Sukses

Arti Bahasa Secara Umum, Fungsi, Ciri, dan Kedudukannya

Liputan6.com, Jakarta Arti bahasa sangat penting dipahami sebagai alat komunikasi. Tanpa bahasa, manusia tidak akan bisa mengungkapkan perasaan, pikiran, emosi, keinginan, dan keyakinannya. Arti bahasa merupakan alat dan mekanisme yang menentukan bagaimana manusia berhubungan dengan dunia, satu sama lain, dan, bahkan dengan dirinya sendiri.

Arti bahasa bisa sangat mendasar bagi kehidupan manusia. Arti bahasa adalah rangkuman dari semua pengalaman manusia sejak permulaan umat manusia. Selama ada bahasa dan interaksi antara orang-orang yang menuturkannya, bahasa akan terus berkembang.

Arti bahasa terutama adalah alat komunikasi, dan komunikasi hampir selalu terjadi dalam semacam konteks sosial. Arti bahasa bisa menjadi identitas bagi sebuah negara atau kelompok. Bahasa menjad alat untuk mengkomunikasikan pemikiran individu, serta kepercayaan dan praktik budaya komunitas.

Berikut arti bahasa, fungsi, ciri, dan kedudukannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(4/5/2021).

2 dari 6 halaman

Arti bahasa secara umum

KBBI mendefinisikan arti bahasa secara linguistik sebagai sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.

Menurut Ensiklopedia Britannica, bahasa adalah sistem lisan konvensional, manual, atau simbol tertulis yang dengannya manusia, sebagai anggota kelompok sosial dan peserta dalam budayanya, mengekspresikan diri.

Secara umum bahasa adalah kemampuan manusia untuk berkomunikasi tengan tanda, kata, atau gerakan. Bahasa adalah sistem pertukaran makna yang hidup, dan terikat oleh konteks.

3 dari 6 halaman

Pengertian bahasa menurut ahli

Poerwadarminta

Bahasa adalah sistem lambang yang berupa sembarang bunyi (bunyi bahasa) dipakai orang untuk melahirkan pikiran dan perasaan dalam memperluas pengetahuan.

Moeliono

Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri.

Kridalaksana

Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang dipergunakan oleh para anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.

Bloom & Lahey

Bahasa adalah suatu kode di mana gagasan atau ide tentang dunia atau lingkungan diwakili oleh seperangkat lambang yang telah disepakati bersama untuk melangsungkan komunikasi.

Owens

Bahasa merupakan kode atau sistem konvensional yang disepekati secara sosial untuk menyajikan berbagai pengertian melalui berbagai pengertian melalui berbagai simbol sembarang (arbritrary symbol) dan tersusun bedasarkan aturan yang ditentukan.

Henry Sweet

Henry Sweet, seorang ahli fonetik dan cendekiawan bahasa Inggris, menyatakan Bahasa adalah ekspresi ide melalui suara-suara yang digabungkan menjadi kata-kata. Kata-kata digabungkan menjadi kalimat, kombinasi ini menjawab ide-ide menjadi pikiran.

Bernard Bloch dan George L. Trager

Ahli bahasa Amerika Bernard Bloch dan George L. Trager merumuskan arti bahasa adalah sistem simbol vokal yang berubah-ubah yang dengannya suatu kelompok sosial bekerja sama.

John McWhorter

Bahasa — lebih khusus lagi bahasa manusia — mengacu pada tata bahasa dan aturan serta norma lain yang memungkinkan manusia membuat ucapan dan suara dengan cara yang dapat dipahami orang lain.

Jeans Aitchison

Bahasa adalah sistem yang terbentuk dari isyarat suara yang telah disepakati, yang ditandai dengan struktur yang saling tergantung, kreatifitas, penempatan, dualitas dan penyebaran budaya.

Richards, Platt & Weber

Bahasa adalah sistem komunikasi manusia yang dinyatakan melalui susunan suara atau ungkapan tulis yang terstruktur untuk membentuk satuan yang lebih besar, seperti morfem, kata, dan kalimat.

