Sukses

15 Manfaat Air Mawar untuk Kulit, Kaya Antioksidan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air mawar dapat dirasakan pada kulit. Air mawar merupakan salah satu produk perawatan kulit yang cukup populer. Air mawar bahkan telah digunakan sejah ribuan tahun yang lalu. Diperkirakan air mawar pertama kali digunakan di Iran secara tradisional sebagai produk kecantikan, kesehatan, dan makanana.

Air mawar memiliki aroma yang harum, dan terkadang digunakan sebagai wewangian alami ringan. Air mawar terbuat dari kelopak air mawar yang telah disuling. Manfaat air mawar didapat dari kandungan minyak mawarnya yang bisa sampai 10–50%.

Manfaat air mawar banyak digunakan dalam produk kecantikan. Manfaat air mawarbiasanya dapat digunakan tanpa efek samping. Air mawar mengandung banyak antioksidan kuat. Ini membuat manfaat air mawar begitu potensial membawa kesehatan kulit.

Manfaat air mawar juga cukup terjangkau. Berikut 14 manfaat air mawar untuk kulit, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(4/5/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat air mawar untuk kulit

Mengandung antioksidan

Rosa damascena memiliki sifat antioksidan. Kelopak mawar dan minyak mawar mengandung sejumlah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan. Ekstrak dan minyak esensial yang berasal darinya memiliki sifat pembasmi radikal bebas. Air mawar dapat mengurangi stres oksidatif dan membantu memperbaiki tanda-tanda penuaan untuk menjaga keremajaan kulit.

Efek antimikroba

Minyak esensial mawar memiliki efek antimikroba. Dalam studi laboratorium 2014, para peneliti menguji ekstrak mawar yang berbeda terhadap berbagai spesies bakteri dan jamur. Mereka menemukan bahwa ekstrak yang diturunkan dari air efektif dalam menghambat pertumbuhan E.Coli, Staphyloccocus aureus, dan Salmonella enteritidis.

Efek Astringen

Air mawar mengandung fenil etil alkohol dan tanin, yang merupakan astringen. Astringen adalah zat yang mengecilkan jaringan seperti kulit, menghasilkan efek pengencangan. Astringen bisa digunakan untuk mengurangi minyak di wajah dan mengecilkan pori-pori. Dibandingkan dengan astringen yang lebih kuat, seperti witch hazel, air mawar cenderung tidak menyebabkan kekeringan.

3 dari 6 halaman

Manfaat air mawar untuk kulit

Tenangkan kulit iritasi

Manfaat air mawar yang sangat diandalkan adalah sifat menenangkannya. Sebab, air mawar memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat kuat. Adanya kandungan anti-inflamasi tersebut yang dapat membantu dalam pengobatan berbagai penyakit, baik dalam maupun luar tubuh. Bahkan air mawar dapat membantu untuk meredakan iritasi eksim atau rosacea.

Kurangi kulit kemerahan

Air mawar telah digunakan sebagai produk kecantikan selama ribuan tahun. Air mawar ini sering digunakan untuk mengurangi kemerahan pada kulit. Air mawar dapat memperbaiki warna kulit dan mengurangi kemerahan pada kulit. Sifat anti-inflamasinya bisa mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit.

Bantu seimbangkan pH kulit

Kulit memiliki pH antara 4.1-5.8. PH air mawar biasanya berkisar antara 4,0-4,5. SProduk perawatan kulit dengan pH antara 4.0-5.0 dapat membantu meminimalkan iritasi kulit dan menjaga tingkat pH alami kulit.

4 dari 6 halaman

Manfaat air mawar untuk kulit

Hidrasi kulit

Air mawar terasa menyegarkan di kulit dan dapat membantu menjaganya tetap terhidrasi. Manfaat air mawar merevitalisasi dan melembapkan kulit sehingga terlihat segar. Air mawar yang lembut juga dapat digunakan di area bawah mata yang sensitif tanpa perlu khawatir.

Cegah infeksi

Air mawar memiliki sifat antiseptik yang kuat, yang dapat mencegah dan mengobati infeksi. Karena itu, air mawar sering kali dimasukkan dalam berbagai perawatan alami dan pengobatan masalah kulit.

Sebagai Toner

Air mawar populer digunakan dalam toner untuk meminimalkan munculnya pori-pori. Air mawar sering digunakan sebagai toner untuk mengurangi bengkak pada mata, menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari, dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

 

5 dari 6 halaman

Manfaat air mawar untuk kulit

Bantu penyembuhan luka

Air mawar memiliki antiseptik dan sifat antibakteri yayang dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Sifat-sifat ini dapat membantu membersihkan dan melawan infeksi luka dan luka bakar. Mereka juga dapat membantu luka, luka bakar, dan bahkan bekas luka sembuh lebih cepat.

Bantu atasi jerawat

Manfaat air mawar untuk jerawat didapat berkat sifat anti-inflamasi dan antimikrobanya. Air mawar berpotensi untuk mengurangi peradangan dan kerusakan kulit. Antioksidan pada air mawar juga berfungsi mencegah jerawat.

Cegah penuaan

Air mawar sering ditemukan pada produk kecantikan yang bertujuan untuk mengurangi kerutan. Air mawar bertindak sebagai penghambat elastase dan kolagenase. Ini merupakan enzim yang memecah kolagen dan protein lainnya. Kolagen adalah bagian penting dari struktur kulit. Seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen di kulit berkurang, yang berarti kulit kehilangan kekencangan. Menghambat enzim yang memecah kolagen dapat memperbaiki penampilan kulit.

6 dari 6 halaman

Manfaat air mawar untuk kulit

Tingkatkan mood

Air mawar memiliki khasiat antidepresan dan anti kecemasan yang kuat. Menghirup uapnya dapat membantu meningkatkan suasana hati dan menghilangkan stres. Menghirup uap air mawar secara tradisional digunakan sebagai cara untuk meningkatkan suasana hati seseorang. Sebuah studi 2011 menemukan bahwa ekstrak kelopak mawar dapat mengendurkan sistem saraf pusat pada tikus. Ini menghasilkan efek antidepresan dan anti-kecemasan.

Meredakan sakit kepala

Air mawar dan minyak esensial mawar biasanya digunakan dalam aromaterapi untuk membantu meredakan sakit kepala. Pilihan lainnya adalah mengoleskan kompres yang direndam dalam air mawar ke kepala selama 45 menit. Ini mungkin karena efek menghilangkan stresnya.

Penyempurna Riasan

Manfaat air mawar selanjutnya juga bisa menjadi penyempurna riasan. Air mawar bisa digunakan sebagai mist untuk menyegarkan riasan. Menyemprotkan air mawar ke wajah usai mengaplikasikan make up dapat membuat wajah menjadi lebih segar bercahaya.