Sukses

9 Macam-Macam Senam dan Penjelasannya, Simak Cara Melakukannya

Liputan6.com, Jakarta Memahami macam-macam senam dan penjelasannya penting untuk mengetahui manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Senam merupakan satu di antara cabang olahraga yang melibatkan beberapa gerakan tubuh. Senam pun membutuhkan kecepatan, kekuatan, dan keserasian gerakan fisik. 

Lebih kurang ada sembilan macam-macam senam yang perlu diketahui. Ada senam artistik, aerobik, lantai, irama, zumba, SKJ atau umum, akrobatik, ritmik sportif, dan trampolin. Sembilan macam-macam senam ini dapat membantu seseorang meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan, serta menanamkan nilai mental spiritual kepada setiap pelakunya.

Olahraga tidak harus lari, pushup, angkat beban, renang, dan basket. Inilah mengapa macam-macam senam dan penjelasannya menjadi penting diketahui. Konon, setiap gerakan senam bisa membuat seseorang lebih percaya diri. Apalagi jika dilakukan secara rutin, tubuh ideal bisa didapatkan dengan mudah dan aman.

Berikut Liputan6.com ulas macam-macam senam dan penjelasannya dari berbagai sumber, Rabu (5/5/2021).

2 dari 7 halaman

Macam-Macam Senam dan Penjelasannya

Macam-Macam Senam yang Artistik

Senam artistik merupakan salah satu macam-macam senam paling populer dalam gelaran Olimpiade. Jenis senam ini memadukan aspek tumbling dan akrobatik, di mana setiap gerakan biasanya menggunakan alat bantu, seperti gelang-gelang, palang sejajar, dan kuda-kuda pelana.

Senam ini berfungsi untuk melatih kelenturan tubuh. Tak heran apabila para atlet senam artistik biasanya memiliki tubuh yang sangat lentur. Selain itu, macam-macam senam ini juga bermanfaat untuk menguatkan otot dan melenturkan sendi. Apabila Anda ingin memiliki tubuh yang lentur, sebaiknya rutin melakukan gerakan senam ini.

Macam-Macam Senam yang Aerobik

Senam aerobik merupakan salah satu macam-macam senam yang paling populer di Indonesia. Jenis senam ini biasanya diiringi irama musik saat melakukan berbagai macam gerakan. Adapun gerakan senam aerobik dilakukan untuk melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung.

Salah satu yang membedakan dengan tarian ialah macam-macam senam aerobik memiliki gerakan selaras namun tidak terpaku oleh musik yang mengiringinya. Sehingga setiap gerakan senam aerobik akan melatih kerja otot-otot yang ada dalam tubuh. Selain itu, jenis senam ini juga berfungsi efektif dalam menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta membuat aliran darah bekerja lebih efektif.

3 dari 7 halaman

Macam-Macam Senam dan Penjelasannya yang Lantai

Pengertian senam lantai adalah salah satu rumpun macam-macam senam yang dilakukan di atas lantai. Gerakan dari pengertian senam lantai ini ada empat, yakni mengguling, melenting, keseimbangan, dan loncat. Senam lantai dikenal sebagai cabang olahraga yang aman dilakukan.

Sejarah mencatat penemu macam-macam senam lantai adalah seorang perwira kesehatan yang berasal dari angkatan laut kerajaan Belanda bernama Dr. H. F. Minkema. Dari catatan ini pula diketahui senam lantai di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat dan begitu berdampak.

Pada tahun 1918 Minkema juga membuka kursus senam Swedia tersebut. Semakin populernya olahraga dari senam lantai, maka didirikanlah sebuah organisasi dengan tujuan untuk membina para atlet senam yang berbakat.

Organisasi tersebut dibentuk pada tanggal 14 Juli tahun 1963 dan diberi nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia). Baru pada 1964, Indonesia kali pertama ikut serta dalam perlombaan sesuai pengertian senam lantai bertaraf Internasional di GANEFO I (Games of the New Emerging Forces).

4 dari 7 halaman

Macam-Macam Senam dan Penjelasannya yang Irama

Senam irama adalah salah satu macam-macam senam yang gerakan-gerakannya dapat melatih kelenturan, ketangkasan, kelincahan, serta daya tahan untuk seluruh anggota tubuh. Komposisi gerakan senam irama biasanya mengikuti lantunan irama musik. Gerakannya sendiri memadukan gerakan tarian dan balet.

Unsur-unsur macam-macam senam irama adalah keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama. Terkait irama, biasanya irama yang sudah banyak dikenal digunakan pada senam irama adalah, 2/3, 3/4, 4/4 dan lainnya.

Keluwesan dalam gerakan senam irama adalah dapat diperoleh dengan latihan yang tekun dan dalam waktu yang lama. Kesinambungan gerakan berupa rangkaian gerak yang tidak terputus. Rangkaian gerak macam-macam senam ini diperoleh dari gerak-gerak senam yang sudah disusun dalam bentuk rangkaian yang siap ditampilkan.

Ciri-ciri senam irama yang mudah diikuti, tidak membutuhkan biaya mahal, diiringi musik atau nyanyian, melibatkan banyak peserta, hingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh membuatnya termasuk ke dalam jenis olahraga senam umum.