4 dari 6 halaman

Fungsi bahasa

Fungsi bahasa meliputi komunikasi, ekspresi identitas, permainan, ekspresi imajinatif, dan pelepasan emosi. Fungsi bahasa secara umum adalah sebagai alat komunikasi sosial. Selain itu, menurut Matthiessen, bahasa memiliki tiga fungsi utama, yaitu fungsi ideasional, fungsi interpersonal, dan fungsi tekstual.

Fungsi ideasional

Di bawah fungsi ideasional, bahasa digunakan untuk mengungkapkan realitas fisik-biologis serta berkenaan dengan interpretasi dan representasi pengalaman.

Fungsi interpersonal

Di bawah fungsi interpersonal, bahasa digunakan untuk mengungkapkan realitas sosial dan berkenaan dengan interaksi antara penutur/penulis dan pendengar/pembaca.

Fungsi tekstual

Di bawah fungsi tekstual, bahasa digunakan untuk mengungkapkan realitas semiotis atau realitas simbol dan berkenaan dengan cara penciptaan teks dalam konteks.

5 dari 6 halaman

Ciri bahasa dalam kehidupan manusia

Bahasa digunakan manusia sebagai alat komunikasi. Bahasa manusia memiliki tujuh ciri, yaitu:

- bahasa manusia memiliki sistem terpisah, namun saling terkait, baik pada tata bunyi, tata bahasa maupun isyarat.

- bahasa manusia memungkinkan terkomunikasinya hal-hal baru. Beda dengan atuan komunikasi yang dimiliki binatang yang bersifat tetap. Binatang tidak dapat menyampaikan konsep baru dengan alat komunikasinya.

- manusia membedakan antara isi pesan yang dikomunikasikan dan label yang mewakili isi pesan. Isi pesan yang dikomunikasikan dalam bahasa manusia dapat berwujud ucapan (lisan) dan dapat berwujud tulisan.

- dalam komunikasi manusia, bahasa lisan dapat dipertukarkan dengan makna yang didengar. Bahasa merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Namun, hanya bunyi yang bermakna sajalah yang digolongkan sebagai bahasa.

- bahasa bukan diturunkan melainkan dipelajari. Bahasa dapat digunakan untuk menyatakan ekspresi diri, sebagai alat komunikasi, sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial dan sebagai alat untuk mengadakan kontrol sosial.

- sesuatu yang diutarakan dapat merujuk ke masa lampau dan masa yang akan datang. Sesuatu yang dikemukakan dengan bahasa dapat merujuk ke waktu tertentu. Hal ini sesuai dengan keperluan orang yang menggunakan bahasa.

- bahasa manusia dipelajari anak-anak dari orang dewasa dari generasi ke generasi. Bahasa bukan diturunkan melainkan dipelajari. Kecakapan berbahasa tidak mungkin datang begitu saja. Ada faktor pendorong yang menyebabkan manusia merasa perlu mempelajarinya.

6 dari 6 halaman

Kedudukan bahasa Indonesia

Sebagai Bahasa nasional

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional pemersatu tercantum dalam Sumpah Pemuda yang berbunyi “kami putra dan putri indonesia menjunjung bahasa persatuan,bahasa indonesia". Dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai lambang dan identitas negara, alat perhubungan dan pemersatu bangsa.

Sebagai Bahasa Negara

Bahasa indonesia sebagai bahasa Negara artinya bahasa Indonesia adalah bahasa yang resmi. Oleh karena itu, bahasa indonesi harus digunakan sesuai dengan kaidah , tertib, cermat, dan masuk akal. Jika menggunakan bahasa Indonesia harus lengkap dan baku.

Sebagai pengembangan kebudayaan nasional, ilmu dan teknologi

Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi, baik melalui buku-buku pelajaran, buku-buku populer, majalah-majalah ilmiah maupun media cetak lainnya.