Sukses

Efektif adalah Dapat Membawa Hasil, Kenali Perbedaannya dengan Efisien

Liputan6.com, Jakarta Efektif adalah sebuah kata yang sering kali disandingkan dengan kata “efisien”. Kedua kata ini sering digunakan secara bersamaan karena sama-sama berkaitan dengan hasil sebuah pekerjaan yang baik. Kedua kata tersebut menjadi satu standar tujuan yang dicapai. 

Efektif dan efisien menjadi faktor penilaian dari suatu keberhasilan yang didapat. Sebuah pekerjaan harus dilakukan secara efektif dan efisien agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Namun, masih banyak orang yang tertukar makna kedua kata tersebut.

Padahal kata efektif dan efisien memiliki pengertian yang berbeda. Efektif adalah ada efeknya atau menimbulkan akibat, sedangkan efisien merujuk pada ketepatan dalam pengerjaan. Oleh karena itu, kamu perlu benar-benar memahami makna keduanya agar tidak salah dalam memakainya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (3/5/2021) tentang efektif. 

2 dari 5 halaman

Pengertian Efektif

Ada beberapa pengertian efektif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, di antaranya efektif adalah dapat membawa hasil; berhasil guna (tentang usaha, tindakan); mangkus. Masih menurut KBBI, efektif adalah ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya).

Dari beberapa pengertian tersebut tentunya kamu sudah sedikit memahami makna dari kata efektif ini. Untuk lebih memahaminya, kamu bisa mengenali pengertian efektif menurut para ahli.

Menurut Sondang P. Siagian, efektif adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah barang atas jasa kegiatan yang dijalankannya. Efektivitas menunjukan keberhasilan dari segi tercapai tidaknya sasaran yang telah ditetapkan. Jika hasil kegiatan semakin mendekati sasaran, berarti makin tinggi efektivitasnya.

Menurut Schemerhon John R. Jr, Efektif adalah pencapaian target output yang diukur dengan cara membandingkan output anggaran atau seharusnya (OA) dengan output realisasi atau sesungguhnya (OS), jika (OA) > (OS) disebut efektif.

Menurut Hidayat (1986). Efektif adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kuantitas,kualitas dan waktu) telah tercapai. Dimana makin besar presentase target yang dicapai, makin tinggi efektifitasnya.

Menurut Abdurahmat (2003:92). Efektif adalah pemanpaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah pekerjaan tepat pada waktunya. 

Dari beberapa pengertian di atas, kita tahu bahwa kata efektif berfokus pada apakah sesuatu tercapai atau tidak, dan tidak fokus pada bagaimana sesuatu dilakukan, melainkan, jika itu berhasil dilakukan. Efektivitas adalah tentang melakukan tugas yang benar, menyelesaikan aktivitas, dan mencapai tujuan.

3 dari 5 halaman

Pengertian Efisien

Efektif berfokus pada tercapai atau tidaknya sesuatu tanpa melihat bagaimana dilakukannya, yang penting berhasil. Hal ini berbeda dengan efisien.

Menurut KBBI, efisien adalah tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya). Efisien juga dimaknai dengan mampu menjalankan tugas dengan tepat dan cermat; berdaya guna; tepat guna; sangkil.

Berbeda dengan efektif, efisien ini berfokus pada bagaimana sesuatu dilakukan. Patokan seperti apakah sesuatu dilakukan dengan sedikit pemborosan atau banyak biaya menjadi perhatian.

Sementara itu, efisiensi adalah tentang melakukan sesuatu dengan cara yang optimal, misalnya melakukannya dengan cara tercepat atau dengan cara yang paling murah. Bisa jadi itu hal yang salah, tapi dilakukan dengan optimal.

4 dari 5 halaman

Perbedaan Efektif dan Efisien

Perbedaan efektif dan efisien tentunya sudah terlihat dari pengenal pengertian kedua kata tersebut sebelumnya. Perbedaan tersebut telah terlihat dari makna masing-masing kata. Berikut perbedaan efektif dan efisien yang perlu kamu ketahui:

Efektif

- Melakukan sesuatu sesuai dengan yang diinginkan

- Tepat sasaran

- Melakukan sesuatu yang benar

 

Efisien

- Melakukan sesuatu dengan sumber daya dan energi yang sesuai tanpa pemborosan

- Tepat guna

- Melakukan sesuatu dengan benar

5 dari 5 halaman

Contoh Penggunaan Efektif dan Efisien

Jika kamu masih belum benar-benar mengerti bagaimana harus menggunakan kata efisien atau efektif, kamu tidak perlu khawatir. Seperti dikutip dari Merdeka, Kamu bisa memahami contoh penggunaan efektif dan efisien dalam kehidupan nyata dengan membandingkan keduanya dalam sebuah kalimat ini.

- Politisi muda itu adalah pembicara publik yang sangat efektif.

Dari kalimat tersebut kamu akan bisa memahami makna efektif dan efisien dengan baik. Jika kamu menyebut seseorang sebagai pembicara yang efektif, kamu mungkin berpikir tentang seseorang yang meyakinkan atau persuasif, seseorang yang dipahami orang, seseorang yang dapat diterima, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, jika kamu menyebut seseorang sebagai pembicara yang efisien, kamu mungkin memikirkan seseorang yang mengatakan apa yang perlu dikatakan dan tidak lebih. Dia langsung ke intinya dan tidak membuang waktu dengan obrolan ringan atau basa-basi.

Seperti yang telah kamu lihat, kata-kata ini dengan jelas membangkitkan jenis pembicara yang sangat berbeda, jadi penting untuk tidak mencampuradukkannya. Dengan memahami contoh tersebut, kamu telah mengetahui perbedaan dari efektif dan efisien.