Sukses

25 Wisata Kota Bandung Ikonik, Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Wisata kota Bandung punya banyak pilihan menarik yang mudah dijangkau. Sebagai kota metropolitan terbesar di Jawa Barat, Bandung menawarkan wisata yang tak akan terlupakan. Wisata Kota Bandung ini bahkan sangat ikonik dan tidak akan ditemukan di daerah lainnya.

Kota Kembang bahkan menjadi destinasi wisata favorit masyarakat. Wisata kota Bandung menjadi salah satu pilihan yang sangat mudah dijangkau. Wisata kota Bandung ini berada di pusat kota dan bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Sejumlah destinasi wisata kota Bandung ini bahkan tidak memungut tiket masuk alias gratis. Di wisata kota Bandung, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat bersejarah sekaligus ikon dari kota ini. Berikut 25 wisata kota Bandung yang mudah dijangkau, dirangkum dari berbagai sumber, Senin(3/5/2021).

2 dari 7 halaman

Wisata kota Bandung: ikon kota

Alun-alun Bandung

Alun-alun Bandung telah menjadi tempat wisata kota Bandung yang populer. Saat ini Alun-alun Bandung telah mengalami renovasi yang membuatnya lebih ramah akan pengunjung. Kamu dapat menikmati sore di alun-alun Bandung ditemani dengan kuliner yang dapat kamu beli di sekitar alun-alun. Wisata kota Bandung termasuk wisata gratis yang bisa kamu nikmati di Bandung.

Gedung Sate

Gedung Sate merupakan ikon wisata kota Bandung. Taman di sekeliling Gedung Sate adalah lokasi favorit untuk wisatawan berfoto dan menikmati kota Bandung Di sini kamu bisa menyaksikan kemegahan Gedung Sate lengkap dengan hiruk pikuk kota Bandung. Kamu tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk bisa mengunjungi Gedung Sate.

Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung berada di Alun-alun Bandung. Lokasinya yang berada di pusat kota membuatnya begitu mudah untuk ditemukan. Jika kamu berkunjung ke alun-alun Bandung, tak ada salahnya untuk mampir ke masjid kebanggaan warga Bandung ini. Terdapat dua menara kembar di sisi kiri dan kanan masjid setinggi 81 meter yang selalu dibuka untuk umum setiap hari Sabtu dan Minggu.

3 dari 7 halaman

Wisata kota Bandung: keliling kota

Bandros (Bandung Tour On Bus)

Bandros atau Bandung Tour On Bus merupakan wisata kota Bandung dengan berkeliling menggunakan bus klasik yang unik. Cukup mengeluarkan dana Rp 20 ribu untuk one trip dan Rp 40 ribu untuk multiple trip, kamu bisa berkeliling kota Bandung dan merasakan hiruk pikuknya. Selama perjalanan akan ada pemandu wisata yang siap menceritakan sejarah dan cerita dari tempat-tempat yang Bandros lewati. Jika ingin naik, kamu cukup datang ke shelter bus di Taman Dewi Sartika atau dari Alun-Alun Bandung. Bus ini beroperasi sejak pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Jalan Braga

Jalan Braga dikenal juga sebagai Paris van Java. Di sisi kanan kiri Jalan Braga terdapat kompleks bangunan yang masih mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda dengan kesan kemegahannya. Di sini kamu dapat merasakan kemegahan kota Bandung tempo dulu. Hingga saat ini kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Jalan Asia Afrika

Tak jauh dari Jalan Braga, kamu bisa menuju ke Jalan Asia Afrika yang juga masih memiliki suasana tempo dulu. Jalan Asia Afrika termasuk jalan bersejarah di mana terdapat Gedung Merdeka yang digunakan sebagai tempat Konferensi Asia–Afrika pada 18 April-24 April 1955. Di sepanjang jalan ini terdapat bangunan-bangunan lama yang masih dipertahankan arsitekturnya.

4 dari 7 halaman

Wisata kota Bandung: taman kota

Taman Labirin Bandung

Taman Labirin Bandung terletak tidak jauh dari Balai Kota Bandung. Taman ini memiliki konsep revitalisasi yang sengaja dibuat seperti labirin agar bisa menikmati keindahan taman sambil memasuki area dan berkeliling di labirin. Di wisata kota Bandung satu ini kamu bisa mendapati labirin mini yang sejuk dan asri.

Taman Pustaka Bunga

Taman Pustaka Bunga berada di Jalan Citarum, Kota Bandung. Tempat asri ini hanya berjarak sekitar satu kilometer dari Gedung Sate. Taman seluas satu hektar yang berisi sekitar 100.000 tanaman hias ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi. Selain ribuan jenis anggrek yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia, terdapat pula beberapa bunga dengan jenis langka seperti Pinsettia, Kalanchoe, Amaryllis, Bogainvillea, Rhododendron dan lainnya.

Taman Film

Taman ini berada di bawah Jembatan Pasupati, Kota Bandung. Taman Film memiliki konsep bioskop terbuka yang modern agar warga dapat beraktivitas di taman dan mendapat sarana menonton film secara gratis. Taman Film dikelola Komunitas Film Bandung dan Dinas Pertamanan Kota Bandung.

Taman Sejarah Bandung

Taman Sejarah Bandung berlokasi di belakang Balai Kota Bandung, kompleks Pemerintahan Kota Bandung. Taman ini baru diresmikan pada tahun 2017 oleh Walikota Bandung saat itu, Ridwan Kamil. Taman Sejarah Bandung berisi informasi tentang sejarah kota Bandung. Terdapat juga gambar profip para pemimpin kota Bandung dari masa ke masa.

