Sukses

6 Masjid Indah dan Unik di Surabaya yang Wajib Dikunjungi, Jadi Wisata Religi

Liputan6.com, Jakarta Masjid indah dan unik di Surabaya bisa menjadi destinasi wisata religi pilihan. Bagi kamu yang ingin beribadah dengan nyaman di tempat yang indah dan unik di bulan Ramadan bisa mengunjungi masjid-masjid ini.

Masjid indah di Surabaya ini juga bisa dijadikan alternatif jalan-jalan keluarga yang nyaman dan menenangkan. Apalagi, setiap masjid memiliki keunikan masing-masing, baik dari segi arsitektur maupun dari cerita atau sejarahnya. 

Masjid indah dan unik di Surabaya memiliki ciri khas masing-masing. Kamu bisa menjadikan masjid tersebut sebagai wisata religi di bulan Ramadan maupun setelah hari Lebaran. Beberapa masjid di Surabaya ini bahkan sudah terkenal di telinga masyarakat Indonesia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (3/5/2021) tentang masjid indah dan unik di Surabaya.

2 dari 4 halaman

Masjid Indah dan Unik di Surabaya

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho merupakan perpaduan dari budaya Tionghoa dan Islam. Masjid ini berada di belakang Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, tepatnya di Jalan Gading No.2, Surabaya, Jawa Timur.

Pada abad ke-15 tepatnya pada pemerintahan Dinasti Ming, Cheng Ho bersama pasukannya datang dari Yunnan, China Selatan ke tanah Jawa melalui rute Semarang, kemudian berkunjung Kerajaan Majapahit yang bertujuan untuk menyebarkan agama Islam. Dibangunnya Masjid Muhammad Cheng Ho merupakan suatu penghormatan bagi Cheng Ho karena telah banyak berperan dalam penyebaran Islam di Nusantara.

Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 21x11 meter dengan luas bangunan utama 99 meter persegi. Ornamen yang terdapat di atap masjid ini membentuk segi delapan dan menyerupai sarang laba-laba karena hal itulah yang menyelamatkan Nabi Muhammad.

Masyarakat Tionghoa percaya angka delapan dapat mendatangkan keuntungan. Anak tangga pada Masjid Cheng Ho berjumlah 5 dan 6, angka tersebut menyimbolkan rukun Islam dan rukun Iman. Keunikan dari masjid ini adalah pintunya yang tidak memiliki daun pintu yang berarti Masjid Cheng Ho bisa dimasuki oleh siapa saja.

Masjid Nurul Huda

Masjid Nurul Huda adalah  sebuah masjid indah di Surabaya yang terletak di kawasan Mapolda Jawa Timur. Ukurannya mencapai dua ribu meter persegi dan dapat menampung  lebih dari 1600 jamaah. Arsitekturnya yang sangat indah dan megah, dengan berbagai ornamen yang memanjakan mata, membuat banyak orang yang senang berkunjung ke masjid ini. Bahkan, Masjid Nurul Huda juga menyediakan fasilitas khusus untuk para penyandang disabilitas.

3 dari 4 halaman

Masjid Indah dan Unik di Surabaya

Masjid Al-Akbar Surabaya

Masjid Al-Akbar Surabaya merupakan salah satu masjid yang terbilang megah dan besar di Surabaya. Masjid ini berdiri pada 4 Agustus 1995 dan digagas oleh mantan Wali Kota Surabaya, Soenarto Soemoprawiro. Masjid Al-Akbar diresmikan oleh Presiden KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada 10 November 2005

Masjid Al-Akbar berada di kawasan Pagesangan, Surabaya Selatan, tepatnya di tepi jalan tol Surabaya-Malang. Bangunan masjid berdiri di atas lahan seluas 11,2 hektare dengan ukuran bangunan 28.509 m² dan mampu menampung sebanyak 36.000 jamaah.

Kubah masjid Al-Akbar dinilai memiliki keunikan karena berwarna dominan biru menyala. Kubahnya berbentuk setengah telur 1,5 layer dengan tinggi 27 meter yang bertumpu pada bentuk piramida terpancung dua layer setinggi sekitar 11 meter, diameter 54x54 meter.

Ketika memasuki areal masjid Al-Akbar, pengunjung akan disuguhi oleh pintu yang memiliki ukiran dari kayu jati dan kentongan yang berada di serambi bagian depan masjid. Selain itu, lampu yang menerangi masjid juga memberi kesan megah.

Masjid Kemayoran Surabaya

Masjid Kemayoran berada di Jalan Indrapura No.2, Surabaya. Sampai 1905, masjid ini pernah menjadi yang terbesar di Surabaya. Mengutip dari akun Facebook Surabaya Historical, masjid ini dibangun di atas lahan milik seorang Mayor Angkatan Darat Pemerintah Hinda Belanda dan dinamai Masjid Kemayoran. Awalnya masjid ini berdiri di Jalan Tembaan Surabaya, dan dibangun oleh pemerintah Belanda pada 1772. Kemudian pada 1932 dipindahkan ke Jalan Indrapura.

Sama seperti Masjid Cheng Ho, Masjid Kemayoran juga bergaya arsitektur Tionghoa. Jika dilihat dari luar, masjid ini berbentuk setengah lingkaran. Namun, masjid ini aslinya berbentuk segi delapan.

4 dari 4 halaman

Masjid Indah dan Unik di Surabaya

Masjid Sunan Ampel

Di Surabaya terdapat kawasan yang berisikan masyarakat Arab, kawasan Ampel. Terdapat masjid yang berdiri di kawasan ini, yaitu Masjid Sunan Ampel tepatnya di Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya.

Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 120x180 meter. Masjid Sunan Ampel mempunyai gaya bangunan yang memadukan Jawa Kuno dan Arab Islami.

Masjid ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu masjid yang dibangun oleh Sunan Ampel dan masjid Ampel yang baru. Masjid yang dibangun oleh Sunan Ampel memiliki ukuran kecil dengan genting berwarna cokelat tua dan berada di sebelah timur bersebelahan dengan Pasar Cenderamata.

Masjid Rahmat Kembang Kuning

Salah satu masjid indah dan unik di Surabaya adalah Masjid Rahmat Kembang Kuning. Masjid ini diyakini dibangun oleh Sunan Ampel yang pada saat itu sedang dalam perjalanan menuju Ampel Denta. Masjid yang berlokasi di Kembang Kuning ini dulunya hanya berupa pondokan kecil. Dilansir dari laman Simas Kemenag, Masjid Rahmat Kembang Kunign memiliki luas tanah mencapai 1500 m2, dan memiliki daya tampung jemaah mencapai 1500 orang.