Jenis-jenis gerakan senam irama adalah sebagai berikut:

Pertama, gerakan senam irama adalah tanpa alat yang menekankan gaya, teknik, dan eksekusi kemampuan menari.

Kedua, senam irama menggunakan tali dengan gerakan yang variatif seperti melompat, melempar, berayun, memutar dan membentuk angka 8.

Ketiga, senam menggunakan simpai yang merupakan lingkaran besar terbuat dari plastik atau rotan.

Keempat, senam irama menggunakan bola karet berdiameter 18-20 cm.

Kelima, senam irama dengan tongkat dengan menghentak-hentakkan tongkat, melempar, dan menangkap.

5 dari 7 halaman

Macam-Macam Senam dan Penjelasannya yang Zumba

Zumba merupakan salah satu macam-macam senam yang berfungsi membakar kalori secara efektif. Olahraga ini merupakan senam kebugaran yang dapat disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh masing-masing.

Senam zumba memiliki gerakan yang senada dengan irama musik yang mengiringi, serta dilakukan dalam durasi waktu tertentu. Gerakan macam-macam senam dilakukan guna melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung. Pada zumba, fokus utamanya adalah melatih dan meningkatkan kelenturan otot inti tubuh, kaki, serta bokong.

Senam zumba termasuk olahraga bersifat aerobik. Setiap olahraga yang dilakukan lebih dari 4 menit secara teratur dapat disebut sebagai olahraga aerobik, termasuk berenang, berlari, bersepeda, dan senam zumba.

Melakukan zumba dalam durasi selama satu jam dapat membakar hingga 360-532 kalori. Kamu bisa meningkatkan jumlah kalori yang dibakar dengan lebih sering melakukan salah satu macam-macam senam ini serta memperluas jangkauan tangan dan kaki. Gerakan zumba banyak mendapat pengaruh dari gaya tarian Latin.

Langkah-langkah yang digunakan cukup sederhana, namun kamu akan lebih sering melakukan gerakan dengan pinggul sehingga seluruh tubuh ikut bergerak. Variasi gerakan zumba biasanya tergolong dalam olahraga ketahanan (resistance). Selain bermanfaat untuk melatih jantung, zumba juga memperkuat otot.

6 dari 7 halaman

Macam-Macam Senam dan Penjelasannya

Macam-Macam Senam yang Umum

Salah satu macam-macam senam yang paling populer di masyarakat ialah senam umum. Senam ini merupakan gabungan dari berbagai jenis gerakan senam.

Masyarakat umum mengenalnya dengan sebutan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), di mana peserta salah satu macam-macam senam ini akan melakukan berbagai macam gerakan dengan iringan irama musik.

Seiring berjalannya waktu, kini banyak komunitas SKJ yang secara aktif setiap beberapa minggu sekali melakukan olahraga ini. Sehingga membuat keberadaan senam semakin eksis dan digemari oleh masyarakat.

Macam-Macam Senam yang Akrobatik

Senam akrobatik merupakan macam-macam senam yang dilakukan dengan menampilkan gerakan gerakan ekstrim seperti melakukan putaran di atas, salto, dan gerakan lainnya yang membutuhkan kelenturan serta keseimbangan yang baik.

Dalam melakukan salah satu macam-macam senam ini harus melakukan latihan khusus dengan dipandu instruktur yang andal dan sudah profesional di bidangnya.

Manfaat yang diperoleh jika rutin melakukan senam akrobatik, antara lain:

1. Membuat tubuh menjadi lebih lentur dari sebelumnya.

2. Membuat sistem motorik menjadi lebih kuat.

3. Meningkatkan keseimbangan tubuh.

4. Melatih mental karena dalam melakukan senam ini membutuhkan nyali besar. Hal itu dikarenakan gerakan yang dilakukan cukup ekstrim.

7 dari 7 halaman

Macam-Macam Senam dan Penjelasannya

Macam-Macam Senam yang Ritmik Sportif

Senam ritmik sportif merupakan salah satu macam-macam senam yang memiliki ciri khas memadukan antara tarian dan balet. Komposisi gerakan senam ini biasanya diantarkan melalui lantunan irama musik dan menggunakan beberapa alat bantu, seperti bola, tali, pita, dan gada.

Setiap gerakan pada macam-macam senam ritmik sportif ini dapat melatih kelenturan, ketangkasan, kelincahan, serta daya tahan untuk semua anggota tubuh. Apabila Anda tertarik dengan jenis senam ini, sebaiknya melakukan latihan yang rutin, sebab gerakan-gerakannya memerlukan keterampilan tingkat tinggi.

Macam-Macam Senam yang Trampolin

Trampolin merupakan macam-macam senam yang mirip dengan senam akrobatik. Bedanya pesenam biasanya akan melakukan akrobat di atas trampolin. Sehingga jenis senam ini menciptakan gerakan sambil memantul pada trampolin.

Beberapa macam gerakan yang biasa dilakukan saat melakukan senam trempolin di antaranya lompatan sederhana, lipatan atau posisi mengangkang, hingga jungkir balik. Senam trampolin melatih ketangkasan, keberanian, dan menguatkan otot kaki.