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani termasuk tempat wisata Bandung dengan konsep edukasi yang tepat untuk liburan anak. Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai konsep lalu lintas berupa simulasi dan berbagai rambunya. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani ini berada di Jl. Belitung No.1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung.

5 dari 7 halaman

Wisata kota Bandung: belanja

Jalan Dago

Wisata kota Bandung untuk belanja yang paling terkenal adalah Jalan Dago. Di sini terdapat beragam produk distro yang dijual dengan harga terjangkau. Terdapat pula beberapa outlet produk-produk branded dan wisata kuliner yang siap memanjakan wisatawan.

Jalan Cihampelas

Jalan Cihampelas termasuk salah satu ikon wisata di Bandung. Jalan Cihampelas menjadi destinasi menarik untuk berbelanja. Di kawasan ini pengunjung bisa menemukan kaos, baju, sepatu, dan pernak pernik khas bandung. Terdapat juga pusat oleh-oleh khas Bandung untuk para wisatawan.

Pasar Cibaduyut

Pasar Cibaduyut dikenal sebagai tempat wisata belanja berisi pusat tas dan sepatu bahan kulit. Di sini kamu bisa menemukan beragam produk lokal dengan kualitas tinggi. Kualitasnya tidak kalah dengan merek-merek sepatu terkenal yang ada di mall. Pengunjung juga bisa memesan sepatu dengan desain sendiri.

Sentra Rajut Binong

Sentra Rajut ini terletak di Jalan Binong Jati. Barangnya bagus dengan rajutan bermerek. Apalagi barang di sini termasuk karya lokal penduduk sekitar. Pengunjung bisa menemukan rajut jaket, cardigan, baju hangat, dan syal. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Pasar Baru Trade Center

Pasar Baru Bandung termasuk pusat belanja terbesar di Bandung. Tempat wisata belanja ini disebut juga sebagai Mangga Dua-nya Bandung. Di sini terdapat berbagai jenis kain dan pakaian dengan harga terjangkau. Pengunjung bisa berbelanja kain dan pakaian eceran, serta grosir.

6 dari 7 halaman

Wisata kota Bandung: museum

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika berlokasi di Jalan Asia Afrika No. 65. Kota Bandung. Wisata kota Bandung ini merupakan memorabilia Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada tanggal 18 sampai dengan 24 April 1955. Museum ini menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang paling sering dikunjungi wisatawan.

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung memiliki berbagai ruang peragaan yang menampilkan kondisi geologi Indonesia tiap zamannya, fosil, flora-fauna dan sejarah terbentuknya kota Bandung, serta sumber daya geologi dan pemanfaatannya. Museum Geologi Bandung berada di Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kota Bandung.

Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga di Jl. BKR No.185 (Lingkar Selatan) kota Bandung. Di museum ini kamu dapat menemukan koleksi benda-benda bersejarah seperti berbagai jenis koleksi Geologika, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numismatika/Heraldika, Filologika, Keramik, Seni Rupa dan Teknologi.

Museum Kota Bandung

Museum Kota Bandung berlokasi di Jl. Aceh No.47, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung. Museum ini baru diresmikan pada 31 Oktober 2018. Museum Kota Bandung menjadi sarana edukasi mengenai sejarah berdirinya Kota dan Kabupaten Bandung. Di sini kamu dapat menelusuri sejarah perkembangan kota dan kabupaten Bandung lengkap dengan tokoh-tokoh penting di Bandung.

Museum Barli

Museum Barli dibangun untuk mengenang dan memamerkan hasil karya pelukis Barli Sasmitawinata. Museum ini juga menjadi tempat dari berbagai kegiatan seni seperti pameran karya seni rupa, penjualan karya, diskusi dan sarasehan, pelatihan studio keramik dan lukis. Barli Sasmitawinata merupakan pelukis realis asal Bandung yang tersohor.

7 dari 7 halaman

Wisata kota Bandung: rekreasi

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung termasuk tempat wisata kota Bandung pilihan keluarga. Dengan luas hampir 14 hektar, Bandung Zoo memiliki koleksi satwa lebih dari 800 individu dari kelas mamalia, burung, reptil & ikan. Satwa-satwa ini berasal dari dalam dan luar negeri. Di sini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa. Terdapat pula Wahana Unta Tunggang, Gajah Tunggang & Kuda Tunggang yang siap memberi pengalaman menyenangkan bagi keluarga.

Kampoeng Tulip

Kampoeng Tulip merupakan wisata kota Bandung yang berada di Banyu Biru, Jl. Pasir Pogor Raya, Kec. Rancasari, Kota Bandung. Di sini kamu bisa melihat hamparan bunga tulip bak di negeri Belanda. Di Kampoeng Tulip juga terdapat kincir angin dan rumah khas Belanda yang cocok untuk berfoto ria.

Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo merupakan rekreasi edukasi yang dijadikan pusat belajar untuk memelihara kebudayaan Sunda dan khususnya angklung. Di sini terdapat pusat kerajinan tangan dari bambu, dan workshop instrumen musik dari bambu.

Amazing Art World Bandung

Amazing Art World Bandung merupakan wisata kota Bandung yang saat ini sedang hits. Amazing Art World Bandung merupakan museum interaktif tempat pengunjung dapat berpose & memotret diri mereka sendiri dalam lanskap 3D yang imajinatif. Wisata kota Bandung ini bahkan merupakan salah satu museum 3D Art terbesar di dunia. Lukisan-lukisan di Amazing Art World Bandung hasil karya pelukis dari Indonesia, serta sebagian lagi hasil karya pelukis asal negeri Korea.