Sukses

Platform Adalah Dasar Sistem Komputer, Ketahui Tujuan dan Fungsinya

Liputan6.com, Jakarta Platform adalah unsur yang penting dalam pengembangan perangkat lunak. Platform mungkin dapat didefinisikan secara sederhana sebagai tempat untuk menjalankan perangkat lunak. Penyelenggara platform menyediakan pengembang perangkat lunak dengan kesepakatan serangkaian kode logika yang akan berjalan secara konsisten sepanjang platform ini berjalan di atas platform yang lainnya. 

Dalam beberapa platform perangkat lunak mengemulsikan platform perangkat keras secara menyelutuh, seperti pada virtualisasi sistem. Misalnya, dalam komputasi pribadi, platform adalah perangkat keras dasar dan sistem operasi tempat aplikasi perangkat lunak dapat dijalankan. Platform adalah unsur yang penting dipahami bagi Anda yang sedang belajar sistem komputer.

Berikut penjelasan secara detail mengenai platform yang lengkap dengan tujuan, fungsi, hingga jenis-jenisnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (4/5/2021).

2 dari 5 halaman

Mengenal Pengertian Platform

Arti platform adalah rencana kerja atau program. Definisi platform adalah sebuah program di mana merupakan dasar atau titik bawah untuk berjalannya sebuah teknologi sistem seperti hardware atau software.

Selain itu, platform adalah sebuah kombinasi dari dasarnya perangkat keras dengan sebuah kerangka kerja perangkat lunak. Kombinasi tersebut memungkinkan sebuah pernagkat lunak, khusus perangkat lunak aplikasi dapat berjalan.

Secara umum, platform adalah sebuah wadah yang berbasis teknologi yang bisa dijalankan dalam suatu sistem (baik oleh perorangan maupun kelompok). Keberadaannya menjadi sangat penting akhir-akhir ini karena bisa membantu seseorang dalam berbagai hal, seperti halnya promosi, sosialisasi, dan hiburan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), platform adalah sebuah program, rencana kerja, sebuah pernyataan dari kelompok partai tentang program kebijakan, sampai dengan mimbar, pentas, atau panggung. Sedangkan menurut Wikipedia, platform adalah media atau wadah yang digunakan untuk menjalankan software.

3 dari 5 halaman

Tujuan Platform

Dalam hal ini, platform bertujuan untuk menciptakan fondasi yang dapat memastikan kode objek akan dieksekusi dengan sukses. Saat Anda dapat menggambarkannya seperti saat membeli suatu software (perangkat lunak), adalah merupakan hal yang penting bagi kalian untuk mengetahui platform apa perangkat lunak itu ditulis.

4 dari 5 halaman

Fungsi Platform

Disisi lain arti platform yaitu sistem yang memberikan perintah dan koordinasi antara software dan hardware untuk menjalankan proses operasi serta pergerakan data di dalam komputer. Meskipun berbeda masih banyak orang yang benar-benar belum mengetahui apa itu platform. Alasannya tidak lain karena mereka menganggap bahwa pengertian paltform dan sistem operasi itu sama. Padahal tanpa adanya platform, sebuah sistem operasi tidak dapat berjalan.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, platform adalah dasar bagi berjalannya sebuah sistem. Fungsi platform yaitu sebagai cara untuk mempermudah pengguna komputer untuk menjalankan aplikasi dengan lancar. Disamping itu fungsi platform juga memiliki cakupan yang lebih luas seperti keamanan komputer hingga membantu perencanaan dalam mengoperasikan beragam software maupun aplikasi didalamnya.

5 dari 5 halaman

Jenis-jenis Platform Beserta Contohnya

Jenis platform terdiri dari beberapa yang lengkap dengan contohnya, berikut ini jenis-jenis platform beserta contohnya :

1.  Standar Platform

Jenis ini sesuai dengan serangkaian standar yang memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak untuk platform tertentu. Standar yang sama ini memungkinkan pemilik dan manajer untuk membeli aplikasi dan perangkat keras yang sesuai. Jadi, untuk menjalankan program pembukan di komputer, seseorang harus membeli aplikasi perangkat lunak pembukuan tersebut yang dikembangkan untuk platform di mana ia akan digunakan.

2.  Multiple Platform

Antarmuka berbasis standar baru dan antarmuka terbuka memungkinkan program aplikasi berjalan pada banyak platform (multiple). Selain itu, pengembang perangkat lunak telah mengembangkan alat perangkat lunak yang memungkinkan aplikasi untuk berjalan di berbagai wadah atau sistem.

3.  Perangkat Lunak Lintas dan Multi Platform

Saat ini telah muncul istilah perangkat lunak lintas platform dan perangkat lunak multi-platform. Contoh klasik ini diwakili oleh video game yang dikembangkan khusus untuk console tertentu, dalam hal ini konsol seperti PlayStation atau Xbox.

Meskipun game yang sama mungkin ada di versi yang berbeda untuk dijalankan di sistem yang berbeda, jika versi itu dibangun untuk dijalankan di Microsoft Windows, game ini tidak akan berfungsi jika dimuat di Xbox. Setiap console game akan mematuhi standarnya sendiri serta batasan peraturan dan perangkat keras. Misalnya, pengembang mungkin perlu menurunkan pengaturan grafis dalam game jika mesin game terlalu berat pada perangkat keras konsol tertentu.

4.  Browser

Browser (peramban) web yang lebih baru memungkinkan plug-in pihak ketiga dijalankan sebagai bagian dari browser. Oleh karena itu, beberapa browser sekarang disebut sebagai plat-form karena digunakan sebagai basis untuk menjalankan program perangkat lunak aplikasi lain.

5.  Seluler

Saat ini, perangkat seluler baru seperti ponsel cerdas dan tablet memiliki perangkat lunak dan perangkat kerasnya sendiri. Mereka beroperasi secara independen dari sistem lain dan mampu menjalankan aplikasi, alat, dan perangkat lunak mereka sendiri, sehingga mereka dapat secara efektif dianggap sebagai platform seluler. Contoh: Aplikasi Iphone tidak bisa dijalankan di Android begitupula sebaliknya.

6.  Digital

Kumpulan perangkat lunak dan beberapa aplikasi juga terkadang disebut sebagai platform digital. Misalnya, SQL adalah aplikasi basis data yang sering digunakan sebagai lingkungan untuk menjalankan alat lain untuk CRM, analitik dan manajemen log. Demikian pula, koleksi aplikasi tiga sumber terbuka Elasticsearch, Logstash, dan Kibana merupakan ELK Stack, sebuah wadah yang digunakan untuk tujuan logging.