Sukses

10 Tempat Wisata Religi Masjid di Bandung yang Unik dan Menarik

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata religi masjid di Bandung bisa menjadi pilihan menarik untuk liburan. Bandung memang sudah terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Hal ini tentunya tidak mengherankan dengan berbagai keunikan yang dimiliki Kota Kembang ini.

Mulai dari destinasi wisata alam hingga wisata modern yang seru bisa kamu temukan di kota yang dijuluki Paris Van Java ini. Namun, bagi kamu yang ingin merasakan sensasi berwisata sekaligus menenangkan hati di tempat ibadah, Bandung juga bisa menjadi pilihan tepat. 

Tempat wisata religi masjid di Bandung tidak hanya megah, namun juga memiliki nilai sejarah. Sebut saja Masjid Raya Bandung yang tidak pernah sepi setiap harinya. Masih banyak lagi masjid yang megah ataupun unik yang bisa kamu kunjungi di Bandung.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (3/5/2021) tentang tempat wisata religi masjid di Bandung.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Religi Masjid di Bandung

Masjid Raya Bandung

Salah satu tempat wisata religi masjid di Bandung yang pertama tentunya adalah Masjid Raya Bandung. Masjid Raya Bandung berada di Alun-alun Bandung. Lokasinya yang berada di pusat kota membuatnya begitu mudah untuk ditemukan.

Jika kamu berkunjung ke alun-alun Bandung, tak ada salahnya untuk mampir ke masjid kebanggaan warga Bandung ini. Terdapat dua menara kembar di sisi kiri dan kanan masjid setinggi 81 meter yang selalu dibuka untuk umum setiap hari Sabtu dan Minggu.

Masjid yang memiliki arsitektur yang megah dan modern ini merupakan ikon kota Bandung. Masjid ini selalu ramai dikunjungi warga. Selain untuk beribadah, masyarakat juga bisa bersantai di halaman berumput sintetis sambil menikmati jajanan maupun foto-foto.

Masjid Al-Imtizaj

Masjid Al-Imtizaj merupakan salah satu tempat wisata religi masjid di Bandung yang unik. Jika kamu ingin berwisata religi, masjid Al-Imtizaj menjadi pilihan yang tepat. Berlokasi di ruas Jalan ABC Braga, tempat ibadah ini memiliki arsitektur unik. Masjid ini mengusung konsep bangunan ala kelenteng Tionghoa. Masjid ini menjadi salah satu bukti akulturasi budaya di tanah Sunda.

Masjid Al-Irsyad

Tempat wisata religi di Bandung ini berlokasi di kawasan Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat. Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat unik, yaitu berbentuk kubus dengan banyak lubang di setiap sisinya. Pola lubang di dindingnya merupakan lafaz Laailaha illallah Muhammadur Rasulullah. Masjid ini merupakan karya dari Ridwan Kamil, Walikota Bandung Periode 2013-2018.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Religi Masjid di Bandung

Masjid Cipaganti

Tempat wisata religi masjid di Bandung selanjutnya adalah Masjid Cipaganti. Masjid ini merupakan masjid yang sudah cukup tua. Bangunan masjid ini dirancang oleh C.P. Wolff Schoemaker yang juga merancang Gedung Merdeka. Masjid ini memiliki sentuhan bangunan khas Eropa-Jawa.

 

Masjid Lautze 2

Masjid Lautze 2 merupakan satu lagi tempat wisata religi masjid di Bandung dengan akulturasi budaya yang unik. Berbeda dengan masjid lainnya, Masjid Lautze 2 kental dengan arsitektur Tionghoa.

Di masjid ini, sebagai sarana ibadah, pengelola juga menyediakan rumah singgah bagi para mualaf atau musafir untuk tinggal sementara. Dengan bangunan yang sangat unik, tidak heran Masjid Lautze 2 menjadi salah satu destinasi wisata religi yang sangat populer.

Masjid Raya Trans Studio Bandung

Salah satu tempat wisata religi masjid di Bandung yang sangat megah adalah Masjid Raya Trans Studio Bandung. Berdiri di dekat Trans Studio Mall dan Trans Studio Bandung, membuat masjid ini tidak pernah sepi. Selain itu, arsitektur bangunan yang sangat menarik mata membuat masjid ini bikin kamu betah dan nyaman untuk beribadah dan singgah sebentar.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Religi Masjid di Bandung

Masjid Pusdai

Masjid Pusdai telah berdiri sejak 1998 dan dikelola oleh pemerintah Jawa Barat. Pusdai sendiri adalah singkatan dari Pusat Dakwah Islam. Salah satu tempat wisata religi masjid di Bandung ini tak kalah ramai pengunjung dengan masjid lainnya. Hal ini tak lepas juga dari lokasinya yang berada di dekat Gedung Sate.

Masjid Al-Ukhuwwah

Tempat wisata religi masjid di Bandung berikutnya adalah Masjid Al-Ukhuwwah.  Masjid satu ini memiliki keunikan pada atapnya yang berbentuk segitiga meruncing.

Berlokasi di Jalan Wastukencana No.27, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Masjid Al-Ukhuwwah berbatasan dengan Balai Kota Bandung, yang merupakan tempat yang juga tak pernah sepi. Di sekitar masjid biasanya juga terdapat pedagang keliling untuk memanjakan lidah.

Masjid Al-Multazam

Satu lagi masjid rancangan Ridwan Kamil yang tak kalah unik adalah Masjid Al-Multazam. Sama seperti Masjid Al-Irsyad, masjid ini juga berbentuk kubus namun di sisinya, tepatnya di seluruh dindingnya bertuliskan lafaz hamdalah. Masjid ini berlokasi di jalan Ciganitri Raya, Bojongsoang. Masjid dengan desain yang unik ini patut kamu jadikan salah satu destinasi beribadah dan tentunya wisata religi yang keren.

 

Masjid Terapung Gedebage

Namanya Masjid Agung Al-Jabbar. Adapun, nama Al Jabbar dipilih dari salah satu diantara 99 Asmaul Husna yang artinya Maha Gagah, Maha Kuasa. Masjid  ini diperkiraka berkapasitas 60 ribu jamaah dan terletak di kelurahan Cimenerang, kecamatan Gedebage, kota Bandung.

Peletakkan batu pertama dilakukan pada 29 Desember 2017 oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat ketika itu, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar. Masjid ini dibangun di atas danau buatan, sehingga sering disebut juga dengan Masjid Terapung Gedebage.