah eksotis.  Di sini Anda juga bisa mengunjungi tempat penangkaran penyu dan pengalaman diving yang tak terlupakan.

7 dari 7 halaman

Berwisata dengan Belajar tentang Alam di Taman Wisata Alam Angke Kapuk dan Sea World Ancol

11. Taman Wistaa Alam Angke Kapuk

Tempat wisata Jakarta ini punya banya spot menarik untuk dikunjungi. Mulai dari jembatan gantung yang berada di tengah hutan bakau yang cocok untuk spot foto. Lalu jembatan pantau yang bisa digunakan untuk mengamati keindahan di sekeliling hutan bakau, termasuk burung-burung hingga gedung-gedung tingga yang ada di kawasan Pantai Indah Kapuk. Di tempat ini juga terdapat wisata air dan bermain anak hingga pondok kemah jika berniat menginap di kawasan tersebut.

12. Sea World Ancol

Tempat wisata Jakarta yang berikutnya adalah Sea World Ancol. Disini Anda dapat melihat berbagai jenis ikan yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Seperti hiu, ikan piranha, maupun ikan pari. Anda dapat berekreasi sekaligus belajar disana.

Perjalanan menyusuri Sea World juga akan semakin mengesankan karena tempat ini difasilitasi dengan terowongan air, dimana pengunjung dapat merasakan sensasi keindahan yang mengagumkan ketika melihat berbagai jenis ikan seperti di bawah laut. Tempat wisata di Jakarta ini buka setiap hari pukul 09.00 – 18.00 WIB, dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 115.000 per orang.

Itu tadi berbagai tempat wisata Jakarta yang sayang untuk dilewatkan jika Anda sedang berkunjung ke Ibukota, cocok banget untuk berlibur bersama keluarga ataupun teman.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.