Sukses

6 Potret Situs Bangunan Sejarah di Depok, Ada yang Berusia 300 Tahun

Depok dengan sejuta peristiwa ternyata menyimpan situs bangunan sejarah yang berusia lebih dari 300 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Depok kian santer menjadi pembicaraan setelah peristiwa babi ngepet palsu yang dilakukan oleh oknum tokoh masyarakat. Tak hanya itu, seorang ibu juga ikut tersangkut dan tak lepas dari sorotan warganet setelah tuduhannya yang tidak berdasar viral di media sosial.

Dari kejadian tersebut, ada warganet yang sampai membuat rentetan kejadian yang pernah terjadi di Depok. Mulai dari kelahiran penyanyi dangdut Ayu Ting Ting hingga kejadian-kejadian mistis yang banyak terjadi di Depok. 

Terlepas dari hal tersebut, dahulu Depok merupakan kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bogor, kemudian pada 27 April 1999 mendapat status kota. Walau begitu, kita masih dapat menemukan bangunan-bangunan bersejarah dengan arsitektur Belanda. Daerah ini dinamakan Kawasan Depok Lama.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas beberapa situs bangunan bersejarah yang masih kokoh berdiri di Kawasan Depok Lama, Minggu (2/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Monumen Cornelis Chastellain, berada di halaman depan dalam areal RS Harapan Depok. Monumen ini didirikan pada tahun 1914 di zaman pemerintahan Belanda.

3 dari 7 halaman

2. Rumah Sakit Harapan Depok, merupakan rumah sakit pertama di Depok yang dibangun sekitar tahun 1880.

4 dari 7 halaman

3. SDN Pancoran Mas 2, bangunan ini dulunya satu areal dengan RS Harapan Depok. Cornelis Chastellain menggunakan bangunan ini sebagai tempat mengajar para budak pekerjanya.

5 dari 7 halaman

4. GPIB Immanuel, gereja ini dibangun tahun 1714. Awalnya bernama Gereja Jemaat Masehi yang kemudian berganti nama menjadi GPIB Immanuel.

6 dari 7 halaman

5. Jembatan Panus, merupakan penghubung utama antara Depok dengan Bogor di masa lalu. Jembatan ini dibangun tahun 1917 oleh Stefanus Leander.

7 dari 7 halaman

6. Rumah Cimanggis, dahulu adalah tempat tinggal istri Gubernur Jendral VOC Robertus Van Der Parra. Lokasinya berada di lahan RRI Radar Cimanggis, Depok. Dibangun pada 1775-1778.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.